Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK-YPSEI
Palangkaraya
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan : Kelima
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Semenjana
C. Kompetensi
Dasar
Membuat berbagai teks tertulis
dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang
tepat.
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Menentukan tema dan topik dalam wacana
|
Mandiri
bersahabat
Demokratis
Tanggung Jawab
Komunikatif
Jujur
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Menentukan tujuan dan judul dalam wacana
|
E. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menentukan tujuan pembicaraan berdasarkan
topik pembahasan
2.
Siswa mampu menentukan judul pembicaraan berdasarkan
topik pembahasan
F. Materi Pembelajaran
1. Menentukan
Tujuan
Selain
menetapkan tema dan menyusun topik karangan, penulis juga harus merumuskan
tujuan. Tujuan karangan merupakan maksud penulis atau pengarang dalam
mengarang. Tujuan dapat berkaitan dengan bentuk karangan yang akan dibuat.
Banyak hal yang dapat dijadikan tujuan, misalnya tujuan memberi informasi kepada
pembaca, bentuk karangannya bersifat ekspositoris. Tujuan menggugah dan
menghimbau, karangannya dapat berjenis persuasi dan sebagainya.
Contoh tujuan pada karangan berbentuk narasi:
Tema : Kisah usaha seorang kakak untuk membelikan
adiknya
boneka dari hasil menyemir sepatu.
Tujuan : Menggugah simpati pembaca untuk ikut memikirkan betapa
susahnya hidup orang tak mampu tapi tetap menyayangi saudaranya.
Contoh tujuan pada karangan argumentasi:
Tema : Bahaya
kecanduan rokok
Tujuan : Menggugah
orang yang terbiasa merokok agar mengu-
rangi kebiasaan
merokok
2. Menentukan
Judul
Setiap
tulisan atau karangan selalu mempunyai judul. Judul di dalam
sebuah karangan merupakan unsur yang penting. Seringkali
seorang ingin
membaca sebuah karangan karena judulnya menarik. Oleh
sebab itu,
dalam menentukan judul, diusahakan judul karangan enak
dibaca, mudah
diucapkan, dan mudah diingat.
Judul sebuah karangan tidak perlu panjang. Judul yang
terlalu panjang
membuat pembaca sulit mengingatnya. Judul yang dibuat
atau dipilih harus
memiliki daya tarik untuk mendorong orang membaca
karangan tersebut.
Judul dapat berbentuk pertanyaan atau seruan, misalnya:
- Sudah Sukseskah Anda?
- Narkoba? No Way!
dan sebagainya
Penulisan judul harus sesuai dengan Ejaan Yang
Disempurnakan
(EYD). Huruf awal setiap kata ditulis dengan huruf
kapital, kecuali kata
depan atau kata tugas yang berada di tengah. Kata tugas
yang berada di
awal kalimat judul ditulis dengan huruf kapital.
Contoh hubungan antara tema, topik, tujuan, dan judul
dalam
perencanaan membuat karangan:
Tema : Perpustakaan
sekolah
Topik : -
Perpustakaan sekolah
- Sebagai sumber belajar
- Memanfaatkan perpustakaan sekolah
- Perpustakaan sekolah sarana berkumpul
Judul : - Ngerumpi
positif di Perpus, yah !
- Menggali Ilmu di Perpustakaan
- Perpustakaan solusi cerdas
Tujuan : -
Memotivasi siswa agar memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sarana menggali
ilmu dan tempat berkumpul sesama siswa.
G. Metode Pembelajaran
Model Problem Based Introduction (PBI)
H. Strategi pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
1.
Siswa dapat menentukan tujuan pembicaraan berdasarkan
topik pembahasan
2.
Siswa dapat menentukan judul pembicaraan berdasarkan
topik pembahasan
|
1.
Membaca dan menulis tujuan berdasarkan topik pembahasan
2.
Menentukan judul pembicaraan berdasarkan topik
pembahasan
|
1.
Siswa mampu menentukan tujuan pembicaraan berdasarkan
topik pembahasan
2.
Siswa mampu menentukan judul pembicaraan berdasarkan
topik pembahasan.
|
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
|
|
Kegiatan
Awal
1.
Guru
melakukan presensi dan apersepsi.
2.
Guru
menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
3.
Guru
memotivasi siswa tentang pentingnya pembelajaran menentukan tujuan dan judul berdasarkan topik pembicaraan.
|
15
menit
|
Bersahabat/
komunikatif,
mandiri
|
|
Kegiatan
Inti
I.
Ekplorasi
a.
Guru Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran. Menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat
dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
II.
Elaborasi
a.
Guru membantu siswa mendefenisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan tujuan dan judul).
b.
Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah
c.
Guru menberikan kuis kepada seluruh
siswa. Saat menjawab kuis, siswa tidak boleh saling membantu.
III.
Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
1.
Guru menjelaskan
hal-hal yang belum dimengerti
|
60
menit
|
Tanggung
jawab
Percaya
diri
Jujur
Demokratis
|
|
Kegiatan
Akhir
1.
Guru
memberikan evaluasi
2.
Guru
bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
3.
Guru
menutup pembelajaran
|
15
menit
|
Bersahabat/
komunikatif
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
1.
Sumber
Belajar :
Buku sekolah elektronik, Buku
Panduan Pendidikan Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X Semester I dan II, Pratama Pustaka dan Modul Buku Pintar Bahasa Indonesia
2.
Alat
dan Bahan : Laptop, LCD, lembar
Kerja
K. Penilaian
1.
Jenis tes : Tertulis
2.
Bentuk tes : Tugas
Individu
Contoh instrumen:
1.
Tentukan tema dan topik dalam wacana berikut?
2.
Tentukan tujuan dan judul dalam wacana berikut?
Pedoman
Penskoran
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Siswa dapat menentukan tema, topik, tujuan dan judul
dalam wacana
Siswa dapat menetapkan tema, topik dan tujuan saja
dalam wacana
Siswa dapat menentukan tema dan topik saja dalam wacana
Siswa dapat menentukan tema saja dalam wacana
Siswa tidak dapat menentukan tema, topik, tujuan dan judul
dalam wacana
|
80
60
40
20
0
|
Jumlah
|
80
|
Kunci Jawaban
:
Rentang
skor :1-100
Skor
Maksimal : 80
Soal : 2
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal (80)
Palangkaraya, Februari
2013
Praktikan,
Eka Rahmady Hardianto
AAB 109083
Dosen Pembimbing, Guru
Pamong,
Idalaila, M. Pd. Novianti
Leonara,
S.Pd
NIP 19780914 200212 2
002 NIP 19850805
201101 2 024
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001