Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A.Identitas
Sekolah
Sekolah : SMK-YPSEI
Palangkaraya
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan : Keempat
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Semenjana
C. Kompetensi
Dasar
Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks
bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
D. Indikator
No.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu
|
Mandiri
bersahabat
Demokratis
Tanggung Jawab
Komunikatif
Jujur
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Membuat kerangka karangan
|
E. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menetapkan topik berdasarkan tema tertentu
2.
Siswa mampu membuat kerangka karangan
F. Materi Pembelajaran
1. Menentukan
tema dan topik karangan
Sebelum melakukan penulisan, setiap orang pasti sudah memikirkan apa yang ingin ditulisnya. Tentu hal-hal yang akan ditulis berhubungan dengan segala yang telah diketahui. Jika hal tersebut merupakan hal yang baru, maka setidaknya ia akan mengaitkan hal yang ingin ditulis dan hal yang telah diketahuinya atau ia akan mengumpulkan bahan-bahan informasi yang berhubungan dengan sesuatu yang ingin ditulis.
Sebelum melakukan penulisan, setiap orang pasti sudah memikirkan apa yang ingin ditulisnya. Tentu hal-hal yang akan ditulis berhubungan dengan segala yang telah diketahui. Jika hal tersebut merupakan hal yang baru, maka setidaknya ia akan mengaitkan hal yang ingin ditulis dan hal yang telah diketahuinya atau ia akan mengumpulkan bahan-bahan informasi yang berhubungan dengan sesuatu yang ingin ditulis.
Apa yang
ingin ditulis sebelum seseorang menulis karangan merupakan sesuatu yang menjadi
dasar atau pedoman dalam menulis atau mengembangkan karangannya. Sesuatu yang ingin ditulis itu merupakan sebuah ide atau gagasan yang merupakan pijakan dasar mengenai apa karangan Tema memang merupakan unsur terpenting yang harus ada
sebelum mengarang. Dalam banyak teori mengarang,
menentukan tema karangan merupakan langkah pertama dalam
merencanakan membuat karangan. Setelah menentukan hal yang ingin ditulis,
langkah selanjutnya adalah memerinci tema karangan menjadi pokok-pokok
pikiran yang lebih khusus. Pokok-pokok pikiran ini menjabarkan tema
karangan. Pokok-pokok pikiran itu disebut dengan topik karangan atau gagasan pokok. Topik-topik ini disusun
dan dirumuskan untuk masing-masing dikembangkan menjadi paragraf-paragraf. Topik yang masih umum dapat dijabarkan
lebih terperinci lagi menjadi subtopik. Semua
unsur itu disusun secara vertikal. Susunan
ini disebut dengan kerangka karangan tersebut. Hal yang menjadi dasar karangan
itu disebut dengan tema.
Contoh Kerangka Karangan :
Kemacetan Lalu
Lintas
di DKI
|
1. → Kemacetan lalu lintas terjadi
setiap hari
2. → Penyebab kemacetan lalu lintas
a. volume kendaraan makin bertambah
b. ruas jalan makin sempit
c. banyaknya PKL yang memakai badan jalan
3 → Upaya mengatasi kemacetan lalu lintas
a.
penambahan ruas jalan dengan dibangun fly over
b.
penertiban PKL
c.
dioperasikannya busway
4. → Kerja sama aparat polisi dan masyarakat
a.
tanggung jawab para petugas polantas
b. kesadaran pemakai jalan
|
G. Metode Pembelajaran
Student
Teams-Achievement Divisions (STAD)
H. Strategi pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
1.
Siswa dapat memahami bagaimana menetapkan topik
berdasarkan tema tertentu.
2.
Siswa dapat membuat kerangka karangan berdasarkan topik
yang telah ditentukan
|
1.
Membaca dan menulis topik berdasarkan tema tertentu
2.
Menulis kerangka karangan
|
1.
Siswa mampu menetapkan topik berdasarkan tema tertentu
2.
Siswa mampu membuat kerangka karangan berdasarkan topik
|
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
|
|
Kegiatan
Awal
1.
Guru
melakukan presensi dan apersepsi.
2.
Guru
menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
3.
Guru
memotivasi siswa tentang pentingnya pembelajaran menentukan topik berdasarkan tema tertentu dan membuat kerangka karangan
|
15
menit
|
Bersahabat/
komunikatif,
mandiri
|
|
Kegiatan
Inti
I.
Ekplorasi
a.
Guru membagi siswa dalam kelompok yang
anggotanya 4 orang secara heterogen.
b.
Guru menyajikan pelajaran
II.
Elaborasi
a.
Guru memberikan tugas kepada kelompok
untuk dikerjakan oleh anggota kelompok.
b.
Anggota yang sudah mengerti dapat
menjelaskan pada anggota lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti.
c.
Guru menberikan kuis kepada seluruh
siswa. Saat menjawab kuis, siswa tidak boleh saling membantu.
III.
Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
1.
Guru menjelaskan
hal-hal yang belum dimengerti
|
60
menit
|
Tanggung
jawab
Percaya
diri
Jujur
Demokratis
|
|
Kegiatan
Akhir
1.
Guru
memberikan evaluasi
2.
Guru
bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
3.
Guru
menutup pembelajaran
|
15
menit
|
Bersahabat/
komunikatif
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
1.
Sumber
Belajar :
Buku sekolah elektronik, Buku
Panduan Pendidikan Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X Semester I dan II, Pratama Pustaka dan Modul Buku Pintar Bahasa Indonesia
2.
Alat
dan Bahan : Laptop, LCD, lembar
Kerja
K. Penilaian
1.
Jenis tes : Tertulis
2.
Bentuk tes : Tugas
Individu
Contoh instrumen:
1.
Tetapkankan topik berdasarkan tema dibawah ini?
a)
Perpustakaan Sekolah
b)
Peraturan Sekolah
c)
Pemanasan Global
2.
Buatlah kerangka karangan berdasarkan topik yang telah
ditentukan?
Pedoman
Penskoran
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
|
Siswa dapat menetapkan topik berdasarkan tiga tema
Siswa dapat menetapkan topik berdasarkan dua tema
Siswa dapat menetapkan topik berdasarkan satu tema
Siswa tidak dapat menetapkan topik berdasarkan tiga
tema
|
30
20
10
0
|
1.
2.
3.
4.
|
Siswa dapat membuat kerangka karangan
Siswa cukup dapat membuat kerangka karangan
Siswa kurang dapat membuat kerangka karangan
Siswa tidak dapat membuat kerangka karangan
|
30
20
10
0
|
Jumlah
|
60
|
Kunci Jawaban
:
Perpustakaan sekolah
·
Perpustakaan sekolah
·
Sebagai sumber
belajar
Ø Buku-buku fiksi
Ø Buku-buku non fiksi
·
Manfaat
perpustakaan sekolah
Ø Menambah pengetahuan
Ø Mencari informasi
Peratuaran Sekolah
·
Peraturan sekolah
·
Sebagai pengendali
aktifitas siswa
Ø Siswa diharapkan mentaati peraturan
Ø Akibat melanggar peraturan sekolah
Rentang
skor :1-100
Skor
Maksimal : 60
Soal : 2
Skor Perolehan
Nilai Akhir
= x
100
Skor Maksimal (60)
Palangkaraya, Februari
2013
Praktikan,
Eka Rahmady Hardianto
AAB 109083
Dosen Pembimbing, Guru
Pamong,
Idalaila, M. Pd. Novianti
Leonara,
S.Pd
NIP 19780914 200212 2
002 NIP 19850805
201101 2 024
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001