Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK smtr 2, Kls X Permuan ke8
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK-YPSEI
Palangkaraya
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan : Kedelapan
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Semenjana
C. Kompetensi
Dasar
Membuat berbagai teks tertulis
dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang
tepat.
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Mengidentifikasi pengertian karangan diskripsi dengan
enam hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan diskripsi
|
Mandiri
bersahabat
Demokratis
Tanggung Jawab
Komunikatif
Jujur
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Membuat
tiga contoh bentuk kalimat
karangan diskripsi
|
E. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu
mengidentifikasi pengertian karangan diskripsi dengan enam hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat karangan diskripsi
2.
Siswa mampu membuat
tiga contoh bentuk kalimat karangan
diskripsi
F. Materi Pembelajaran
2. Karangan deskripsi atau penggambaran
Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan keadaan, bentuk,
atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.
Langkah-langkah dalam menyusun karangan deskripsi adalah:
(1) menentukan topik atau
tema karangan
(2) menetapkan tujuan
(3) mengadakan pengamatan
di lokasi
(4) mengumpulkan bahan
(5) membuat kerangka
karangan
(6) mengembangkan kerangka
(memulai proses penulisan)
Contoh :
Pasar Tanah Abang adalah sebuah pasar yang sempurna. Semua barang
ada di sana. Di toko yang paling depan, berderet toko sepatu dalam
dan luar negeri. Di lantai dasar, terdapat toko kain yang lengkap dan berderet-deret.
Di samping kanan pasar, terdapat warung-warung kecil penjual sayur dan
bahan dapur. Di samping kiri ada pula berjenis-jenis buah-buahan. Pada
bagian belakang, kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang daging.
G. Metode Pembelajaran
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
H. Strategi pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian karangan
deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan
deskripsi
2.
Siswa dapat membuat tiga contoh kalimat karangan deskripsi
|
1.
Membaca dan menyimak dalam mengidentifikasi pengertian
karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat
karangan deskripsi
2.
Membuat
tiga contoh
bentuk kalimat
karangan deskripsi
|
1.Siswa mampu mengidentifikasi
pengertian karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat karangan deskripsi
2.Siswa mampu membuat tiga
contoh kalimat karangan deskripsi
|
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan
Awal
1.
Guru melakukan
presensi dan apersepsi.
2.
Guru menyampaikan SK,
KD, dan tujuan Pembelajaran.
3.
Guru memotivasi siswa
tentang mengidentifikasi pengertian
karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat
karangan deskripsi dan membuat tiga paragraf
bentuk karangan deskripsi
|
15 menit
|
Bersahabat/
komunikatif,
mandiri
|
2.
|
Kegiatan Inti
I. Ekplorasi
a.
Guru
membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen.
b.
Guru
membagikan wacana atau kliping sesuai dengan topik pembelajaran
II. Elaborasi
a.
Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk
pembelajaran
b.
Siswa saling
bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberikan
tanggapan terhadap wacana yang ditulis di lembar kertas
c.
Setiap
perwakilan mempresentasikan atau membacakan hasil diskusinya.
d.
Guru
menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa
melakukan tanya
jawab
b.
Guru menjelaskan
hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Tanggung jawab
Percaya diri
Jujur
Demokratis
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
1.
Guru memberikan
evaluasi
2.
Guru bersama siswa
menyimpulkan meteri pembelajaran
3.
Guru menutup
pembelajaran
|
15 menit
|
Bersahabat/
komunikatif
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
1.
Sumber Belajar : Buku sekolah
elektronik, Buku Panduan Pendidikan Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X Semester I dan II, Pratama Pustaka dan
Modul Buku Pintar Bahasa Indonesia
2.
Alat dan Bahan :
Laptop, LCD, lembar Kerja
K. Penilaian
1.
Jenis tes : Tertulis
2.
Bentuk tes : Tugas
Individu
Contoh instrumen:
1.
Jelaskan pengertian karangan deskripsi beserta
langkah-langkahnya?
2.
Buatlah tiga paragraf dalam bentuk paragraf deskripsi?
Pedoman
Penskoran
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 6 hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 5 hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 4 hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 3 hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 2 hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 1 hal yang
perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa tidak dapat menjelaskan pengertian beserta 4 hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
|
40 60
50
40
30 30
20
10
0
|
1.
2.
3.
4.
|
Siswa dapat membuat 3 paragraf dalam bentuk karangan
deskripsi
Siswa dapat membuat 2 paragraf dalam bentuk karangan
deskripsi
Siswa dapat membuat 1 paragraf dalam bentuk karangan
deskripsi
Siswa tidak dapat membuat 3 paragraf dalam bentuk
karangan deskripsi
|
60
40
20
0
|
Jumlah
|
120
|
Kunci Jawaban
:
Rentang
skor :1-120
Skor
Maksimal : 120
Soal : 2
Skor Perolehan
Nilai Akhir
= x
100
Skor Maksimal (120)
Palangkaraya, 22 April
2013
Praktikan,
Eka Rahmady Hardianto
AAB 109083
Dosen Pembimbing, Guru
Pamong,
Idalaila, M. Pd. Novianti
Leonara,
S. Pd
NIP 19780914 200212 2
002 NIP 19850805
201101 2 024
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001