Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK smter 2 Kls X Permuan ke7
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMK-YPSEI
Palangkaraya
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan : Ketujuh
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Semenjana
C. Kompetensi
Dasar
Membuat berbagai teks tertulis
dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang
tepat.
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Mengidentifikasi pengertian karangan narasi dengan
empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan narasi
|
Mandiri
bersahabat
Demokratis
Tanggung
Jawab
Komunikatif
Jujur
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Membuat tiga contoh
bentuk kalimat karangan narasi
|
E. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu mengidentifikasi pengertian karangan narasi
dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan narasi
2.
Siswa mampu membuat tiga
contoh bentuk kalimat karangan narasi
F. Materi Pembelajaran
1. Karangan narasi atau cerita
Karangan narasi adalah karangan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan
manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau
yang berlangsung dalam satu kesatuan
waktu.
Dalam
membuat karangan jenis narasi, yang perlu diperhatikan adalah:
(1) mampu membuat ide cerita yang baru
(2) dapat menerapkan penokohan yang tepat
(3) dapat mengutarakan gaya cerita yang baik.
(4) dapat menggunakan gaya bahasa yang pas
Contoh :
Malam itu
Ayah kelihatan benar-benar marah. Aku sama sekali
dilarang
berteman dengan Syairul. Bahkan, Ayah mengatakan bahwa aku
akan
diantar dan dijemput ke sekolah. Itu semua gara-gara Slamet yang
telah
memperkenal aku dengan Siti.
G. Metode Pembelajaran
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
H. Strategi pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian karangan narasi
dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan narasi
2.
Siswa dapat membuat tiga contoh kalimat karangan narasi
|
1.
Membaca dan menyimak dalam mengidentifikasi pengertian
karangan narasi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat
karangan narasi
2.
Membuat
tiga contoh
bentuk kalimat
karangan narasi
|
1.Siswa mampu mengidentifikasi
pengertian karangan narasi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat karangan narasi
2.Siswa mampu membuat tiga contoh
kalimat karangan narasi
|
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
|
Kegiatan Awal
1.
Guru melakukan
presensi dan apersepsi.
2.
Guru menyampaikan SK,
KD, dan tujuan Pembelajaran.
3.
Guru memotivasi siswa
tentang mengidentifikasi pengertian karangan narasi dengan empat hal yang perlu diperhatikan
dalam membuat karangan narasi dan membuat
tiga paragraf bentuk karangan narasi
|
15 menit
|
Bersahabat/
komunikatif,
mandiri
|
|
Kegiatan Inti
I. Ekplorasi
a.
Guru
membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen.
b.
Guru
membagikan wacana atau kliping sesuai dengan topik pembelajaran
II. Elaborasi
a.
Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk
pembelajaran
b.
Siswa saling
bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberikan
tanggapan terhadap wacana yang ditulis di lembar kertas
c.
Setiap
perwakilan mempresentasikan atau membacakan hasil diskusinya.
d.
Guru
menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa
melakukan tanya jawab
b.
Guru menjelaskan
hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Tanggung jawab
Percaya diri
Jujur
Demokratis
|
|
Kegiatan Akhir
1.
Guru memberikan
evaluasi
2.
Guru bersama siswa
menyimpulkan meteri pembelajaran
3.
Guru menutup
pembelajaran
|
15 menit
|
Bersahabat/
komunikatif
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
1.
Sumber Belajar : Buku sekolah
elektronik, Buku Panduan Pendidikan Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X Semester I dan II, Pratama Pustaka dan
Modul Buku Pintar Bahasa Indonesia
2.
Alat dan Bahan :
Laptop, LCD, lembar Kerja
K. Penilaian
1.
Jenis tes : Tertulis
2.
Bentuk tes : Tugas
Individu
Contoh instrumen:
1.
Jelaskan pengertian karangan narasi beserta
langkah-langkahnya?
2.
Buatlah tiga paragraf dalam bentuk paragraf narasi?
Pedoman
Penskoran
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian beserta 4 hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat karangan narasi
Siswa
dapat menjelaskan pengertian beserta 3 hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat karangan narasi
Siswa
dapat menjelaskan pengertian beserta 2 hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat karangan narasi
Siswa
dapat menjelaskan pengertian beserta 1 hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat karangan narasi
Siswa
tidak dapat menjelaskan pengertian beserta 4 hal yang perlu diperhatikan
dalam membuat karangan narasi
|
40
30
20
10
0
|
1.
2.
3.
4.
|
Siswa dapat membuat 3 paragraf dalam bentuk karangan
narasi
Siswa dapat membuat 2 paragraf dalam bentuk karangan
narasi
Siswa dapat
membuat 1 paragraf dalam bentuk karangan narasi
Siswa tidak dapat membuat 3 paragraf dalam bentuk
karangan narasi
|
60
40
20
0
|
Jumlah
|
100
|
Kunci Jawaban
:
Rentang
skor :1-100
Skor
Maksimal : 100
Soal : 2
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal (100)
Palangkaraya, Februari
2013
Praktikan,
Eka Rahmady Hardianto
AAB 109083
Dosen Pembimbing, Guru
Pamong,
Idalaila, M. Pd. Novianti
Leonara,
S. Pd
NIP 19780914 200212 2
002 NIP 19850805
201101 2 024
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001