Contoh Isian Guru Penggerak
1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak
Kami termotivasi dengan adanya perkembangan pengetahuan dan
teknologi IPTEK serta informasi pada era digital saat ini sangat pesat dan kita
sebagai harus bisa menyesesuaikan dan bersemangat dalam melakukan perubahan
pada zaman sekarang.
Harapan sebagai pendidik adalah dapat memujudkan cita-cita
bangsa susuai amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai
pendidik kami melakukan perubahan sesuai kondisi masa pandemi yang belum usai
sampai saat ini, kita harus melakukan inovasi dalam menerapkan pembelajaran.
Hal ini yang meotivasi saya untuk dapat mengembangkan diri sendiri mengikuti
guru penggerak untuk meningkatkan kompetensi diri, kami berharap dengan
mengikuti kami memperoleh pengalaman baru. Terlebih lagi pemerintah yang sangat
bersemangat untuk mensosialisasikan berbagai mandaat dan keuntungan menjadi
guru penggerak untuk masa yang akan datang guna mempersiapkan calon generasi
emas masa depan Indonesia
2. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru
Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!
Selain motivasi dari keluarga maupun teman pendidik
disekolah yang kuat, kelebihan yang telah saya miliki untuk mendukung peran
sebagai guru penggerak nantinya, seperti penghargaan dan berbagai
pelatihan-pelatihan teknis dan non teknis di bidang pendidikan yang pernah
diikuti diantaranya;
1. Sekolah mendapatkan piagam penghargaan dalam sekolah
adiwiyata baik tingkat Kabupaten pada tahun 2017, tingkat Provinsi tahun 2018,
dan sekarang sedang menuju sekolah adiwiyata Nasional
2. Bimtek kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar di Kuala
Pembuang tanggal 14-16 Agustus 2013 di SD Negeri Kuala Pembuang II. Kabupaten
Seruyan
3. Pelatihan Program Guru belajar dan berbagi Seri Masa
Pandemi covid-19 secara daring pada tanggal 20 November - 9 Desember 2020
Melalui portal Guru belajar dan berbagi.
3. Bimtek Guru belajar dan berbagi seri Guru Belajar seri
Asesmen Kompetensi Minimum, melalui portal SIM PKB. Pelaksanaan pada tanggal
4-8 Januari 2021.
4. Seminar Nasional Siswa Belajar Problem Solving dari
teka-teki yang dilaksanakan oleh e-Guru.id pada tanggal 4 November 2021
5. Pelatihan peningkatan kualitas pendidikan dengan
penguatan kemampuan mengajar berbasis media digital yang diselenggarakan oleh
Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan pendidikan Kota Semarang secara
daring pada tanggal 2 s.d. 6 September 2021.
6. Bimtek Guru Pembelajar dan berbagi seri semangat Guru
Kemampuan non teknis dalam adaptasi teknologi pada tanggal 21 Juni- 25 Agustus
2021 di Portal SIM PKB.
7. Pelatihan Admin belajar.id Provinsi Kalimantan Tengah
oleh Goole Master Trainer -GTK Kemdikbud bekerjasama dengan Dinas Pendidikan
Kalimantan Tengah secara daring pada tanggal 11 s.d. 16 Oktober 20021 durasi 32
jam.
3. Berikan contoh perubahan,
inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata
berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal
tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif
Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda
dan pihak lain yang terlibat bila ada)
Sebagai seorang pendidik
tugas dan tanggungjawab sebagai seorang guru di satuan pendidikan sudah
melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan
pengimbasan pengungunaan akun guru pembelajar kepada rekan-rekan guru yang ada
di sekolah hal ini kami berupaya memperkenalkan dan memanfaatkan akun guru
pembelajar yang sudah di programkan oleh kemendikbud.
Kami berupaya dengan berbagai
cara salah satunya, nmengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh
Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah yang bekerjasama dengan Yayasan
Refo yang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 16 Oktober 2021 dengan durasi 32
jam.
Upaya yang dilakukan ini
berupaya menerapkan aturan untuk mendukung program kemendikbudristek. Hal ini,
merupakan hal baru bagi kami untuk dapat melakukan dan penerapan di sekolah
kami itu mungkin sangat sulit, tetapi kami berusaha bersama seluruh bapak ibu
guru untuk dapat mengikuti, sinyal di wilayah kami memang kurang baik. Usaha
yang kami lakukan adalah memasang antena dengan menggunakan modem yang
terkadang kekuatan sinyal masih belum stabil. Hal tersebut tidak menyurutkan
niat kami untuk terus belajar mengikuti perkembangan IPTEK saat ini.
Hal yang kami lakukan
bersama teman-teman guru adalah mengaktifkan akun guru pembejar dan menautkan
ke akun SIM PKB serta menggunakan aplikasi Merdeka Belajar.
Alkhamdulillah dengan
semangat untuk mengikuti perkembangan IPTEK ini kami berupaya untuk berinovasi
dengan menerapkannya dalam pembejaran di kelas.
Selain motivasi yang kuat
yang menjadi modela awal untuk menjadi pendukung peran sebagai guru penggerak
nantinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pentinya pengalaman dalam menjalankan peran
sebagai guru penggerak tidak lepas dari perkembangan IPTEK serta arus informasi
era revolusi 4.0 atau disebut era digital yang sangat pesat.
Jika Saya menjadi guru
penggerak nantinya saya harus terlibat secara intensif dalam program yang
diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan Riset dan
Teknologi, dengan program ini semua guru memperoleh kesempatan yang sama untuk
mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus sebafai penggerak bagi guru lainnya
untuk meningkatkan profesionalisme dibidangnya.
2. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi
sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan
pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga,
komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun
lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen
membantu Anda mencapai tujuan bersama.
Kapan waktu
kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda
minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!
Memang dalam mencapai tujuan dan komitemen bersama perlu dilalui dengan
adalanya komunikasi yang intensif dari semua pihak yang terlibat. Tetapi
kenyataannya, membangun komunikasi yang padu yang searah secara efektif itu
tidak mudah seperti yang dibayangkan. Dalam mencapai itu semua perlu pendekatan
dan kesamaan persepsi dan pemikiran terkait tujuan yang akan kita capai.
Kesulitaan dalam membangun komunikasi juga kami alami sendiri, sebagai contoh
saat melakukan pengimbasan tentang AKM kepada rekan guru, hal itu terhambat
karena pengetahuan tentang pengetahuan dan teknologi khususnya dalam akses
internet rekan guru masih rendah. Meski demikian, kami berupaya untuk
memotivasi dan mengajak untuk praktek langsung untuk mengikuti pelatihan
melalui SIM PKB tersebut.
Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama?
Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut?
Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk
tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?
Secara umum kesuliatan yang kami alami dalam bekerjasama
dengan dengan pihak lain tedak ada kesulitan, karena saya sendiri sangat suka
berkolaborasi dan terbuka dengan pendapat orang lain, sehingga jika terjadi
penolakan atas ide dan gagasan saya menganggap itu hal yang sangat wajar dalam
sebuah kerjasam tim. Tujuan besar untuk mencapai tujuan bersama memang harus
melibartakn ide diri sendiri maupun ide orang lain yang ada disekitar kita yang
bagus yang perlu kita terima. Menurut saya, ide yang terbaik akan muncul dari
mana saja dan dari siapa saja, termasuk dari teman rekan kerja kita. Kita harus
bersama-sama memiliki pemikiran bahwa tugas kita adalah melaksanakan suatu
program yang disepakati bersama dengan baik guna mewujudkan tujuan bersama
sesuai yang direncanakan dari awal. Keberhasilan sebuah program bukan terletak
pada kualitas ide dan pemikiran melainkan akan tergantung pada kualitas kerja. Menurut
saya, orientasi kerja bagi saya adalah progres dan hasil. Pada prinsipnya
keberhasilan program merupakan keberhasilan bersama dan berutu juga sebaliknya.
Saua yakin dan percaya bahwa cara-cara seperti ini akan berdampak positif
terhadap keberlangsungan suatu organisasi.
Upaya apa saja yang Anda lakukan
untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?
Upaya yang saya lakukan adalah membangun tujuan bersama
dengan cara berkomitmen besama melalui komunikasi satu arah yang intensif.
Kenyataannya dalam membangun komunikasi satu arah itu tidak semudah yang kita
bayangkan, dibutuhkan pendekatan dan kesamaan pemahaman bersama terkait tujuan
yang akan dicapat. Kesulitan dalam membangun komunikasi pasti terjadi termasuk
yang samaya alami sendiri. Tetapi kesulitan itu bukan halangan bagi saya, yang
terpenting yang saya lakukan dalam mencapai komitmen dengan berbagai pihak
dalam bekerjasama adalah upaya persuasif. Upaya ini saya yakini lebih efektif
dalam mengatasi kesulitan dalam mencapai kesepakatan bersama. Memberikan
pemahaman yang jelas dan dengan cara sederhana terkait sistem kerja dan tujuan
akhir akan lebih mudah diterima oleh semua pihak mana pun, termasuk dari latar
belakang status sosial yang lebih tinggi dalam struktur organisasi.
Selain upaya dalam mengkoordinir, mengajak dan memfasilitasi
berbagai kepentingan atau kebutuhan anggota dengan baik akan mempengaruhi
tingkat motivasi kerja para pihak yang terlibat. Pada dasarnya adalah membangun
transparansi dalam berkerja sehingga dapat meminimalisir kesalahpahaman dalam
bekerja sama. Perlakukan yang adil bagi setiap anggota juga tidak kalah
pentinnya untuk kita perhatikan
Secara psikologi setiap orang memiliki karakteristik yang
berbeda-beda maka pendekatan dan perlakuan harus secra profesional.
Dalam menjalin kerjasama harus menghindari
perlakukan-perlakukan yang berbau SARA, agar kebijakan yang buat dapat tetap
baik.
Bagaimana hasilnya?
Alkhamdulillah
setelah melakukan langkah-langkah persuasif secara intensif dapat meningkatkan
kerjasama dan komunikasi dalam membangun kesepahaman bersama, mengakomodir
berbagai kepentingan anggota, memberikan motivasi, berprilaku adil dan
bijaksana menghindari perilaku SARA dalam satu tim ternyata berhasil dalam
membangun kolaborasi yang efektif dan mempercepat proses bekerjasama.
Antusiasme pihak-pihak dalam membangu komitmen bersama nampak dari proses yang
cepat dan berhasil dan memuaskan. Sebagai contoh saat menyampaikan pendapat
dalam menyusun program sekolah, semua guru memberikan support yang bagus untuk
saya.
Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan,
atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!
Saat kita bekerja tentu
banyak tantangan dan kesulitan yang akan kita temui dan hadapi. Permasalahan
dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada dengan kompleksitas masalah beragam.
Saya sendiri dalam melakukan tugas sebagai pendidik sering mengalami hal
tersebut. Sebagai contoh, ketika proses pembelajaran masa pandemi covid-19 pada
saat itu, siswa sulit memahami apa yang kita sampaikan, kemudian masalah
tentang administrasi jadi berantakan kurang disiplin, hal itu perlu adalanya
penyelesaian yang segera dan efektif dengan strategi yang baik.
3.
Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui
dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi
situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.
Kapan waktu
kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi
saat itu? Gambarkan secara jelas!
Saat kita
bekerja tentu banyak tantangan dan kesulitan yang akan kita temui dan hadapi.
Permasalahan dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada dengan kompleksitas masalah
beragam. Saya sendiri dalam melakukan tugas sebagai pendidik sering mengalami
hal tersebut. Sebagai contoh, ketika proses pembelajaran masa pandemi covid-19
pada saat itu, siswa sulit memahami apa yang kita sampaikan, kemudian masalah
tentang administrasi jadi berantakan kurang disiplin, hal itu perlu adalanya
penyelesaian yang segera dan efektif dengan strategi yang baik. Hal itu karena
kami berada di lingkungan perusahaan sawit dibawah Yayasan Sekolah Eka Tjipta
Foundation, sekolah kami memiliki Visi Menjadi Sekolah yang menghasilkan
Individu yang berbudi luhur, berkarakter, berprestasi, dan peduli lingkungan.
Wilayah kami berada di tengah-tengah perkebunan sawit, sinyal di wilayah kami
kurang bagus, kami harus menggunakan antena untuk mendapatkan akses internet.
Pada saat pelaksanaan pembelajaran masa pandemi kami menggunakan sistem
kompinasi antara daring dan luring. Saat pembelajaran daring kita membuat grub
WA di setiap kelasnya, sedangkan pada saat luring kami mengunjungi anak setiap
satu minggu sekali dengan membagikan lembar LKPD sebagai bahan belajar dirumah.
Memang pembelajaran kurang efektif, tetapi mau bagaimana lagi proses
pembelajaran harus tetap berjalan, anak harus memperoleh pembelajaran dari
guru. Kami berusaha menemui mereka terkadang saat menemui mereka, kami
terkendala seperti banjir dan jalan rusak. Tetapi itu semua tidak menyurutkan
niat kami untuk berusaha bagaimana anak dapat memperoleh pembelajaran. Di
Yayasan kami guru dituntut untuk baik dalam segala hal baik segi administrasi
maupun prestasi. Terkadang ketika mendapat kegiatan yang banyak, saya harus
dapat membagi waktu dengan baik. Terkadang kebingungan mana yang harus di
dahulukan, tetapi saya memiliki keyakinan bahwa setiap masalah pasti ada jalan
keluarnya. Saya akan berusaha terlebih dahulu untuk menyelesaikan apa yang
menjadi tanggung jawab. Saya pribadi memotivasi diri untuk selalu mengasah
keingintauan dan selalu ingin belajar. Semoga ini menjadi bekal untuk dapat
mengikuti program sekolah penggerak ini.
Pertimbangan-pertimbangan atau
alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa
lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?
Saat saya
dihadapkan pada pertimbangan-pertimbangan untuk memutuskan sesuatu, saya
mengutamakan terlebih dahulu musyawarah untuk mufakat diatas kepentingan
pribadi. Sesuai dengan pengamalan pancasila sila ke-4, kita diajarkan untuk
bermusyawarah dalam setiap keputusan yang akan kita buat, karena kita sebagai
manusia tidak hidup sendiri dan kita pun memiliki pemikiran dan cara yang
berbeda-beda, tetapi saat kita memiliki sikap yang rendah hari, menerima semua
kritik, dan dapat memberikan solusi yang baik untuk kepentingan bersama tentu
apa yang kita putuskan dapat bermanfaat bagi semua orang.
Selain itu ,
setiap orang tentu memiliki masalah atau persoalan yang berbeda-beda. Tentu
dalam menyikapinya pun juga berbeda-beda. Untuk itu, saya meyakini bahwa setiap
masalah atau persoalan pasti ada jalan keluarnya. Yang harus kita lakukan
adalah menumbukan sikap kedewasaan dalam menyikapi hidup.
Terkadang
setiap mengambil keputusan saya mencari nasehat pesan orang tua, bahkan
referensi dari biografi orang sukses. Kita bisa belajar banyak dari mereka
untuk bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi. Karena meraka
tentunya ada sudah tau atau mengalami apa yang menjadi masalah kita.
Dalam
mengambil keputusan kita harus benar-benar siap mempertimbangkan apapun resiko
yang akan kita hadapi, kita harus mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya,
apakah keputusan dapat menguntungkan sebelah pihak, akibatnya dapat merugikan
pihak lain. Jadi, sekali lagi pentinnya musyawarah ini menjadi langkah bijak,
bagaimana kita memutuskan masalah kehidupan. Kita harus tanamkan dalam diri
untuk tidak egois terhadap pemikiran kita sendiri, karena kepentingan bersama
adalah tujuan akhir dalam mencapai kesepakatan.
Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana
hasilnya?
Tindakan yang saya ambil
dalam memutuskan sesuatu adalah dengan berpegang pada prinsip mengutamakan
kepentingan bersama, di atas kepentingan pribadi. Kita tidak boleh memiliki
sikap egois terhadap keputusan yang kita buat, kita hendaknya menghormati juga
pemikiran atau cara yang disampaikan oleh orang lain. Jika pendapat kita tidak
sesuai dengan orang lain, hendaknya kita juga harus bisa besar hati untuk
menghormatinya. Hal ini sangat penting dalam berorganisasi dimanapun kita
berada. Musyawarah adalah menjadi cara bagi kita untuk membuat atau
menyelesaikan masalah, untuk itu kekompakan dalam tim kerja inilah yang menjadi
dasar bagi kita untuk kita maju bersama
4.
Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan
pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan
Anda.
Kapan waktu
kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan?
Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?
Perkembangan
jaman di era globalisasi pada revolusi industri 4.O dan perkembangan teknologi
informasi yang semakin pesat. Kita dapat mengetahui bahwa dunia juga semakin
berkembang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia juga perlu untuk meningkatkan
kapasitas dan kemampuan diri kita agar dapat terus bersaing. Kita harus ikut berkembang
dan tidak mundur kebelakang. Beberapa contoh yang dapat kita lakukan agar dapat
bersaing dan meraih keberhasilan dalam era yang semakin maju adalah;
Selalu
ingin terus belajar. menuntut ilmu, dan terus berupaya untuk menambah
pengetahuan. Berani mencoba hal baru yang positif serta membagi pengetahuan
kita untuk orang lain. Tidak minder saat bertemu dengan orang yang lebih hebat,
justru kita harus termotivasi agar kita dapat seperti itu. Sebagai penyemangat
bagi diri kita untuk lebih maju. Kemampuan yang ada pada diri kita hendaknya
kita kembangkan dengan baik, serta dapat menambah keahlian lain yang belum kita
miliki. Berusaha untuk bersosialisasi terhadap semua orang, tidak menutup diri
dan memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar perkembangan teknologi dan media
sosial dimanapun dan kapanpun. Intinya kita harus berupaya memperoleh
pengetahuan baru dan harus update perkembangan informasi baik nasional maupun
dunia.
Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan
balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?
Cara yang saya lakukan untuk menyikapi masukan dan
umpan balik dari seseorang adalah dengan meyakini bahwa setiap keputusan yang
saya ambil tentu dapat menimbulkan dampak positif dan negatif, hal itu karena
kita tidak akan bisa menyenangkan semua orang. Kita harus siap dikoreksi atau
diberi umpan balik. Padahal mungin apa yang sudah kita perbuat secara maksimal
tetapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.
Sebagian orang bahkan tidak suka dengan umpan
balik, mereka adalah orang-orang yang anti kritik dan saran. Biasanya orang
yang memiliki ego yang tinggi tidak mau meneria umpan balik, dia berpikir
pendapatnya yang paling baik dan benar. Terkadang juga mereka malah mengeluh,
mengoceh, bahkan menyebarkan hal yang tidak baik ke semua orang atas umpan
balik yang mereka terima
Dalam menghadapi permasalahan ini, kita harus
memiliki sikap yang terbuka, menerima pendapat, kritik dan saran dari sudut
pandang yang berbeda dari semua orang. Banyak mereka yang berpikir kritis,
justru dangat baik untuk perkembangan kita, bahkan baik untuk organisasi kita.
Jika kita mendapatkan umpan balik yang mungkin tidak baik bagi kita, kita harus
tetap berpikir positif, kita anggap semua itu motivasi agar lebih baik
kedepannya dengan tidak putus asa, berani mencoba kembali, serta pantang
menyerah.
4.
Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan
pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan
Anda.
Kelengkapan
data esai
Kapan
waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda
dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik
tersebut?
Perkembangan
jaman di era globalisasi pada revolusi industri 4.O dan perkembangan teknologi
informasi yang semakin pesat. Kita dapat mengetahui bahwa dunia juga semakin
berkembang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia juga perlu untuk meningkatkan
kapasitas dan kemampuan diri kita agar dapat terus bersaing. Kita harus ikut
berkembang dan tidak mundur kebelakang. Beberapa contoh yang dapat kita lakukan
agar dapat bersaing dan meraih keberhasilan dalam era yang semakin maju adalah;
Selalu ingin
terus belajar. menuntut ilmu, dan terus berupaya untuk menambah pengetahuan.
Berani mencoba hal baru yang positif serta membagi pengetahuan kita untuk orang
lain. Tidak minder saat bertemu dengan orang yang lebih hebat, justru kita
harus termotivasi agar kita dapat seperti itu. Sebagai penyemangat bagi diri
kita untuk lebih maju. Kemampuan yang ada pada diri kita hendaknya kita
kembangkan dengan baik, serta dapat menambah keahlian lain yang belum kita
miliki. Berusaha untuk bersosialisasi terhadap semua orang, tidak menutup diri
dan memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar perkembangan teknologi dan media
sosial dimanapun dan kapanpun. Intinya kita harus berupaya memperoleh
pengetahuan baru dan harus update perkembangan informasi baik nasional maupun
dunia.
Bagaimana
cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri
Anda?
Cara yang
saya lakukan untuk menyikapi masukan dan umpan balik dari seseorang adalah
dengan meyakini bahwa setiap keputusan yang saya ambil tentu dapat menimbulkan
dampak positif dan negatif, hal itu karena kita tidak akan bisa menyenangkan
semua orang. Kita harus siap dikoreksi atau diberi umpan balik. Padahal mungin
apa yang sudah kita perbuat secara maksimal tetapi tidak mendapatkan hasil yang
memuaskan.
Sebagian
orang bahkan tidak suka dengan umpan balik, mereka adalah orang-orang yang anti
kritik dan saran. Biasanya orang yang memiliki ego yang tinggi tidak mau
meneria umpan balik, dia berpikir pendapatnya yang paling baik dan benar.
Terkadang juga mereka malah mengeluh, mengoceh, bahkan menyebarkan hal yang
tidak baik ke semua orang atas umpan balik yang mereka terima
Dalam
menghadapi permasalahan ini, kita harus memiliki sikap yang terbuka, menerima
pendapat, kritik dan saran dari sudut pandang yang berbeda dari semua orang.
Banyak mereka yang berpikir kritis, justru dangat baik untuk perkembangan kita,
bahkan baik untuk organisasi kita. Jika kita mendapatkan umpan balik yang
mungkin tidak baik bagi kita, kita harus tetap berpikir positif, kita anggap
semua itu motivasi agar lebih baik kedepannya dengan tidak putus asa, berani
mencoba kembali, serta pantang menyerah.
Selain
memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal
berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda?
Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut
membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?
Tugas mulia
bagi seorang guru atau pengajar adalah melakukan managemen pembelajaran yang
dapat membantu siswa menjapai hasil pembelajaran yang maksimal. Tetapi ada
kalanya pengajar kurang memeperhatikan hal ini dan enggan membantu pelajar agar
dapat mencapai hasil terbaik dalam proses pembelajarannya. Sehingga kondisi ini
pun membawa pelajar pada pola belajar yang negatif seperti malas, sering bolos
dan kehilangan hasrat untuk mengikuti pelajaran . Jadi yang harus dilakukan
untuk menjadi pengajar yang baik ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar
anak didiknya memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran yaitu
1.
Menciptakan lingkungan kelas yang nyaman. Hal ini sangat berpengaruh terhadap
kenyamanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Misanya mendesain
kelas semenarik mungkin dengan hiasan yang sesuai dengan karakter dan usia anak
agar anak menjadi betah ketika masuk ke kelas.
2. Gunakan
metode atau pendekatan yang menarik, misalnya menggunakan proyektor /LCD saat
mengajar. Agar anak menjadi semangat dalam belajar di dalam kelas.
3. Selingi
pembelajaran dengan yel-yel atau hiburan agar tidak jenuh dengan Ice breaking
yang menarik saat pembelajaran mulai tidak menarik bagi siswa, agar semangat
belajar siswa kembali.
4. Membentuk
jejaring kelompok, membuat study kasus, atau esperimen dalam memecahkan masalah
secara berkelompok.
5. Menjadi
guru yang selalu memotivasi dan membantu siswanya dalam memahami materi
belajar.
Bagaimana
aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?
Dari hasil
pembelajaran yang saya lakukan seperti contoh di atas, bahwa penyiapan fisik
lingkungan pembelajaran, metode atau pendekatan, ice breaking, serta strategi
pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran sangat efektif. Hal yang perlu
diperhatikan jika jalannya pembelajaran itu dapat berjalan dengan lancar adalah
kita harus membangun hubungan humanis terlebih dahulu kepada semua siswa, kita
harus mengetahui latar belakang dan tipe belajar setiap siswa. Hal itu
berpengaruh pada persiapan kita, terlebih dahulu. Kita harus mempersiapkan
strategi pembelajaran dengan matang terlebih dahulu, jika kita ingin sukses
dalam mengajar di kelas.
Dengan
demikian proses pembelajaran berpengaruh pada semangat kita untuk memberikan
pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa agar siswa dapat memahami dan
menyerap semua ilmu yang kita sampaikan kepadanya. Karena hasil pembelajaran
yang baik akan meningkatakan semangat belajar dan prestasi siswa untuk
mempersiapkan generasi emas anak Indonesia.
5.
Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya
dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun
lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang
lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.
Kapan
waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda
melakukan pengembangan tersebut?
Pada tahun
2018 sekolah kami memperoleh predikat sekolah Adiwiyata Provinsi Kalimantan
Tengah, Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
Berdasarkan SK Pembentukan Tim Adiwiyata sekolah, saya ditunjuk oleh kepala
sekolah sebagai sekretaris. Dalam kaitanya pengalaman menghikuti bimbingan
teknis penilaian di Provinsi kalimantan Tengah, waktu itu saya banyak
memperoleh pengalaman dari tutor atau pemateri. Setelah mengikuti pelatihan
itu, kami diamanatkan untuk mengimbaskan kepada rekan guru yang ada di sekolah
dan mengaplikasikan program di sekolah. Selain itu, Kami diminta sebagai
pemateri kepada rekan guru di sekolah lain, untuk mengimbaskan program sekolah
adiwiyata ini. Hal yang menjadi motivasi untuk melakukan pengimbasan itu adalah
agar pengetahuan yang kita miliki ini tidak berhenti kepada diri sendiri. Kita
perlu membaginya kepada orang lain, serta saat kita memperoleh amanat, kita
harus lakukan dengan penuh tanggung jawab.
Pada tahun
2021. saya mengikuti pengembangan SIM PKB. Pada waktu itu, saya mengikuti
pelatihan Guru belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum pada tanggal 4 -8
Januari 2022. Dalam pelatihan daring biimbingan teknis ini saya banyak
memperoleh pengetahuan dan wawasan mengenai AKM. Dalam menyelesaikan tugas
pelatihan ini, saya melakukan pengimbasan yang dilakukan di sekolah kepada
rekan guru. Dalam pelaksanaan pengimbasan itu saya melakukan pelatihan kepada
rekan guru dalam mengikuti program guru belajar dan diharapakan semua guru
dapat mengikutinya.
Hal apa
yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan
guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.
Sebagai
pendidik di sekolah tentunya memiliki peranan penting bagi siswa untuk
membekali siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saya, tetapi
siswa juga harus dan penting juga memiliki sikap yang nantinya akan menjadi
bekal dalam masyarakat. Kata orang jawa Guru itu digugu dan ditiru, hal itu
yang menjadi pedoman hidup dan prilaku kita setiap hari. Karakter atau prilaku
kita akan dilihat dan ditiru oleh siswa kita, hal itu lah yang menjadi pokok
pentingnya sikap yang harus kita ajarkan kepada siswa kita. Maka dari itu
mengapa guru harus memiliki peran yang besar dalam pembentukan karekter murid.
Berikut fokus pengembangan dalam diri saya sebagai seorang pendidik.
1. Menjadikan
diri sendiri sebagai contoh
2. Menjadi
sosok humanis bagi siswa
3. Tidak
hanya mengajarkan akademis, tetapi nilai moral untuk siswa
4. Jujur pada
diri sendiri dan terbuka pada kesalahan
Selain hal
tersebut, saya juga harus mengembangkan keprofesian sebagai pendidik dengan
cara selalu update ilmu mengikuti perkembangan jaman dengan cara mengikuti
pelatihan-pelatihan baik daring maupun luring.
Dukungan
apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui
dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan
untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?
Dukungan yang
saya berikan yang pertama yaitu kepada siswa pada saat membimbing lomba
pantomim misalnya. Pada saat latihan bersama saya selalu memotivasi dan
memberikan semangat dengan cara menyampaikan kepada siswa bahwa prestasi yang
ingin kita raih harus memiliki pengorbanan dan perjuangan tidak mudah.
Diperlukan usaha dan latiahan terus menerus. Upaya yang saya lakukan misalanya,
memberikan contoh untuk mereka untuk dijadikan acuan berlatih.
Selain itu, beberapa kegiatan tidak dapat
dipungkiri bahwa selalu membutuhkan dukungan baik materiil secara pendanaan.
Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memenuhi kegiatan tersebut. Untuk itu
perlu adanya perhatian dari sekolah saat ingin mengikuti kegiatan. Untuk itu
perlu komunikasi yang intensif dan perhatian dari pemangku kepentingan. Dengan
komunikasi yang baik, akan selalu mendapatkan solusi yang baik untuk
menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Menjaga semangat
belajar maupun berlatih itu sangat penting dilakukan agar hasil yang kita
inginkan dapat kita peroleh. Usaha dan doa itulah yang menjadi dasar bagi saya
untuk mencapai apa yang kita inginkan.
Upaya
sederhana lainya misalnya memberikan perhatian yang serius dalam upaya
menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.
Upaya-upaya
yang direncanakan sebaiknya dilakukan secara serius dan harus konsisten, tidak
boleh malas-malasan, tanggung jawab dan semangat dalam dalam pekerjaan yang
kita lakukan. Hal itu nantinya akan berdampak pada hasil akhir yang tentunya
menjadi dasar bagi kita untuk berkembang lebih baik kedepannnya.Bagaimana
hasilnya?
Hasil yang
saya peroleh dari semua upaya dan langkah-langkah yang saya lakukan sesuai
uraian jawaban sebelumnya adalah dalam upaya meningkatakan mutu dan kwalitas
kita sebagai seorang pendidik tentunya harus memiliki pengetahuan dan wawasan
yang mencakup skill dan kompetensi diri yang baik agar mendapat hasil yang
maksimal.
Suksesnya
suatu kegiatan itu tergantung pada perencanaan yang matang, sikap penuh
tanggung jawab dan disiplin juga berpengaruh dalam suksesnya kegiatan.
Kekompakan
dalam tim juga sangat berpengaruh dalam mencapai kesuksesai atau mencapai
tujuan bersama. Jika dalam tim organisasu tidak kompak, terdapat gep atau
masalah antar tim, maka hal itu juga dapat menghambat jalannya tujuan untuk
mencapai prestasi dalam tim.
Komentar
Posting Komentar
Aku Suka Blog Anda