Contoh Isian Guru Penggerak



1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak

 

Kami termotivasi dengan adanya perkembangan pengetahuan dan teknologi IPTEK serta informasi pada era digital saat ini sangat pesat dan kita sebagai harus bisa menyesesuaikan dan bersemangat dalam melakukan perubahan pada zaman sekarang.

Harapan sebagai pendidik adalah dapat memujudkan cita-cita bangsa susuai amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai pendidik kami melakukan perubahan sesuai kondisi masa pandemi yang belum usai sampai saat ini, kita harus melakukan inovasi dalam menerapkan pembelajaran. Hal ini yang meotivasi saya untuk dapat mengembangkan diri sendiri mengikuti guru penggerak untuk meningkatkan kompetensi diri, kami berharap dengan mengikuti kami memperoleh pengalaman baru. Terlebih lagi pemerintah yang sangat bersemangat untuk mensosialisasikan berbagai mandaat dan keuntungan menjadi guru penggerak untuk masa yang akan datang guna mempersiapkan calon generasi emas masa depan Indonesia

 

2. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Selain motivasi dari keluarga maupun teman pendidik disekolah yang kuat, kelebihan yang telah saya miliki untuk mendukung peran sebagai guru penggerak nantinya, seperti penghargaan dan berbagai pelatihan-pelatihan teknis dan non teknis di bidang pendidikan yang pernah diikuti diantaranya;

1. Sekolah mendapatkan piagam penghargaan dalam sekolah adiwiyata baik tingkat Kabupaten pada tahun 2017, tingkat Provinsi tahun 2018, dan sekarang sedang menuju sekolah adiwiyata Nasional

2. Bimtek kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar di Kuala Pembuang tanggal 14-16 Agustus 2013 di SD Negeri Kuala Pembuang II. Kabupaten Seruyan

3. Pelatihan Program Guru belajar dan berbagi Seri Masa Pandemi covid-19 secara daring pada tanggal 20 November - 9 Desember 2020 Melalui portal Guru belajar dan berbagi.

3. Bimtek Guru belajar dan berbagi seri Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum, melalui portal SIM PKB. Pelaksanaan pada tanggal 4-8 Januari 2021.

4. Seminar Nasional Siswa Belajar Problem Solving dari teka-teki yang dilaksanakan oleh e-Guru.id pada tanggal 4 November 2021

5. Pelatihan peningkatan kualitas pendidikan dengan penguatan kemampuan mengajar berbasis media digital yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan pendidikan Kota Semarang secara daring pada tanggal 2 s.d. 6 September 2021.

6. Bimtek Guru Pembelajar dan berbagi seri semangat Guru Kemampuan non teknis dalam adaptasi teknologi pada tanggal 21 Juni- 25 Agustus 2021 di Portal SIM PKB.

7. Pelatihan Admin belajar.id Provinsi Kalimantan Tengah oleh Goole Master Trainer -GTK Kemdikbud bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah secara daring pada tanggal 11 s.d. 16 Oktober 20021 durasi 32 jam.

 

3. Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Sebagai seorang pendidik tugas dan tanggungjawab sebagai seorang guru di satuan pendidikan sudah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pengimbasan pengungunaan akun guru pembelajar kepada rekan-rekan guru yang ada di sekolah hal ini kami berupaya memperkenalkan dan memanfaatkan akun guru pembelajar yang sudah di programkan oleh kemendikbud.

Kami berupaya dengan berbagai cara salah satunya, nmengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah yang bekerjasama dengan Yayasan Refo yang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 16 Oktober 2021 dengan durasi 32 jam.

Upaya yang dilakukan ini berupaya menerapkan aturan untuk mendukung program kemendikbudristek. Hal ini, merupakan hal baru bagi kami untuk dapat melakukan dan penerapan di sekolah kami itu mungkin sangat sulit, tetapi kami berusaha bersama seluruh bapak ibu guru untuk dapat mengikuti, sinyal di wilayah kami memang kurang baik. Usaha yang kami lakukan adalah memasang antena dengan menggunakan modem yang terkadang kekuatan sinyal masih belum stabil. Hal tersebut tidak menyurutkan niat kami untuk terus belajar mengikuti perkembangan IPTEK saat ini.

Hal yang kami lakukan bersama teman-teman guru adalah mengaktifkan akun guru pembejar dan menautkan ke akun SIM PKB serta menggunakan aplikasi Merdeka Belajar.

Alkhamdulillah dengan semangat untuk mengikuti perkembangan IPTEK ini kami berupaya untuk berinovasi dengan menerapkannya dalam pembejaran di kelas.

Selain motivasi yang kuat yang menjadi modela awal untuk menjadi pendukung peran sebagai guru penggerak nantinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pentinya pengalaman dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak tidak lepas dari perkembangan IPTEK serta arus informasi era revolusi 4.0 atau disebut era digital yang sangat pesat.

Jika Saya menjadi guru penggerak nantinya saya harus terlibat secara intensif dalam program yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi, dengan program ini semua guru memperoleh kesempatan yang sama untuk mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus sebafai penggerak bagi guru lainnya untuk meningkatkan profesionalisme dibidangnya.

 

 

 

 

 

 

 

2. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

 

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Memang dalam mencapai tujuan dan komitemen bersama perlu dilalui dengan adalanya komunikasi yang intensif dari semua pihak yang terlibat. Tetapi kenyataannya, membangun komunikasi yang padu yang searah secara efektif itu tidak mudah seperti yang dibayangkan. Dalam mencapai itu semua perlu pendekatan dan kesamaan persepsi dan pemikiran terkait tujuan yang akan kita capai. Kesulitaan dalam membangun komunikasi juga kami alami sendiri, sebagai contoh saat melakukan pengimbasan tentang AKM kepada rekan guru, hal itu terhambat karena pengetahuan tentang pengetahuan dan teknologi khususnya dalam akses internet rekan guru masih rendah. Meski demikian, kami berupaya untuk memotivasi dan mengajak untuk praktek langsung untuk mengikuti pelatihan melalui SIM PKB tersebut.

 

Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?

Secara umum kesuliatan yang kami alami dalam bekerjasama dengan dengan pihak lain tedak ada kesulitan, karena saya sendiri sangat suka berkolaborasi dan terbuka dengan pendapat orang lain, sehingga jika terjadi penolakan atas ide dan gagasan saya menganggap itu hal yang sangat wajar dalam sebuah kerjasam tim. Tujuan besar untuk mencapai tujuan bersama memang harus melibartakn ide diri sendiri maupun ide orang lain yang ada disekitar kita yang bagus yang perlu kita terima. Menurut saya, ide yang terbaik akan muncul dari mana saja dan dari siapa saja, termasuk dari teman rekan kerja kita. Kita harus bersama-sama memiliki pemikiran bahwa tugas kita adalah melaksanakan suatu program yang disepakati bersama dengan baik guna mewujudkan tujuan bersama sesuai yang direncanakan dari awal. Keberhasilan sebuah program bukan terletak pada kualitas ide dan pemikiran melainkan akan tergantung pada kualitas kerja. Menurut saya, orientasi kerja bagi saya adalah progres dan hasil. Pada prinsipnya keberhasilan program merupakan keberhasilan bersama dan berutu juga sebaliknya. Saua yakin dan percaya bahwa cara-cara seperti ini akan berdampak positif terhadap keberlangsungan suatu organisasi.

 

 

 

 

 

 

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

Upaya yang saya lakukan adalah membangun tujuan bersama dengan cara berkomitmen besama melalui komunikasi satu arah yang intensif. Kenyataannya dalam membangun komunikasi satu arah itu tidak semudah yang kita bayangkan, dibutuhkan pendekatan dan kesamaan pemahaman bersama terkait tujuan yang akan dicapat. Kesulitan dalam membangun komunikasi pasti terjadi termasuk yang samaya alami sendiri. Tetapi kesulitan itu bukan halangan bagi saya, yang terpenting yang saya lakukan dalam mencapai komitmen dengan berbagai pihak dalam bekerjasama adalah upaya persuasif. Upaya ini saya yakini lebih efektif dalam mengatasi kesulitan dalam mencapai kesepakatan bersama. Memberikan pemahaman yang jelas dan dengan cara sederhana terkait sistem kerja dan tujuan akhir akan lebih mudah diterima oleh semua pihak mana pun, termasuk dari latar belakang status sosial yang lebih tinggi dalam struktur organisasi.

Selain upaya dalam mengkoordinir, mengajak dan memfasilitasi berbagai kepentingan atau kebutuhan anggota dengan baik akan mempengaruhi tingkat motivasi kerja para pihak yang terlibat. Pada dasarnya adalah membangun transparansi dalam berkerja sehingga dapat meminimalisir kesalahpahaman dalam bekerja sama. Perlakukan yang adil bagi setiap anggota juga tidak kalah pentinnya untuk kita perhatikan

Secara psikologi setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda maka pendekatan dan perlakuan harus secra profesional.

Dalam menjalin kerjasama harus menghindari perlakukan-perlakukan yang berbau SARA, agar kebijakan yang buat dapat tetap baik.

 

 

 

Bagaimana hasilnya?

Alkhamdulillah setelah melakukan langkah-langkah persuasif secara intensif dapat meningkatkan kerjasama dan komunikasi dalam membangun kesepahaman bersama, mengakomodir berbagai kepentingan anggota, memberikan motivasi, berprilaku adil dan bijaksana menghindari perilaku SARA dalam satu tim ternyata berhasil dalam membangun kolaborasi yang efektif dan mempercepat proses bekerjasama. Antusiasme pihak-pihak dalam membangu komitmen bersama nampak dari proses yang cepat dan berhasil dan memuaskan. Sebagai contoh saat menyampaikan pendapat dalam menyusun program sekolah, semua guru memberikan support yang bagus untuk saya.

 

 

 

 

 

 

Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

Saat kita bekerja tentu banyak tantangan dan kesulitan yang akan kita temui dan hadapi. Permasalahan dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada dengan kompleksitas masalah beragam. Saya sendiri dalam melakukan tugas sebagai pendidik sering mengalami hal tersebut. Sebagai contoh, ketika proses pembelajaran masa pandemi covid-19 pada saat itu, siswa sulit memahami apa yang kita sampaikan, kemudian masalah tentang administrasi jadi berantakan kurang disiplin, hal itu perlu adalanya penyelesaian yang segera dan efektif dengan strategi yang baik.

3. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.


Top of Form

Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

Bottom of Form

 

 

Saat kita bekerja tentu banyak tantangan dan kesulitan yang akan kita temui dan hadapi. Permasalahan dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada dengan kompleksitas masalah beragam. Saya sendiri dalam melakukan tugas sebagai pendidik sering mengalami hal tersebut. Sebagai contoh, ketika proses pembelajaran masa pandemi covid-19 pada saat itu, siswa sulit memahami apa yang kita sampaikan, kemudian masalah tentang administrasi jadi berantakan kurang disiplin, hal itu perlu adalanya penyelesaian yang segera dan efektif dengan strategi yang baik. Hal itu karena kami berada di lingkungan perusahaan sawit dibawah Yayasan Sekolah Eka Tjipta Foundation, sekolah kami memiliki Visi Menjadi Sekolah yang menghasilkan Individu yang berbudi luhur, berkarakter, berprestasi, dan peduli lingkungan. Wilayah kami berada di tengah-tengah perkebunan sawit, sinyal di wilayah kami kurang bagus, kami harus menggunakan antena untuk mendapatkan akses internet. Pada saat pelaksanaan pembelajaran masa pandemi kami menggunakan sistem kompinasi antara daring dan luring. Saat pembelajaran daring kita membuat grub WA di setiap kelasnya, sedangkan pada saat luring kami mengunjungi anak setiap satu minggu sekali dengan membagikan lembar LKPD sebagai bahan belajar dirumah. Memang pembelajaran kurang efektif, tetapi mau bagaimana lagi proses pembelajaran harus tetap berjalan, anak harus memperoleh pembelajaran dari guru. Kami berusaha menemui mereka terkadang saat menemui mereka, kami terkendala seperti banjir dan jalan rusak. Tetapi itu semua tidak menyurutkan niat kami untuk berusaha bagaimana anak dapat memperoleh pembelajaran. Di Yayasan kami guru dituntut untuk baik dalam segala hal baik segi administrasi maupun prestasi. Terkadang ketika mendapat kegiatan yang banyak, saya harus dapat membagi waktu dengan baik. Terkadang kebingungan mana yang harus di dahulukan, tetapi saya memiliki keyakinan bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Saya akan berusaha terlebih dahulu untuk menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab. Saya pribadi memotivasi diri untuk selalu mengasah keingintauan dan selalu ingin belajar. Semoga ini menjadi bekal untuk dapat mengikuti program sekolah penggerak ini.

 

 

Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?

Saat saya dihadapkan pada pertimbangan-pertimbangan untuk memutuskan sesuatu, saya mengutamakan terlebih dahulu musyawarah untuk mufakat diatas kepentingan pribadi. Sesuai dengan pengamalan pancasila sila ke-4, kita diajarkan untuk bermusyawarah dalam setiap keputusan yang akan kita buat, karena kita sebagai manusia tidak hidup sendiri dan kita pun memiliki pemikiran dan cara yang berbeda-beda, tetapi saat kita memiliki sikap yang rendah hari, menerima semua kritik, dan dapat memberikan solusi yang baik untuk kepentingan bersama tentu apa yang kita putuskan dapat bermanfaat bagi semua orang.

Selain itu , setiap orang tentu memiliki masalah atau persoalan yang berbeda-beda. Tentu dalam menyikapinya pun juga berbeda-beda. Untuk itu, saya meyakini bahwa setiap masalah atau persoalan pasti ada jalan keluarnya. Yang harus kita lakukan adalah menumbukan sikap kedewasaan dalam menyikapi hidup.

Terkadang setiap mengambil keputusan saya mencari nasehat pesan orang tua, bahkan referensi dari biografi orang sukses. Kita bisa belajar banyak dari mereka untuk bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi. Karena meraka tentunya ada sudah tau atau mengalami apa yang menjadi masalah kita.

Dalam mengambil keputusan kita harus benar-benar siap mempertimbangkan apapun resiko yang akan kita hadapi, kita harus mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya, apakah keputusan dapat menguntungkan sebelah pihak, akibatnya dapat merugikan pihak lain. Jadi, sekali lagi pentinnya musyawarah ini menjadi langkah bijak, bagaimana kita memutuskan masalah kehidupan. Kita harus tanamkan dalam diri untuk tidak egois terhadap pemikiran kita sendiri, karena kepentingan bersama adalah tujuan akhir dalam mencapai kesepakatan.

 

 

Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?

 

Tindakan yang saya ambil dalam memutuskan sesuatu adalah dengan berpegang pada prinsip mengutamakan kepentingan bersama, di atas kepentingan pribadi. Kita tidak boleh memiliki sikap egois terhadap keputusan yang kita buat, kita hendaknya menghormati juga pemikiran atau cara yang disampaikan oleh orang lain. Jika pendapat kita tidak sesuai dengan orang lain, hendaknya kita juga harus bisa besar hati untuk menghormatinya. Hal ini sangat penting dalam berorganisasi dimanapun kita berada. Musyawarah adalah menjadi cara bagi kita untuk membuat atau menyelesaikan masalah, untuk itu kekompakan dalam tim kerja inilah yang menjadi dasar bagi kita untuk kita maju bersama

 

 

 

 

 

 

 

4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.


Top of Form

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

Bottom of Form

 

Perkembangan jaman di era globalisasi pada revolusi industri 4.O dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Kita dapat mengetahui bahwa dunia juga semakin berkembang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia juga perlu untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri kita agar dapat terus bersaing. Kita harus ikut berkembang dan tidak mundur kebelakang. Beberapa contoh yang dapat kita lakukan agar dapat bersaing dan meraih keberhasilan dalam era yang semakin maju adalah;

Selalu ingin terus belajar. menuntut ilmu, dan terus berupaya untuk menambah pengetahuan. Berani mencoba hal baru yang positif serta membagi pengetahuan kita untuk orang lain. Tidak minder saat bertemu dengan orang yang lebih hebat, justru kita harus termotivasi agar kita dapat seperti itu. Sebagai penyemangat bagi diri kita untuk lebih maju. Kemampuan yang ada pada diri kita hendaknya kita kembangkan dengan baik, serta dapat menambah keahlian lain yang belum kita miliki. Berusaha untuk bersosialisasi terhadap semua orang, tidak menutup diri dan memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar perkembangan teknologi dan media sosial dimanapun dan kapanpun. Intinya kita harus berupaya memperoleh pengetahuan baru dan harus update perkembangan informasi baik nasional maupun dunia.

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

 

Cara yang saya lakukan untuk menyikapi masukan dan umpan balik dari seseorang adalah dengan meyakini bahwa setiap keputusan yang saya ambil tentu dapat menimbulkan dampak positif dan negatif, hal itu karena kita tidak akan bisa menyenangkan semua orang. Kita harus siap dikoreksi atau diberi umpan balik. Padahal mungin apa yang sudah kita perbuat secara maksimal tetapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebagian orang bahkan tidak suka dengan umpan balik, mereka adalah orang-orang yang anti kritik dan saran. Biasanya orang yang memiliki ego yang tinggi tidak mau meneria umpan balik, dia berpikir pendapatnya yang paling baik dan benar. Terkadang juga mereka malah mengeluh, mengoceh, bahkan menyebarkan hal yang tidak baik ke semua orang atas umpan balik yang mereka terima

Dalam menghadapi permasalahan ini, kita harus memiliki sikap yang terbuka, menerima pendapat, kritik dan saran dari sudut pandang yang berbeda dari semua orang. Banyak mereka yang berpikir kritis, justru dangat baik untuk perkembangan kita, bahkan baik untuk organisasi kita. Jika kita mendapatkan umpan balik yang mungkin tidak baik bagi kita, kita harus tetap berpikir positif, kita anggap semua itu motivasi agar lebih baik kedepannya dengan tidak putus asa, berani mencoba kembali, serta pantang menyerah.

 

4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.

Kelengkapan data esai

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

Perkembangan jaman di era globalisasi pada revolusi industri 4.O dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Kita dapat mengetahui bahwa dunia juga semakin berkembang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia juga perlu untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri kita agar dapat terus bersaing. Kita harus ikut berkembang dan tidak mundur kebelakang. Beberapa contoh yang dapat kita lakukan agar dapat bersaing dan meraih keberhasilan dalam era yang semakin maju adalah;

Selalu ingin terus belajar. menuntut ilmu, dan terus berupaya untuk menambah pengetahuan. Berani mencoba hal baru yang positif serta membagi pengetahuan kita untuk orang lain. Tidak minder saat bertemu dengan orang yang lebih hebat, justru kita harus termotivasi agar kita dapat seperti itu. Sebagai penyemangat bagi diri kita untuk lebih maju. Kemampuan yang ada pada diri kita hendaknya kita kembangkan dengan baik, serta dapat menambah keahlian lain yang belum kita miliki. Berusaha untuk bersosialisasi terhadap semua orang, tidak menutup diri dan memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar perkembangan teknologi dan media sosial dimanapun dan kapanpun. Intinya kita harus berupaya memperoleh pengetahuan baru dan harus update perkembangan informasi baik nasional maupun dunia.

 

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

Cara yang saya lakukan untuk menyikapi masukan dan umpan balik dari seseorang adalah dengan meyakini bahwa setiap keputusan yang saya ambil tentu dapat menimbulkan dampak positif dan negatif, hal itu karena kita tidak akan bisa menyenangkan semua orang. Kita harus siap dikoreksi atau diberi umpan balik. Padahal mungin apa yang sudah kita perbuat secara maksimal tetapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebagian orang bahkan tidak suka dengan umpan balik, mereka adalah orang-orang yang anti kritik dan saran. Biasanya orang yang memiliki ego yang tinggi tidak mau meneria umpan balik, dia berpikir pendapatnya yang paling baik dan benar. Terkadang juga mereka malah mengeluh, mengoceh, bahkan menyebarkan hal yang tidak baik ke semua orang atas umpan balik yang mereka terima

Dalam menghadapi permasalahan ini, kita harus memiliki sikap yang terbuka, menerima pendapat, kritik dan saran dari sudut pandang yang berbeda dari semua orang. Banyak mereka yang berpikir kritis, justru dangat baik untuk perkembangan kita, bahkan baik untuk organisasi kita. Jika kita mendapatkan umpan balik yang mungkin tidak baik bagi kita, kita harus tetap berpikir positif, kita anggap semua itu motivasi agar lebih baik kedepannya dengan tidak putus asa, berani mencoba kembali, serta pantang menyerah.

 

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Tugas mulia bagi seorang guru atau pengajar adalah melakukan managemen pembelajaran yang dapat membantu siswa menjapai hasil pembelajaran yang maksimal. Tetapi ada kalanya pengajar kurang memeperhatikan hal ini dan enggan membantu pelajar agar dapat mencapai hasil terbaik dalam proses pembelajarannya. Sehingga kondisi ini pun membawa pelajar pada pola belajar yang negatif seperti malas, sering bolos dan kehilangan hasrat untuk mengikuti pelajaran . Jadi yang harus dilakukan untuk menjadi pengajar yang baik ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar anak didiknya memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran yaitu

1. Menciptakan lingkungan kelas yang nyaman. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Misanya mendesain kelas semenarik mungkin dengan hiasan yang sesuai dengan karakter dan usia anak agar anak menjadi betah ketika masuk ke kelas.

2. Gunakan metode atau pendekatan yang menarik, misalnya menggunakan proyektor /LCD saat mengajar. Agar anak menjadi semangat dalam belajar di dalam kelas.

3. Selingi pembelajaran dengan yel-yel atau hiburan agar tidak jenuh dengan Ice breaking yang menarik saat pembelajaran mulai tidak menarik bagi siswa, agar semangat belajar siswa kembali.

4. Membentuk jejaring kelompok, membuat study kasus, atau esperimen dalam memecahkan masalah secara berkelompok.

5. Menjadi guru yang selalu memotivasi dan membantu siswanya dalam memahami materi belajar.

 

Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

Dari hasil pembelajaran yang saya lakukan seperti contoh di atas, bahwa penyiapan fisik lingkungan pembelajaran, metode atau pendekatan, ice breaking, serta strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran sangat efektif. Hal yang perlu diperhatikan jika jalannya pembelajaran itu dapat berjalan dengan lancar adalah kita harus membangun hubungan humanis terlebih dahulu kepada semua siswa, kita harus mengetahui latar belakang dan tipe belajar setiap siswa. Hal itu berpengaruh pada persiapan kita, terlebih dahulu. Kita harus mempersiapkan strategi pembelajaran dengan matang terlebih dahulu, jika kita ingin sukses dalam mengajar di kelas.

Dengan demikian proses pembelajaran berpengaruh pada semangat kita untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa agar siswa dapat memahami dan menyerap semua ilmu yang kita sampaikan kepadanya. Karena hasil pembelajaran yang baik akan meningkatakan semangat belajar dan prestasi siswa untuk mempersiapkan generasi emas anak Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.

 

Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?

Pada tahun 2018 sekolah kami memperoleh predikat sekolah Adiwiyata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Berdasarkan SK Pembentukan Tim Adiwiyata sekolah, saya ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai sekretaris. Dalam kaitanya pengalaman menghikuti bimbingan teknis penilaian di Provinsi kalimantan Tengah, waktu itu saya banyak memperoleh pengalaman dari tutor atau pemateri. Setelah mengikuti pelatihan itu, kami diamanatkan untuk mengimbaskan kepada rekan guru yang ada di sekolah dan mengaplikasikan program di sekolah. Selain itu, Kami diminta sebagai pemateri kepada rekan guru di sekolah lain, untuk mengimbaskan program sekolah adiwiyata ini. Hal yang menjadi motivasi untuk melakukan pengimbasan itu adalah agar pengetahuan yang kita miliki ini tidak berhenti kepada diri sendiri. Kita perlu membaginya kepada orang lain, serta saat kita memperoleh amanat, kita harus lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Pada tahun 2021. saya mengikuti pengembangan SIM PKB. Pada waktu itu, saya mengikuti pelatihan Guru belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum pada tanggal 4 -8 Januari 2022. Dalam pelatihan daring biimbingan teknis ini saya banyak memperoleh pengetahuan dan wawasan mengenai AKM. Dalam menyelesaikan tugas pelatihan ini, saya melakukan pengimbasan yang dilakukan di sekolah kepada rekan guru. Dalam pelaksanaan pengimbasan itu saya melakukan pelatihan kepada rekan guru dalam mengikuti program guru belajar dan diharapakan semua guru dapat mengikutinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.

Sebagai pendidik di sekolah tentunya memiliki peranan penting bagi siswa untuk membekali siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saya, tetapi siswa juga harus dan penting juga memiliki sikap yang nantinya akan menjadi bekal dalam masyarakat. Kata orang jawa Guru itu digugu dan ditiru, hal itu yang menjadi pedoman hidup dan prilaku kita setiap hari. Karakter atau prilaku kita akan dilihat dan ditiru oleh siswa kita, hal itu lah yang menjadi pokok pentingnya sikap yang harus kita ajarkan kepada siswa kita. Maka dari itu mengapa guru harus memiliki peran yang besar dalam pembentukan karekter murid. Berikut fokus pengembangan dalam diri saya sebagai seorang pendidik.

1. Menjadikan diri sendiri sebagai contoh

2. Menjadi sosok humanis bagi siswa

3. Tidak hanya mengajarkan akademis, tetapi nilai moral untuk siswa

4. Jujur pada diri sendiri dan terbuka pada kesalahan

Selain hal tersebut, saya juga harus mengembangkan keprofesian sebagai pendidik dengan cara selalu update ilmu mengikuti perkembangan jaman dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan baik daring maupun luring.

Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

Dukungan yang saya berikan yang pertama yaitu kepada siswa pada saat membimbing lomba pantomim misalnya. Pada saat latihan bersama saya selalu memotivasi dan memberikan semangat dengan cara menyampaikan kepada siswa bahwa prestasi yang ingin kita raih harus memiliki pengorbanan dan perjuangan tidak mudah. Diperlukan usaha dan latiahan terus menerus. Upaya yang saya lakukan misalanya, memberikan contoh untuk mereka untuk dijadikan acuan berlatih.

 Selain itu, beberapa kegiatan tidak dapat dipungkiri bahwa selalu membutuhkan dukungan baik materiil secara pendanaan. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memenuhi kegiatan tersebut. Untuk itu perlu adanya perhatian dari sekolah saat ingin mengikuti kegiatan. Untuk itu perlu komunikasi yang intensif dan perhatian dari pemangku kepentingan. Dengan komunikasi yang baik, akan selalu mendapatkan solusi yang baik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Menjaga semangat belajar maupun berlatih itu sangat penting dilakukan agar hasil yang kita inginkan dapat kita peroleh. Usaha dan doa itulah yang menjadi dasar bagi saya untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Upaya sederhana lainya misalnya memberikan perhatian yang serius dalam upaya menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.

Upaya-upaya yang direncanakan sebaiknya dilakukan secara serius dan harus konsisten, tidak boleh malas-malasan, tanggung jawab dan semangat dalam dalam pekerjaan yang kita lakukan. Hal itu nantinya akan berdampak pada hasil akhir yang tentunya menjadi dasar bagi kita untuk berkembang lebih baik kedepannnya.Bagaimana hasilnya?

Hasil yang saya peroleh dari semua upaya dan langkah-langkah yang saya lakukan sesuai uraian jawaban sebelumnya adalah dalam upaya meningkatakan mutu dan kwalitas kita sebagai seorang pendidik tentunya harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang mencakup skill dan kompetensi diri yang baik agar mendapat hasil yang maksimal.

Suksesnya suatu kegiatan itu tergantung pada perencanaan yang matang, sikap penuh tanggung jawab dan disiplin juga berpengaruh dalam suksesnya kegiatan.

Kekompakan dalam tim juga sangat berpengaruh dalam mencapai kesuksesai atau mencapai tujuan bersama. Jika dalam tim organisasu tidak kompak, terdapat gep atau masalah antar tim, maka hal itu juga dapat menghambat jalannya tujuan untuk mencapai prestasi dalam tim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar

"Pemilihan Umum: Pilar Demokrasi dalam Membentuk Masa Depan Bangsa"

Sinopsis naskah Zetan