07 Maret 2011

Retorika


A.    Kepribadian Pembicara
1)      Apa yang kamu ketahui dengan kepribadian pembicaraan dan jelaskan faktor-faktor yang membentuk kepribadian seseorang pembicara yang baik?
Jawab :
Kepribadian pembicara adalah unsur penting yang menentukan efektivitas komunikasi retoris. Dibawah ini di jelaskan faktor-faktor  yang turut membentuk kepribadian seseorang pembicara yang baik
a.       Seorang pembicara hendaknya memiliki dasar pendidikan yang cukup dan pengetahuan umum yang luas
b.      Ia memiliki rasa percaya diri dan kepastian
c.       Ia menyesuaikan cara berpakaian dengan tempat dan tingkat serta karakter pertemuan
d.      Ia jujur dan ikhlas dalam tutur kata dan tingkat laku
e.       Ia bersemangat dan mampu member semangat
2)      Sebutkan beberapa patokan untuk membina kepribadiaan seseorang
Jawab :
a.       Publik tidak akan memberikan kepercayaan kepada seseorang pembicara secara Cuma-Cuma. Dia sendiri harus memperolehnya lewat usaha yang keras.
b.      Rasa pasti seorang pembicara memberikan juga rasa pasti waktu penampilannya
c.       Tampillah secara meyakinkan, bukalah mulutmu, bicaralah dan berhentilah dengan segera.
d.      Siapa yang tergelincir karena tidak dapat menghancurkan dirinya sendiri

B.     Pembicara, Tempat dan Ruangan
1)      Mengapa tempat berpidato perlu ditinjau terlebih dahulu?
Jawab :
Karena situasi sekitar dan atmosfir adalah dua hal yang penting bagi pembicara, sebab, tempat berpidato harus sesuai dan nyaman untuk membuat rasa senang dengan sekitar, dan memberi rasa pasti dan ketenangan bagi pembicara nantinya
2)      Sebutkan 7 ketentuan yang perlu diperhatikan supaya bisa berhasil dalam membawakan pidato didalam ruangan besar?
Jawab :
a.       Sesuai diri dan suara anda dengan pendengar yang berdiri jauh
b.      Bicara dengan tempo yang lambat
c.       Perhatikan komponen-komponen tujuan
d.      Pengeras suara harus cukup baik
e.       Resonansi yang lebih besar
f.       Mengucapkan dengan jelas cukup kata terakhir juga bunyi dobel
g.      Bunyi segan diperkeras dan memperluas bunyi vokal

C.     Tujuan Pidato dan Analisis Pendengar
1)      Sebutkan 4 bidang analisis yang anda ketahui
Jawab :
1.      Harapan dan tujuan dari orang yang memberikan tugas untuk berpidato atau ceramah
2.      Harapan penceramah dan tujuan yang mau dicapainya
3.      Harapan dan keinginan / kebutuhan para pendengar sendiri
4.      Organisasi pada umumnya dan tempat membawakan ceramah / pidato
2)      Mengapa menganalisis situasi – situasi dan kebutuhan pendengar sangat diperlukan?
Jawab :
Karena agar nantinya tidak terjadi kesalahan – kesalahan yang tidak perlu. Sebab keberhasilan akan dinilai pertama-tama oleh pendengar sendiri. Apakah ceramah yang disampaikan pembicara mengena dihati mereka.


D.    Rasa Takut dan Cemas Sebelum Berpidato
1.      Sebutkan beberapa alasan yang menyebabkan orang merasa takut sebelum tampil?
Jawab :
a.       Takut ditertawakan
b.      Takut kalau tidak bisa dimengerti
c.       Takut mendapat kritik
d.      Takut karena tidak menguasai tema
e.       Takut membuat kesalahan
f.       Takut bahwa ceramah tidak lancer
g.      Takut bahwa ungkapannya jelek dan tidak jelas
h.      Takut berhenti di tengah pembicaraan bahwa karena kehilangan jalan pikiran
2.      Bagaimana sebaiknya nasehat-nasehat yang kita berikan kepada seseorang yang merasa takut dan cemas dalam berpidato?
Jawab :
·         Mulai sekarang, pergunakanlah segala kesempatan, baik dalam percakapan pribadi maupun dalam diskusi kelompok untuk berbicara atau mengemukakan pendapat
·         Untuk mengatasi rasa takut dan cemas sebelum berbicara, berusahalah dalam 5 menit pertama untuk berbicara. Dengan cara ini anda akan melihat bahwa rasa takut dan cemaskan rasa berkurang
                        Satu, ketentuan dasarilah yang penting, persiapan harus teliti mungkin dan sebaik mungkin tidak boleh tergesa-gesa dan dikejar oleh waktu, lainnya adalah “janganlah anda terlalu memikirkan penampilan anda tetapi pikirkan apa yang mau anda sampaikan kepada pendengar anda.”
E.     Membawakan Pidato
1.      Sebutkan dan jelaskan 3 kemungkinan dalam membawakan pidato?
Jawab :
a.       Pidato yang terikat pada teks
Berdasarkan cara ini, pidato dibawakan dengan membaca teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Bentuk ini hamper setiap hari dialami dalam siaran televisi
b.      Pidato tanpa teks
Ada orang (guru, dosen atau pemimpin) yang berbicara tanpa teks tanpa persiapan. Cara ini tidak dapat dianjurkan untuk semua orang. Sebab hampir tidak ada orang yang selalu berada dalam keadaan siap batin untuk dapat berbicara baik di depan suatu publikum.
c.       Pidato yang berdasarkan skema
Ini adalah jalan tengah dari kedua kemungkinan di atas. Menurut bentuk ini, pembicara mempergunakan skema atau berdasarkan kata-kata penting dari pidato, yang dicatat pada secarik ke atas.
2.      Sebutkan berbagai teknik pause yang kamu ketahui?
Jawab :
a.       Pause untuk bernafas dan mengurangi ketegangan
b.      Pause untuk berpikir dan membuat kontrol
c.       Pause untuk menjebak atau member sugesti
d.      Pause drama tangis
e.       Pause untuk mempertinggi efektivitas
f.       Pause berdasarkan disiplin
g.      Pause karena kehilangan jalan pikiran

F.      Analisis Kesalahan – Kesalahan Seorang Pembicara
1)      Apa saja poin – poin yang kamu ketahui dalam kesalahan dalam pembicaraan?
Jawab :
Kesalahan dalam berbicara
·         Terlalu banyak mengulang
·         Tempo bicara yang terlalu cepat
·         Mengkopi kebiasaan pembicaraan lain
·         Teknik bicara yang buruk (suara, tekanan, ritme dan lain-lain
·         Suara yang mononton tidak ada tinggi rendah
·         Bicara tidak jelas (artikulasi tidak jelas, menelan suku kata)
·         Terlalu banyak bunyi antara yang mengganggu, sebagai tanda bahwa orang tidak menguasai bahan. Misalnya: eh, a, e..
·         Kurang terampil mengatasi kesulitan bila kehilangan jalan pikiran
·         Terlalu sering menegur atau menyinggung seorang wanita di dalam ruangan. Meskipun hanya dialah satu-satunya wanita yang hadir
·         Tekanan yang salah atau buruk pada kata-kata
·         Penggunaan dan penerapan kata-kata asing yang salah
2)      Sebutkan kesalahan-kesalahan yang dapat dilakukan oleh orang dalam mengucapkan suatu pidato di depan umum
Jawab :
a.       Kesalahan dalam mengolah pidato
b.      Kesalahan organisatoris
c.       Kesalahan dalam penampilan dan sikap
d.      Kesalahan dalam berbicara
e.       Kesalahan dalam hubungan dengan pendengar
f.       Kesalahan dalam hubungan dengan teks / manuskrip
g.      Kesalahan dalam membawakan pidato
h.      Kekurangan – kekurangan pribadi

G.    Nasehat Bagi Para Pembicara
1.      Mengapa nasehat perlu diberikan bagi para pembicara
Jawab :
Karena agar pembicara merasa yakin, bahwa apa yang akan disampaikan nantinya akan berhasil dan membuat audien atau pendengar memahami apa yang disampaikannya.
2.      Sebutkan 5 saja nasehat yang kamu ketahui?
Jawab :
a.       Hati-hati jangan memarahi seseorang atau menelanjanginya di depan umum. Hal ini akan sukar dilupakannya!
b.      Panggillah dan tegurlah setiap peserta dengan namanya. Kalau tidak dikenal, maka gunakanlah rumusan terhormat untuk orang ketiga
c.       Sampaikan dan hubungi seorang pemimpin kelompok. Tempatkan dia ke dalam kelompok yang berpihak dengan anda
d.      Pergunakanlah sebanyak dan sesering mungkin teknik bertanya
e.       Pujilah setiap sumbangan yang diberikan oleh setiap peserta, karena hal itu akan sangat menyenangkan hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Suka Blog Anda

Postingan Unggulan

Memahami Makna Halal Bihalal (Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri)

Memahami Makna Halal Bihalal:  "Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri" Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl...