11 Januari 2024

Kelereng, Permainan Tradisional yang Tetap Melekat di Hati Anak-anak Indonesia

Kelereng, Permainan Tradisional yang Tetap Melekat di Hati Anak-anak Indonesia

Sumber Foto: JPN.com

Sumber Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

    Indonesia, negara yang kaya akan budaya dan tradisi, memiliki berbagai permainan tradisional yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Salah satu permainan yang telah dikenal sejak zaman dahulu dan masih tetap populer di kalangan anak-anak adalah permainan kelereng. Kelereng bukan hanya sekadar benda bulat yang digunakan dalam permainan, tetapi juga mewakili nilai-nilai sosial dan kebersamaan yang turun-temurun.


**Sejarah Kelereng di Indonesia:**

    Permainan kelereng telah ada di Indonesia sejak lama dan memiliki sejarah yang kaya. Kelereng yang terbuat dari berbagai jenis bahan seperti tanah liat, kaca, atau batu telah menjadi sarana hiburan bagi anak-anak di berbagai pelosok negeri. Seiring dengan perkembangan zaman, bahan pembuatan kelereng juga mengalami transformasi, namun esensi permainan ini tetap bertahan.


**Aturan Permainan:**

    Permainan kelereng umumnya dimainkan oleh dua atau lebih pemain. Setiap pemain memiliki sejumlah kelereng yang ditempatkan di tengah arena permainan yang biasanya berupa lingkaran atau persegi. Pemain secara bergiliran melempar kelerengnya dengan tujuan untuk menjatuhkan kelereng lawan. Jika berhasil, kelereng yang terjatuh menjadi milik pemain yang melemparnya.


Selain permainan pokok tersebut, terdapat berbagai variasi aturan yang berkembang di berbagai daerah. Beberapa daerah memiliki aturan khusus, seperti menggunakan lubang atau rintangan tertentu dalam arena permainan untuk menambah tingkat kesulitan.


**Nilai Sosial dan Pendidikan:**

    Permainan kelereng tidak hanya memberikan kesenangan dan hiburan, tetapi juga memiliki nilai-nilai sosial dan pendidikan. Permainan ini melibatkan interaksi antar pemain, membantu dalam pengembangan keterampilan sosial, seperti kerjasama, komunikasi, dan saling menghormati. Selain itu, permainan ini juga melatih keterampilan motorik halus dan kecerdasan spasial pada anak-anak.


**Pentingnya Melestarikan Permainan Tradisional:**

    Dalam era modern yang serba canggih, permainan kelereng tetap memiliki tempatnya di hati anak-anak Indonesia. Melestarikan permainan tradisional, termasuk kelereng, penting untuk mempertahankan identitas budaya dan memastikan bahwa generasi muda tetap terhubung dengan akar budaya mereka. Pemerintah, sekolah, dan masyarakat dapat berperan aktif dalam mempromosikan permainan kelereng sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia.


**Kesimpulan:**

    Permainan kelereng tidak hanya menyajikan kesenangan bagi anak-anak, tetapi juga membawa dalam dirinya sejuta makna dan nilai-nilai tradisional. Sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, permainan kelereng memiliki peran penting dalam membangun karakter anak-anak serta melestarikan kekayaan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Mari bersama-sama menjaga agar permainan kelereng terus hidup dan menjadi bagian tak terpisahkan dari masa kecil anak-anak Indonesia.


#artikel

#permainantradisional

10 Januari 2024

Kisah Sheikh Abdullah seorang guru ngaji

 


    Once upon a time in a small village nestled in the heart of a peaceful countryside, there lived a wise and compassionate guru ngaji named Sheikh Abdullah. He was known for his gentle demeanor, immense knowledge of the Quran, and his ability to inspire his students through his teachings.

    Sheikh Abdullah had dedicated his life to spreading the teachings of Islam and guiding others on the path of righteousness. Every morning, he would open the doors of his humble madrasah, where students of all ages would gather to seek his wisdom. He firmly believed that education was the key to a better society and a deeper connection with God.

    One day, a young boy named Ahmad, filled with curiosity and a thirst for knowledge, decided to join Sheikh Abdullah's madrasah. Although Ahmad came from a modest background, his parents had always emphasized the importance of education and instilled in him a love for learning.

    Under the guidance of Sheikh Abdullah, Ahmad began his journey of learning and self-discovery. The guru ngaji's method of teaching was captivating, as he would share inspiring stories and draw connections between the verses of the Quran and daily life experiences.

    Sheikh Abdullah would spend hours patiently explaining the intricacies of the Arabic language and the profound meanings of the Quranic verses. He emphasized the values of compassion, respect, and tolerance, teaching his students to live by these principles and spread kindness in their communities.

    As Ahmad continued to learn, he developed a deep admiration and respect for Sheikh Abdullah's teachings. The guru ngaji became not only his mentor but also a guiding light in his life. Ahmad's dedication and passion for learning grew stronger with each passing day, inspired by Sheikh Abdullah's unwavering commitment to his students.

    One day, a severe storm hit the village, causing widespread destruction and despair. Sheikh Abdullah saw this as an opportunity to teach his students a valuable lesson. He gathered them and led them to the affected areas. They worked tirelessly, providing aid, and supporting the villagers in rebuilding their lives.

    Through their actions, Sheikh Abdullah taught his students the importance of lending a helping hand, especially during difficult times. He believed that the true essence of Islam lay in practicing compassion and selflessness, and he constantly reinforced this message through his teachings.

    Years passed, and Ahmad grew into a young man known for his integrity, knowledge, and kindness. He decided to follow in Sheikh Abdullah's footsteps and become a guru ngaji himself. With the guru's blessings, Ahmad set off on a new journey to spread the teachings of Islam and inspire others, just as his beloved mentor had done for him.

    Ahmad's dedication to his craft and the wisdom he had acquired under Sheikh Abdullah's tutelage soon earned him recognition across the region. People from far and wide sought his guidance and were inspired by his teachings.

    In the hearts and minds of countless students, Sheikh Abdullah's legacy lived on. His teachings continued to shape the lives of those who learned from him, instilling in them the values of knowledge, compassion, and service to humanity.

    Thus, the story of Sheikh Abdullah, the revered guru ngaji, and his devoted student, Ahmad, exemplifies the profound impact a wise and compassionate teacher can have on the lives of his students and the society at large. Their story serves as a reminder of the power of education and the importance of passing on knowledge for the betterment of the world.



Terjemahan Bahasa Indonesia

Pada suatu ketika di sebuah desa kecil yang terletak di jantung pedesaan yang damai, hiduplah seorang guru ngaji yang bijaksana dan penuh kasih sayang bernama Syekh Abdullah. Dia dikenal karena sikapnya yang lembut, pengetahuannya yang luas tentang Al-Quran, dan kegigihannya

Syekh Abdullah telah mendedikasikan hidupnya untuk menyebarkan ajaran Islam dan membimbing orang lain di jalan kebenaran. Setiap pagi, beliau membuka pintu madrasahnya yang sederhana, tempat para siswa dari segala usia berkumpul untuk mencari hikmahnya. Ia sangat yakin bahwa pendidikan adalah kuncinya

Suatu hari, seorang anak muda bernama Ahmad, yang dipenuhi rasa ingin tahu dan haus akan ilmu, memutuskan untuk bergabung dengan madrasah Syekh Abdullah. Meski Ahmad berasal dari latar belakang sederhana, namun orang tuanya selalu menekankan pentingnya pendidikan dan menanamkan rasa cinta pada dirinya

Di bawah bimbingan Syekh Abdullah, Ahmad memulai perjalanan pembelajaran dan penemuan jati dirinya. Metode mengajar guru ngaji sangat menawan, karena ia berbagi kisah inspiratif dan menjalin koneksi

Syekh Abdullah menghabiskan waktu berjam-jam dengan sabar untuk menjelaskan seluk-beluk bahasa Arab dan makna mendalam dari ayat-ayat Alquran. Beliau menekankan nilai-nilai belas kasih, rasa hormat, dan toleransi, serta mengajarkan murid-muridnya untuk hidup berdasarkan prinsip-prinsip ini dan menyebarkan kebaikan

Saat Ahmad terus belajar, dia mengembangkan kekaguman dan rasa hormat yang mendalam terhadap ajaran Syekh Abdullah. Guru ngaji tidak hanya menjadi mentornya tetapi juga menjadi cahaya penuntun dalam hidupnya. Dedikasi dan semangat belajar Ahmad semakin kuat dari hari ke hari, terinspirasi oleh komitmen teguh Syekh Abdullah kepada murid-muridnya.

Suatu hari, badai hebat melanda desa tersebut, menyebabkan kehancuran dan keputusasaan yang meluas. Syekh Abdullah melihat ini sebagai kesempatan untuk memberikan pelajaran berharga kepada murid-muridnya. Dia mengumpulkan mereka dan membawa mereka ke daerah yang terkena dampak. Mereka bekerja tanpa kenal lelah, memberikan bantuan, dan mendukung penduduk desa dalam membangun kembali kehidupan mereka.

Melalui aksinya, Syekh Abdullah mengajarkan kepada murid-muridnya pentingnya memberikan bantuan, terutama di masa-masa sulit. Dia percaya bahwa esensi sejati Islam terletak pada praktik kasih sayang dan tidak mementingkan diri sendiri, dan dia terus-menerus memperkuatnya

Tahun-tahun berlalu, dan Ahmad tumbuh menjadi seorang pemuda yang terkenal karena integritas, pengetahuan, dan kebaikannya. Ia memutuskan untuk mengikuti jejak Syekh Abdullah dan menjadi guru ngaji. Dengan restu dari sang guru, Ahmad memulai perjalanan baru untuk menyebarkan ajaran Islam dan menginspirasi orang lain, seperti yang telah dilakukan oleh mentor tercintanya untuknya.

Dedikasi Ahmad terhadap keahliannya dan kebijaksanaan yang diperolehnya di bawah bimbingan Syekh Abdullah segera membuatnya mendapatkan pengakuan di seluruh wilayah. Orang-orang dari berbagai penjuru mencari bimbingannya dan terinspirasi olehnya

Di hati dan pikiran para pelajar yang tak terhitung jumlahnya, warisan Syekh Abdullah tetap hidup. Ajarannya terus membentuk kehidupan orang-orang yang belajar darinya, menanamkan dalam diri mereka

Oleh karena itu, kisah Syekh Abdullah, guru ngaji yang disegani, dan muridnya yang setia, Ahmad, memberikan contoh dampak mendalam yang dapat ditimbulkan oleh seorang guru yang bijaksana dan penuh kasih sayang terhadap kehidupan murid-muridnya dan masyarakat luas. Kisah mereka berfungsi sebagai pengingat akan kekuatan pendidikan dan pentingnya mewariskan pengetahuan.


#motivasidiri

#pewarispengetahuan

#ceritafiksi

Manfaat kulit bawang merah dan putih




Semoga bermanfaat...

Bawang sekaligus kulitnya (terutama bawang merah) memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral. Selain Sebagai bumbu masak dan memberikan manfaat pada manusia, dia juga bisa bermanfaat untuk tanaman lhoo...
Sebenarnya pada bawangnya kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi, namun karena bawangnya kita gunakan untuk memasak dan sekarang2 ini harganya lumayan mahal, agak sayang ya kalau bawangnya dipakai untuk pesnab atau pupuk. Jadi cukuplah kita memanfaatkan limbahnya untuk membantu berkebun. Jadi tidak ada yg dibuang dari bawang2an yg kita beli😁.
Habis ini gak usah buru2 beli bawang sekilo dan dikupasin yaa, nanti capekπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜….
Siapkan saja wadah kering didapur dan kumpulkan kulit bawangnya setiap hari, setelah beberapa hari bisa mulai percobaan.
*Pertama sebagai Pestisida nabati
karena mengandung acetogenin dan flavonoid yang bisa merusak sistem pencernaan serangga, sehingga serangga bisa keracunan. Caranya, masukkan kulit bawang ke wadah botol, isi air 3/4 botol dan diamkan beberapa hari (jangan lupa buka tutup botol untuk membuang gas). Setelah jadi tinggal saring dan semprotkan ke tanaman yg terserang hama. Ampasnya bisa masuk komposter atau diletakkan pot tanaman.
*Kedua sebagai pupuk alami
karena mengandung Hormon auksin, giberelin dan rhizokalin yang berguna sebagai ZPT (zat pengatur tumbuh). Nah kalau sebagai pesnab disemprotkan, kalau yang ini bisa digunakan untuk merendam stek batang sebelum ditancap ke media tanam (sebagai perangsang akar) atau bisa juga disiramkan ke media tanam tanaman kita, agar akar bisa menyerap zat2 dari larutan kulit bawang.
Mudah kann??? yuukkkk dicobaaa..πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Sumber: FB : Resep keluarga besar bahagia

#carahemat

28 September 2023

Sambutan Presiden RI di malam apresiasi Nusantara


    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sekalian yang saya hormati pertama-tama Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada seluruh masyarakat di sekitar Ibu Kota Nusantara yang telah memberikan dukungan penuh kepada pembangunan ibukota Nusantara kita yang kedua juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pekerja yang hadir pada malam hari ini yang telah bekerja siang malam saya tahu Siang Malam benar Untuk segera menyelesaikan mewujudkan ibukota kita Nusantara ini adalah pekerjaan besar pembangunan ini pekerjaan yang sangat besar dan kita harapkan tahun depan kita sudah bisa Upacara 17 Agustus upacara kemerdekaan di ibukota Nusantara.

    Bapak Ibu setuju Bapak Ibu setuju Bapak Ibu setuju tadi Oh kemarin sudah dilakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan hotel di sini hotelnya bintang 5 tadi pagi juga sudah dimulai peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit besar di ibukota Nusantara tadi pagi juga telah dimulai peletakan batu pertama untuk pembangunan Training Center Timnas Indonesia untuk sepak bola yang akan dibangun lapangan bola bayangkan 8 lapangan sepak bola besok masih ada lagi peletakan batu pertama pembangunan hotel lagi doa restu 

    Bapak Ibu seluruh masyarakat dan seluruh pekerja Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang terakhir mengenai penyerahan buku peta Jalan Indonesia emas yang diberikan oleh Bapak arzad ketua Kadin Indonesia kepada pemerintah ini akan kita pakai sebagai bahan dalam merencanakan peta jalan menuju Indonesia maju di tahun 2045.

    Indonesia emas di tahun 2045 nanti yang menikmati adalah yang muda-muda ini nih nih nih nih nih nih Siapa yang ingin sepeda [Tepuk tangan] saya saya tidak bawa sepeda Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan di malam hari ini sekali lagi paksa Terima kasih atas masukan terhadap peta Jalan Indonesia emas 2045 Semoga apa yang telah nanti kita rencanakan peta jalannya untuk menuju kepada Indonesia maju Indonesia emas 2045 Insya Allah betul-betul terwujud

Saya tutup terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

27 September 2023

Pemerintah secara resmi melarang praktik perdagangan online melalui platform media sosial "Tik Tok"


  


  Pemerintah secara resmi melarang praktik perdagangan online melalui platform media sosial, yang dikenal juga dengan istilah social commerce. Larangan ini diatur dalam revisi Permendag Nomor 50 tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang diterbitkan pada Selasa (26/9/2023). Kebijakan ini disusun karena perdagangan offline yang didominasi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan karena banyaknya Tiktok Shop yang membuat pedagang offline kehilangan pelanggan.

    Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menjelaskan bahwa media sosial hanya boleh digunakan sebagai sarana promosi barang dan jasa, tidak diperbolehkan untuk transaksi secara langsung atau pembayaran langsung. Larangan ini juga bertujuan untuk mencegah penggunaan data pribadi.

    Aturan yang ditetapkan ini akan disertai dengan sanksi yang akan diberlakukan bagi perusahaan media sosial yang tidak mematuhi peraturan tersebut. Hukuman yang paling berat adalah kemungkinan aplikasi media sosial tersebut akan ditutup.

    Namun, bukan hanya di Indonesia, beberapa negara lain juga melarang praktik perdagangan online melalui media sosial Tiktok. Beberapa negara tersebut khawatir akan keamanan Tiktok dan hubungannya dengan China. Negara-negara berikut ini telah menerapkan larangan sebagian atau seluruhnya terhadap aplikasi tersebut:

1. Afghanistan: Taliban melarang Tiktok di Afghanistan pada April 2022 dengan alasan bahwa kontennya "tidak sesuai dengan hukum Islam".

2. Australia: Pada tanggal 4 April, Australia melarang Tiktok dari semua perangkat milik pemerintah federal karena masalah keamanan. Departemen Kejaksaan Agung memperingatkan bahwa Tiktok menimbulkan risiko terhadap privasi dan keamanan karena pengumpulan data pengguna secara luas dan kemungkinan pengaruh yang tidak sah dari pemerintah asing yang bertentangan dengan hukum Australia.

3. Belgia: Pada tanggal 10 Maret, Belgia mengumumkan larangan Tiktok pada perangkat yang dimiliki atau dibayar oleh pemerintah federal Belgia selama setidaknya enam bulan. Larangan ini didasarkan pada kekhawatiran terhadap keamanan siber, privasi, dan penyebaran informasi yang salah. Pusat Keamanan Siber negara memberikan peringatan bahwa Tiktok dapat mengambil data pengguna dan memanipulasi algoritmen untuk mempengaruhi berita dan konten.

4. Kanada: Kanada mengumumkan pada 28 Februari bahwa mereka melarang Tiktok dari semua perangkat yang dikeluarkan pemerintah karena risiko privasi dan keamanan yang tidak dapat diterima.

5. Denmark: Pada tanggal 6 Maret, Kementerian Pertahanan Denmark melarang penggunaan Tiktok pada unit resmi sebagai tindakan keamanan siber. Badan intelijen luar negeri Denmark memberikan peringatan mengenai risiko spionase yang terkait dengan aplikasi tersebut.

6. India: Pada tahun 2020, India melarang Tiktok dan puluhan aplikasi China lainnya karena masalah privasi dan keamanan. Larangan tersebut diberlakukan setelah terjadi bentrokan antara pasukan India dan China di perbatasan Himalaya yang menewaskan tentara India.

7. Uni Eropa: Komisi Eropa dan Dewan Uni Eropa untuk sementara waktu melarang Tiktok dari telepon karyawan pada tanggal 23 Februari sebagai tindakan keamanan siber. Parlemen Eropa kemudian mengumumkan pemblokiran Tiktok dari semua telepon seluler yang dikeluarkan pemerintah pada tanggal 28 Februari. Hal ini menjadi awal mula larangan di berbagai negara di Eropa.

8. Austria: Pada tanggal 10 Mei 2023, Austria melarang Tiktok dari telepon kantor pegawai pemerintah. Meskipun diperbolehkan digunakan pada ponsel pribadi di luar jaringan negara.

9. Belanda: Para pejabat Belanda dianjurkan untuk tidak menggunakan Tiktok. Rekomendasi ini sejalan dengan kebijakan badan layanan pemerintah lainnya namun tidak diawasi secara ketat di Belanda.

10. Estonia: Pada akhir bulan Maret, Estonia melarang Tiktok pada ponsel pintar yang dikeluarkan oleh negara untuk pejabat publik.

11. Prancis: Pada tanggal 24 Maret 2023, pemerintah Prancis melarang pemasangan dan penggunaan aplikasi "rekreasi" seperti Tiktok, Netflix, dan Instagram di telepon kantor pegawai negeri. Larangan ini berlaku langsung dan tidak termasuk telepon pribadi pegawai negeri.

12. Selandia Baru: Pada tanggal 17 Maret 2023, Selandia Baru melarang Tiktok dari telepon anggota parlemen pemerintah. Larangan ini hanya berlaku untuk sekitar 500 orang di kompleks parlemen.

13. Norwegia: Pada tanggal 23 Maret, parlemen Norwegia melarang Tiktok dari perangkat kerja. Namun, pegawai negeri masih diperbolehkan menggunakan Tiktok pada perangkat yang tidak terhubung dengan jaringan pemerintah.

14. Somalia: Pada Agustus 2023, Somalia melarang Tiktok karena khawatir dengan konten terkait terorisme. Pemerintah menyatakan bahwa kelompok teroris menggunakan platform Tiktok dan Telegram untuk menyebarkan gambar dan informasi yang salah kepada publik.

15. Taiwan: Pemerintah Taiwan melarang penggunaan perangkat lunak buatan China, termasuk Tiktok, pada Desember 2022.

16. Britania Raya (Inggris): Para menteri di pemerintah Inggris dilarang menggunakan Tiktok pada ponsel dan perangkat kantor. Keputusan ini diambil setelah tinjauan dari Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris. Keputusan ini sejalan dengan pembatasan serupa yang telah dilakukan oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Komisi Eropa.

17. Amerika Serikat: Lebih dari separuh dari 50 negara bagian di Amerika Serikat telah melarang aplikasi Tiktok dari perangkat pemerintah. Meskipun upaya untuk melarang Tiktok beroperasi di Amerika Serikat telah diblokir di Senat pada 30 Maret. Namun, FBI dan Komisi Komunikasi Federal telah memperingatkan mengenai kemungkinan pembagian data pengguna Tiktok kepada pemerintah China yang otoriter. Ada juga kekhawatiran terkait dampak konten Tiktok terhadap kesehatan mental remaja.

    Dalam menghadapi larangan ini, sangat penting bagi pelaku usaha untuk mengadaptasi strategi dan mencari alternatif lain dalam melakukan perdagangan online. Kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk tetap bertahan dan bersaing di pasar digital yang semakin ketat.

"Halangan adalah Batu Loncatan Menuju Puncak Kesuksesan: Mengatasi Pembatasan Berdagang di Indonesia dan Pemblokiran TikTok di 17 Negara Lainnya"

    Kadang-kadang, dalam perjalanan menuju kesuksesan, kita dihadapkan dengan tantangan dan rintangan yang menghalangi langkah-langkah kita. Seperti saat ini, bisnis yang ingin berkembang di Indonesia menghadapi larangan berdagang di negara ini. Namun, mari kita pandang rintangan ini sebagai batu loncatan menuju puncak kesuksesan kita.

    Dalam sebuah perjalanan, kita akan menemui jalan yang bergelombang dan terjal, tetapi dengan kemauan yang kuat dan semangat yang berkobar, kita bisa mengatasi segala halangan. Dalam hal ini, memulai bisnis di Indonesia tidak bisa ditekuni seperti di negara-negara lain, tetapi itu tidak berarti kita harus menyerah begitu saja. Sebaliknya, kita harus menggunakan kreativitas dan kecerdasan untuk menemukan cara-cara inovatif yang memungkinkan bisnis kita berkembang di tengah pembatasan ini.

    Salah satu platform yang telah menjadi populer di seluruh dunia adalah TikTok. Namun, sayangnya, TikTok juga menghadapi masalah dengan pemblokiran di 17 negara. Meskipun terlihat seperti rintangan yang tidak bisa diatasi, percayalah bahwa di balik setiap tantangan ada peluang besar yang menanti kita.

    Dalam negeri atau internasional, bisnis yang sukses tidak terbatas oleh pembatasan yang ada. Mereka yang memiliki inspirasi dan semangat untuk terus berkembang akan tetap bisa meraih kesuksesan, meskipun dalam lingkungan yang tidak memihak. Saat ini, dunia digital menawarkan banyak peluang dan alat yang dapat kita manfaatkan untuk berkembang dan mencapai tujuan kita.

    Dalam menghadapi larangan berdagang di Indonesia atau pemblokiran TikTok di 17 negara lainnya, kita harus menggunakan kreativitas dan inovasi untuk menemukan cara-cara baru yang legal dan efektif untuk tetap menjalankan bisnis kita. Misalnya, kita bisa menggali potensi dari platform atau media sosial alternatif yang masih diizinkan dan populer di negara tersebut. Dengan menyesuaikan strategi pemasaran dan komunikasi kita dengan situasi pemblokiran yang ada, kita bisa tetap terkoneksi dengan pelanggan kita dan berhasil memperluas jangkauan pasar.

    Selain itu, penting untuk menggarisbawahi pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pemerintah dan komunitas di negara yang kita pilih. Dengan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat setempat dan mendukung inisiatif pemerintah, kita dapat memperoleh dukungan yang diperlukan untuk melawan larangan dan pemblokiran tersebut. Semangat kolaborasi dan kerjasama adalah kunci untuk mencapai keberhasilan.

    Tidak boleh lupa bahwa kesuksesan tidak hanya melulu tentang jumlah keuntungan yang kita dapatkan, tetapi juga bagaimana kita mempengaruhi dunia di sekitar kita dengan kegiatan yang kita lakukan. Oleh karena itu, mari gunakan bisnis kita sebagai sarana untuk menginspirasi dan memajukan masyarakat di negara-negara tempat kita beroperasi. Dengan memberdayakan dan memberikan peluang kepada orang-orang di sekitar, kita juga akan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih baik dan berkelanjutan.

    Jangan pernah menyerah di hadapan rintangan dan tantangan yang menghadang kita. Lihatlah tantangan sebagai batu loncatan dan peluang untuk tumbuh dan berkembang. Dalam menghadapi larangan berdagang di Indonesia dan pemblokiran TikTok di 17 negara lainnya, mari kita tidak membiarkan diri kita merasa putus asa. Mari kita bersama-sama menemukan jalan di tengah kebuntuan dan mencapai puncak kesuksesan yang kita impikan.

    Ingatlah, kesuksesan yang paling berharga adalah yang diraih dengan susah payah dan melalui perjuangan. Dalam mengatasi segala pembatasan dan rintangan, mari kita tetap memiliki inspirasi dan semangat dalam setiap langkah yang kita ambil. Jadilah pionir dan berani berinovasi, sehingga kita tidak hanya berhasil melewati rintangan ini, tetapi juga menjadi teladan dan sumber inspirasi bagi yang lain.

    Bersama-sama kita bisa menghadapi dan mengatasi segala pembatasan dan pemblokiran yang menghadang kita. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan pada potensi yang kita miliki. Jadikanlah setiap tantangan sebagai batu loncatan menuju puncak kesuksesan kita.


#tiktok

#laranganTikTok



07 September 2023

SEJARAH PERANG DIPONEGORO - PERANG TERBESAR DI TANAH JAWA

 SEJARAH PERANG DIPONEGORO - PERANG TERBESAR DI TANAH JAWA

 

https://www.tribunnewswiki.com/2019/08/01/pangeran-diponegoro

Hai Perang Jawa dengan Perang Diponegoro sebagai tokoh sentralnya merupakan pertempuran melelahkan melawan Belanda yang berlangsung selama lima tahun antara tahun 1825-1830 sebelum peristiwa dalam sejarah Indonesia ini terjadi terdapat penyebab dan kronologi begitu pula dengan dampak yang ditimbulkan setelahnya [Musik] meninggalnya pendiri Kesultanan ngayogyakarta Hadiningrat atau Kesultanan Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono 1 pada 24 Mar 1972 membuka peluang bangsa penjajah semakin menancapkan pengaruhnya di lingkungan

Kerajaan The Beatles RI dalam Origins of The Java World tahun 1976 mengungkapkan bahwa campur tangan bangsa asing menyebabkan terjadinya konflik di internal Keraton Yogyakarta pada 1811 Belanda memaksa Sultan Hamengkubuwono dua turun Tahta lalu Raja diberikan kepada Hamengkubuwono tiga sebagai Sultan Yogyakarta selanjutnya. Hai senyum [Musik] Pangeran Diponegoro merupakan pangeran dari Kesultanan Yogyakarta lahir tanggal 11 November 1973 museum ini adalah Raden Mas mustahar yang kemudian diganti menjadi

Radenmas antawirya seiring usia sesuai tradisi Kraton Raden Mas ontowiryo adalah putra dari Raden Mas Surabaya atau yang nantinya bertahta dengan gelar Sultan Hamengkubuwono Tiga sang ayah sebenarnya menginginkan radenmas antawirya menjadi putra mahkota Namun keinginan Sultan Hamengkubuwono tiga itu ditolak dengan halus lantaran ibunya bukan istri permaisuri Raja Raden Mas ontowiryo merasa tidak berhak Duduk di singgasana Yogyakarta meskipun Ia adalah anak lelaki tertua Selain itu ia juga tidak terlalu menyukai kehidupan mewah di dalam istana

Hai selalu Sultan Hamengkubuwono tiga wafat pada 1814 dan digantikan oleh Raden Mas Ibnu Jarot putra dari istri permaisuri saat itu Raden Mas Ibu Jarot atau yang kelak bergelar Sultan Hamengkubuwono 4 masih berusia 10 tahun pengaruh Belanda atas Creator semakin gua disaat istana sedang labil lantaran Sultan Hamengkubuwono 4 masih kecil muak atas situasi Itu Raden Mas antawirya memutuskan keluar dari Kraton dan kemudian tinggal di kediaman neneknya di wilayah Tegalrejo Yogyakarta dari sinilah perlawanan Raden Mas

Ontowiryo alias Pangeran Diponegoro terhadap Belanda bermula sagimun dalam buku Pahlawan Dipanegara berjuang tahun 1957 menjelaskan terdapat beberapa alasan mengapa Pangeran Diponegoro berusaha melawan hai pertama Belanda semakin mencampuri urusan internal Keraton Yogyakarta alasan kedua akibat pengaruh Belanda beban pajak yang ditanggung rakyat menjadi sangat berat dan alasan berikutnya rencana Belanda membangun jalan kereta api yang melewati kediaman neneknya membuat Pangeran Diponegoro mantap melakukan perlawanan

Anthony hendriks smissaert Residence Yogyakarta yang merupakan orang Belanda berniat membangun jalan kereta api rencana ini ditentang oleh Pangeran Diponegoro lantaran rel kereta api tersebut mengenai area kediaman neneknya di Tegalrejo Hai brand Jawa tak dapat dihindari dimulai pada 20 Juli 1872 angeran Diponegoro dan para pengikutnya menerapkan strategi gerilya untuk menghadapi Belanda yang jelas lebih unggul jumlah prajurit dan persenjataan Hai tubuh Pangeran Diponegoro bermarkas di pedalaman Goa Selarong suatu kawasan

Pegunungan di wilayah Pajangan Bantul yang terletak sekitar 26 km ke arah barat daya dari Keraton Yogyakarta. Beberapa tokoh pahlawan yang berandil besar membantu Pangeran Diponegoro antara lain Kyai Mojo dan alibasa Sentot prawirodirjo sedangkan pasukan Belanda dipimpin oleh Jenderal Hendrik merkus de Kock pasukan Diponegoro selalu bergerak masuk keluar hutan naik turun gunung dan menjelajahi banyak wilayah dari Yogyakarta Jawa Tengah sampai Jawa Timur le Hai strategi ini sangat merepotkan Belanda yang terpaksa mengeluarkan banyak biaya.

Untuk membiayai Perang Jawa dan mendatangkan pasukan bantuan Belanda terpaksa menarik pasukan yang sedang menghadapi pertempuran di Sumatera Barat yakni perang Padri yang digalang oleh para tokoh Minangkabau termasuk Tuanku Imam Bonjol untuk diperbantukan di Perang Jawa Hai dan kekuatan Belanda yang semakin bertambah membuat kubu Pangeran Diponegoro mulai terdesak satu demi satu pimpinan pasukan Diponegoro tetangga termasuk Kiai Mojo dan alibasa Sentot prawirodirjo Belanda menawarkan gencatan senjata Pangeran Diponegoro yang semula Kukuh

Akhirnya bersedia demi keselamatan pasukan dan pengikutnya Ia mau diajak berunding dengan syarat Keluarga dan para pengikutnya dibebaskan pada tanggal 28 Maret 1830 diadakan perundingan antara Pangeran Diponegoro dan Jenderal de Kock di Magelang Jawa Tengah rupanya ini taktik licik Belanda Pangeran Diponegoro yang tidak bersenjata justru ditangkap ditahannya Pangeran Diponegoro otomatis membuat Perang Jawa yang melelahkan dan telah berlangsung selama lima tahun itu tahun 1825-1830 berhenti Hai dikutip dari Sulawesi ailun

Crossroads of Indonesia tahun 1990 karya Tobi alis Hotman Pangeran Diponegoro kemudian diasingkan ke Manado kemudian dipindahkan ke Makassar hingga wafat pada tanggal 8 Januari 1855 Hai menurut naik Rivals dalam History of modern Indonesia since 2017 Android tahun 1981 secara keseluruhan dampak Perang Jawa telah merenggut 200.

Korban jiwa diantaranya 7000 orang dari pihak pribumi dan delapan ribu orang dari pasukan Belanda perang Jawa sangat mematikan bagi Belanda dan menguras banyak sumberdaya termasuk pasukan dan uang atau pendanaan yang menyebabkan pemerintah kolonial kala itu mengalami krisis keuangan.

 

Sumber: YouTube

https://www.youtube.com/watch?v=LQO4BWP-cXI

 

08 Agustus 2023

MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER BELAJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN

MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER BELAJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN

Transformasi di dunia Pendidikan telah mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman era digitalisasi teknologi terlebih pasca pandemi covid-19. Untuk menjawab perubahan tersebut, Pemerintah merancang sebuah kurikulum yang saat ini kita sebut Kurikulum Merdeka. Sesuai dengan isi Kepmendikbudristek No. 262 Tahun 2022, Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) yang isinya menjelaskan   Kehadiran kurikulum ini sebagai wujud upaya memperbaiki sistem Pendidikan di Indonesia dengan mengutamakan nilai-nilai  Pancasila dan kearifan lokal. 
Peserta Pembatik 2023, menurut Anda jika dalam sebuah kelas ada beraneka ragam karakter peserta didik maka mereka juga pasti memiliki beragam kebutuhan belajar. Kebutuhan belajar yang seperti apa dapat difasilitasi oleh guru dan bagaimana caranya?
Tomlinson (2001) menyampaikan bahwa kebutuhan belajar peserta didik, dibagi berdasarkan 3 aspek.  Ketiga aspek tersebut adalah:
  •  Kesiapan belajar (readiness) peserta didik
Kesiapan belajar yang dimaksud adalah kemampuan si peserta didik untuk memahami materi baru, apakah pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya cocok dengan pengetahuan yang akan diajarkan
  •  Minat peserta didik 
minat belajar adalah kemauan yang mengarahkan seseorang untuk merespons situasi atau objek tertentu sesuai dengan keinginannya. Minat belajar merupakan salah satu pendukung penting bagi peserta didik agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
  • Profil belajar peserta didik
Aspek profil belajar akan mengacu pada bagaimana cara individu untuk belajar paling baik sehingga mendapatkan kesempatan untuk belajar secara natural dan efisien. Ada beberapa faktor terkait profil belajar peserta didik yaitu preferensi terhadap lingkungan belajar, pengaruh budaya, preferensi gaya belajar (Auditori, Visual, Kinestetik) serta preferensi berdasarkan kecerdasan majemuk.

Oleh sebab itu, ada tiga jenis pilihan strategi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk ( Thomlinson 2001: 72-85).

Diferensiasi konten adalah cara guru memfasilitasi peserta didik untuk mencari sumber belajar sesuai dengan  materi ajar yang dipelajari. Langkah yang dapat  guru lakukan adalah  menyediakan konten- konten sumber belajar yang variatif seperti sumber belajar digital dari Platform Merdeka Mengajar. Untuk pemahaman lebih jelas terkait penerapan diferensiasi konten dalam pembelajaran, Bapak/Ibu silahkan link berikut : https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=87&video=5N6JATYPdzk
Diferensiasi proses adalah  bagaimana peserta didik  menggali informasi pada  materi ajar  yang dipelajari baik secara mandiri atau kelompok melalui kegiatan yang bertahap.  Kegiatan ini dapat diawali dengan memberikan pertanyaan pemantik, mengembangkan kegiatan bervariasi dan menggunakan pengelompokan yang fleksibel. Untuk pemahaman lebih jelas terkait penerapan diferensiasi proses dalam pembelajaran, Bapak/Ibu silahkan klik link berikut : https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=87&video=AB80RuCyPUw

Diferensiasi produk, yaitu berupa hasil akhir pembelajaran yang kita harapkan dari peserta didik, dengan memberikan tantangan atau keragaman variasi serta memilih produk apa yang diminatinya.  Untuk pemahaman lebih jelas terkait penerapan diferensiasi produk dalam pembelajaran, Bapak/Ibu silahkan klik link berikut:
https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=87&video=T-kQWFyaeww

Dari uraian ini, Prinsip pembelajaran terdiferensiasi dapat diterapkan oleh guru dengan melakukan pemetaan akan kebutuhan belajar murid. Guru harus mampu menganalisis kesiapan belajar peserta didiknya. salah satu caranya adalah dengan melaksanakan asesmen formatif awal. Asesmen ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal si peserta didik terkait topik/ mata pelajaran yang diajarkan. Bapak/Ibu peserta pembatik 2023, masih bingung dengan contoh asesmen awal itu bagaimana bentuk dan tahapan pelaksanaannya? Silahkan klik link berikut untuk melihat contoh asesmen awal:  https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=88&video=31XdQwTPR9k

Sumber : https://classroom.google.com/c/NjE3MjIyNjQ1NDM2/m/NjE3Mjc4MTgwOTMz/details