22 Desember 2022

Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Oleh: Eka Rahmady Hardianto, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 7. Kab. Seruyan. Prov. Kalimantan Tengah

Di tulisan ini saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-7. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). Untuk memudahkan memahaminya, 4F tersebut saya terjemahkan dalam bahasa pertanyaan, yakni 1) apa yang saya alami; 2) apa yang saya rasakan; 3) apa yang saya dapatkan; dan 4) apa yang akan saya lakukan. 

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.

1. Apa yang saya alami.

Saya mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri 

Saya mulai mempelajari modul 1.2. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat trapesium usia. Saya juga melakukan refleksi dengan menjelaskan isi dari trapesium usia yang sudah saya buat. Selain itu, saya juga memaparkan tentang peran saya sebagai guru penggerak. Tugas membuat diagram trapesium usia yang sudah saya buat dapat diakses melalui tautan berikut: Trapesium Usia.) Klik  Trapesium Usia

b. Eksplorasi Konsep

Di bagian eksplorasi konsep, saya mempelajari topik utama, yakni Nilai Kemanusiaan: Kebajikan Universal yang terdiri atas 3 subtopik materi, yakni:

1)         Bagaimana Manusia Tergerak

2)         Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak

3)         Bagaimana Menggerakkan Manusia: Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia

Di setiap sub topik tersebut ada tugasnya masing-masing. Disini saya diajak untuk menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan dari rekan dalam kelas ruang LMS.

c. Ruang Kolaborasi Modul 1.2 - Diskusi Mandiri Google Meet™ for Moodle

.Diruang kolaborasi ini kami bersama Fasilitator dan PP berdiskusi tentang nilai dan peran guru penggerak. Terima kasih didalam diskusi berjalan dengan baik dan lancar, banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan dari fasilitator maupun dari rekan CGP lainya.

Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Semua itu dilakukan secara daring atau memalui Gmeet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada Hari Senin, 14 November 2022 pukul 13.00 - 15.30 WIB. 

Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Selasa, 15 November 2022 pukul 13.00- 16.00 WIB. Klik Bahan Presentase kelompok

d.         Demonstrasi Kontekstual

Di bagian ini saya mendapatkan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa depan atau ketika sudah menjadi guru penggerak selama tiga tahun. Tugas demonstrasi kontekstual yang saya buat dapat diakses melalui tautan berikut: Demonstrasi Kontekstual

 

e.         Elaborasi Pemahaman

Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Setelah memaknai konsep dalam materi di modul 1.2 ini, pertanyaan yang masih muncul di benak saya adalah: 

1. Dari beberapa nilai guru penggerak, nilai apakah yang harus dikuatkan pertama kali agar bisa mendukung tumbuhnya nilai-nilai yang lainnya?

2. Bagaimana cara menyiasati jika seorang guru penggerak akan melakukan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan zamannya, tetapi terkendala masalah sarana dan prasarana?

3. Bagaimana cara yang tepat untuk menggerakkan komunitas praktisi yang sudah ada, tetapi mereka kurang mendukung terhadap pemikiran Merdeka Mengajar/Merdeka Belajar?

Saya juga melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada hari Jumat, 18 November 2022 pukul 15.30 - 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi. 

f.          Koneksi Antar-Materi

Bagian ini adalah pengaitan antarmateri yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1. Tugas di bagian ini adalah membuat refleksi dengan model 4C. Tugas saya di bagian ini saya tuangkan dalam blog dan dapat diakses melalui tautan berikut: Koneksi Antar-Materi

g.         Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.2. yang sudah saya terapkan secara nyata. Aksi nyata modul 1.2. yang sudah saya laksanakan bisa diakses melalui video link berikut: AKSI NYATA MODUL 1.2.

Selain melakukan kegiatan sesuai alur M-E-R-D-E-K-A, pada hari Rabu, 23 Nov 2022   Mulai Pukul 11.00 – 13.00 WIB saya juga mengikuti Pendampingan Individu (PI) bersama pengajar praktik kelompok saya, yakni Bapak Kristomos Silalahi. Adapun bahan yang disiapkan adalah

1.     Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan apa yang telah dilakukan sebagai capaian selama satu bulan tersebut

  1. Pengajar Praktik menanyakan tentang dukungan dari ekosistem sekolahnya
  2. Tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi

Lakukan diskusi terkait harapan, kekhawatiran, dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:

    1. Setelah melakukan pembelajaran daring selama 1 bulan bersama fasilitator, bagaimana harapan dan kekhawatiran Bapak/ Ibu saat ini? 

                                               i.     Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/ Ibu resahkan dan terjadi, atau belum/ tidak terjadi?

                                             ii.     Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan?

    1. Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran?
  1. PP melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2.

                                               i.     Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang dilakukan Bapak/Ibu di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar? 

                                             ii.     Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong Bapak/Ibu melakukan perubahan tersebut?

                                           iii.     Bagaimana respon peserta didik Bapak/Ibu atas perubahan yang dilakukan dan bagaimana Bapak/ Ibu melihat respon tersebut?

                                            iv.     Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?

                                             v.     Perubahan konkret yang telah dilakukan dalam kelas, apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi mingguan (aksi nyata modul 1.1)?

  1. CGP dan melaporkan hasil pendampingan aksi nyata modul 1.1 dan 1.2 ke dalam laporan pendapingan individu 1.
  2. Pembuatan kerangka portofolio

PP Melakukan pengechekan terkait Portofolio digital CGP

  1. Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

Lakukanlah diskusi dengan memberikan pertanyaan pematik berikut ini kepada CGP Anda.

    1. Kompetensi apa yang sudah baik? Jelaskan alasannya
    2. Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? Jelaskan alasannya
    3. Setelah Anda mengetahui umpan balik tersebut, apakah ada perubahan rencana Anda? Apa saja yang berubah?
      Berikan apresiasi dan umpan balik  terhadap laporan yang diberikan oleh CGP Anda
  1. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:
    1. Apa pembelajaran atau ide baru yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah sesi pendampingan ini?
    2. Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping/ pengajar praktik di pendampingan berikutnya?

 

2.       Apa yang Saya Rasakan?

Selama saya mempelajari Modul 1.2., saya merasakan perasaan yang semangat, bangga, senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat karena di modul 1.2. ini saya bisa mempelajari tentan nilai dan peran guru penggerak yang cukup mencerahkan bagi saya dan tentunya menambah semangat saya sebagai guru. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar bias aini. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi yang luar biasa dan mempermudah saya dalam memahami Modul 1.2. Saya juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah.

 

3.       Apa yang Saya Dapatkan

Di Modul 1.2. saya mendapatkan materi yang luar biasa mengenai nilai dan peran guru penggerak. Masing-masing ada 5 nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak di antaranya adalah berpihak kepada siswa, mandiri, kolaboratif, reflektif, dan inovatif. Sementara itu, peran guru penggerak adalah sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan siswa, dan menggerakkan komunitas praktisi. 

4.       Apa yang Akan Saya Lakukan?

Setelah memahami nilai dan peran guru penggerak di modul 1.2. ini saya akan menguatkan nilai-nilai guru penggerak yang saya miliki untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak. Semakin kuat nilai guru penggerak yang kita miliki maka akan semakin mendukung peran kita sebagai guru penggerak untuk mewujudkan ssiwa yang memiliki karakter sesuai profil pelajar Pancasila.  


PDF Link : https://drive.google.com/file/d/1jdIQ-zMJs5lBNkEjRLUPcn15pTVNsf6H/view?usp=share_link

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Suka Blog Anda

Postingan Unggulan

Memahami Makna Halal Bihalal (Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri)

Memahami Makna Halal Bihalal:  "Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri" Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl...