Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak
Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.2. Nilai dan Peran
Guru Penggerak
Oleh: Eka Rahmady Hardianto,
S.Pd.
Calon Guru Penggerak Angkatan 7.
Kab. Seruyan. Prov. Kalimantan Tengah
Di
tulisan ini saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman
saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-7. Jurnal refleksi ini
saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 1.2. Nilai dan Peran
Guru Penggerak. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact
(peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).
Untuk memudahkan memahaminya, 4F tersebut saya terjemahkan dalam bahasa
pertanyaan, yakni 1) apa yang saya alami; 2) apa yang saya rasakan; 3) apa yang
saya dapatkan; dan 4) apa yang akan saya lakukan.
Berikut
jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
1. Apa yang saya alami.
Saya
mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:
a.
Mulai dari Diri
b.
Eksplorasi Konsep
Di
bagian eksplorasi konsep, saya mempelajari topik utama, yakni Nilai
Kemanusiaan: Kebajikan Universal yang terdiri atas 3 subtopik materi, yakni:
1) Bagaimana Manusia Tergerak
2) Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak
3) Bagaimana Menggerakkan Manusia:
Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia
Di
setiap sub topik tersebut ada tugasnya masing-masing. Disini saya diajak untuk
menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan dari rekan dalam kelas ruang LMS.
c.
Ruang Kolaborasi Modul 1.2 - Diskusi Mandiri Google Meet™ for Moodle
.Diruang
kolaborasi ini kami bersama Fasilitator dan PP berdiskusi tentang nilai dan
peran guru penggerak. Terima kasih didalam diskusi berjalan dengan baik dan
lancar, banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan dari fasilitator maupun dari
rekan CGP lainya.
d. Demonstrasi Kontekstual
Di
bagian ini saya mendapatkan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru
penggerak di masa depan atau ketika sudah menjadi guru penggerak selama tiga
tahun. Tugas demonstrasi kontekstual yang saya buat dapat diakses melalui
tautan berikut: Demonstrasi
Kontekstual
e. Elaborasi Pemahaman
Di
bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan
pemahaman saya tentang isi modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Setelah
memaknai konsep dalam materi di modul 1.2 ini, pertanyaan yang masih muncul di
benak saya adalah:
1.
Dari beberapa nilai guru penggerak, nilai apakah yang harus dikuatkan pertama
kali agar bisa mendukung tumbuhnya nilai-nilai yang lainnya?
2.
Bagaimana cara menyiasati jika seorang guru penggerak akan melakukan
pembelajaran yang inovatif sesuai dengan zamannya, tetapi terkendala masalah
sarana dan prasarana?
3.
Bagaimana cara yang tepat untuk menggerakkan komunitas praktisi yang sudah ada,
tetapi mereka kurang mendukung terhadap pemikiran Merdeka Mengajar/Merdeka
Belajar?
Saya
juga melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada hari
Jumat, 18 November 2022 pukul 15.30 - 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan
elaborasi.
f. Koneksi Antar-Materi
Bagian
ini adalah pengaitan antarmateri yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1.
Tugas di bagian ini adalah membuat refleksi dengan model 4C. Tugas saya di
bagian ini saya tuangkan dalam blog dan dapat diakses melalui tautan
berikut: Koneksi Antar-Materi
g. Aksi Nyata
Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.2. yang sudah saya terapkan secara nyata. Aksi nyata modul 1.2. yang sudah saya laksanakan bisa diakses melalui video link berikut: AKSI NYATA MODUL 1.2.
Selain
melakukan kegiatan sesuai alur M-E-R-D-E-K-A, pada hari Rabu, 23 Nov 2022 Mulai Pukul 11.00 – 13.00 WIB saya juga
mengikuti Pendampingan Individu (PI) bersama pengajar praktik kelompok saya, yakni
Bapak Kristomos Silalahi. Adapun bahan yang disiapkan adalah
1. Pengajar Praktik
menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan
apa yang telah dilakukan sebagai capaian selama satu bulan tersebut
- Pengajar Praktik menanyakan tentang dukungan dari ekosistem
sekolahnya
- Tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi
Lakukan diskusi terkait harapan, kekhawatiran, dan dukungan yang
diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
- Setelah melakukan pembelajaran daring selama 1 bulan
bersama fasilitator, bagaimana harapan dan kekhawatiran Bapak/ Ibu saat
ini?
i. Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/
Ibu resahkan dan terjadi, atau belum/ tidak terjadi?
ii. Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud
setelah pembelajaran 1 bulan ini? Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan
untuk pembelajaran 1 bulan ke depan?
- Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah
dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran?
- PP melakukan diskusi dengan
CGP terkait modul 1.1 dan 1.2.
i. Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan
yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang dilakukan Bapak/Ibu di ruang
kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar?
ii. Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan
dari modul Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong
Bapak/Ibu melakukan perubahan tersebut?
iii. Bagaimana respon peserta didik Bapak/Ibu atas
perubahan yang dilakukan dan bagaimana Bapak/ Ibu melihat respon tersebut?
iv. Apa hal yang sudah baik dari perubahan
tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?
v. Perubahan konkret yang telah dilakukan dalam
kelas, apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi mingguan (aksi nyata modul
1.1)?
- CGP dan melaporkan hasil pendampingan aksi nyata modul
1.1 dan 1.2 ke dalam laporan pendapingan individu 1.
- Pembuatan kerangka portofolio
PP Melakukan
pengechekan terkait Portofolio digital CGP
- Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam
kompetensi guru penggerak
Lakukanlah diskusi dengan memberikan pertanyaan pematik berikut
ini kepada CGP Anda.
- Kompetensi apa yang sudah baik? Jelaskan alasannya
- Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? Jelaskan
alasannya
- Setelah Anda mengetahui umpan balik tersebut, apakah
ada perubahan rencana Anda? Apa saja yang berubah?
Berikan apresiasi dan umpan balik terhadap laporan yang diberikan oleh CGP Anda - Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat
ini:
- Apa pembelajaran atau ide baru yang Bapak/ Ibu
dapatkan setelah sesi pendampingan ini?
- Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari
pendamping/ pengajar praktik di pendampingan berikutnya?
2. Apa yang Saya
Rasakan?
Selama
saya mempelajari Modul 1.2., saya merasakan perasaan yang semangat, bangga,
senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat karena di modul 1.2. ini saya
bisa mempelajari tentan nilai dan peran guru penggerak yang cukup mencerahkan
bagi saya dan tentunya menambah semangat saya sebagai guru. Saya bangga karena
saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar bias aini.
Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat
presentasi yang luar biasa dan mempermudah saya dalam memahami Modul 1.2. Saya
juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya
sebagai guru di sekolah.
3. Apa yang Saya
Dapatkan
Di
Modul 1.2. saya mendapatkan materi yang luar biasa mengenai nilai dan peran
guru penggerak. Masing-masing ada 5 nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru
penggerak di antaranya adalah berpihak kepada siswa, mandiri, kolaboratif,
reflektif, dan inovatif. Sementara itu, peran guru penggerak adalah sebagai
pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi,
mewujudkan kepemimpinan siswa, dan menggerakkan komunitas praktisi.
4. Apa yang Akan
Saya Lakukan?
Setelah
memahami nilai dan peran guru penggerak di modul 1.2. ini saya akan menguatkan
nilai-nilai guru penggerak yang saya miliki untuk mendukung peran saya sebagai
guru penggerak. Semakin kuat nilai guru penggerak yang kita miliki maka akan
semakin mendukung peran kita sebagai guru penggerak untuk mewujudkan ssiwa yang
memiliki karakter sesuai profil pelajar Pancasila.
PDF Link : https://drive.google.com/file/d/1jdIQ-zMJs5lBNkEjRLUPcn15pTVNsf6H/view?usp=share_link
Komentar
Posting Komentar
Aku Suka Blog Anda