EVALUAIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
EVALUAIS
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
PENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Desen
: Prof. Petrus Poerwadi
Oleh
Nama : Eka Rahmady Hardianto
NIM : AAB 109083
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PALANGKA RAYA
2012
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP NUSA INDAH
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas /
Semester : VII /II
Standar
Kompetensi : Berbicara
1.
Menungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi
cerita
Kompetensi Dasar : 1.2
Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan dan
alasan menidolakannya denagn pilihan kata yang sesuai.
Indikator : (1). Mampu mengemukakan identitas tokoh
yang diidolakan.
(2).
Mampu menungkapkan keunggulan atau kelebihan tokoh yang diidolakan.
(3).
Mampu mengungkapkan alasan mengapa mengidolakan tokoh tersebut.
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa
mampu mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan, keunggulan atau kelebihan
serta alasanya mengapa mengidolakan tokoh tersebut sesuai dengan bahasa yang
sesuai.
B. Materi Pembelajaran
1. Identitas Tokoh
Nama lengkap : David Robert Josep Beckham
Nama panggilan: David Beckham
Hobi :
Bermain sepak bola
Sekolah :
Roger Morgan Soccer
School
Nama Club :
Manchaster United dan Real Mardid
2.
Keunggulan atau Kelebihan Tokoh
Pada
saat dia berumur 13 tahun Beckham telah ditarik oleh Manchaster United di tim
junior. Sejak musim 1995/1996 Beckham mendapat posisi mantap sebagai sayap
kanan tim inti Manchaster United. Pada tahun 2003 Beckaham bergabung dengan tim
sepak bola yang memiliki para pemain terbaik di dunia, Real Mardid.
3.
Alasan Mengidolakan Tokoh
Saya mengidolakan salah satu pemain sepak
bola dari Inggris yang bernama lengkap David Robert Josep Beckham atau akrab di
panggil dengan David Beckham karena dia seorang pemain bola yang hebat. Sejak
usia 13 tahun dia sudah ditarik oleh Manchaster United di tim junior dan dia
juga bergabung dengan tim sepak bola yang memiliki para pemain terbaik di
dunia.
4. Menceritakan Tokoh Idola
Saya
gemar sepak bola. Hampir setiap hari saya bermain sepak bola bersama
teman-teman. Saya juga suka menonoton pertandingan sepak bola. Menurut saya,
menonton pertandingan sepak bola itu sangat menyenangkan. Apalagi jika yang
bermain adalah pemain idola.
Saya
mengidolakan salah satu pemain sepak bola dari Inggris. Nama lengkapnyaDavid
Robert Josep Beckham atau akrab di panggil dengan David Beckham. Pada masa
kecilnya David Beckham mempunyai hobi bermain sepak bola bersama ayahnya. Saat
SD Beckham bergabung dengan tim sekolahnya. Untuk menyalurkan kegemarannya itu,
oleh orang tuanya dia dimasukkan ke sekolah sepak bola Roger Morgan Soccer
School. Karena bakatnya, sejak usia 13 tahun Beckham telah ditarik oleh
Manchaster United di tim junior. Sejak musim 1995/1996 Beckham mendapat posisi
mantapsebagai sayap kanan tim inti Mancheter United.
Beckham
bergabung dengan Manchester United selama 13 tahun. Pada tahun 2003 Beckham
bergabung dengan tim sepak bola yang memiliki para pemain terbaik di dunia,
Real Mardid. Beckham bergabung dengan Real mardid hingga sekarang.
C. Metode
Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Refleksi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
- Guru menyapa siswa.
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan SK, KD dan Indikator yang ingin dicapai.
- Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya.
2. Kegiatan inti
a. Guru memberi contoh membacakan tentang
tokoh idola yang ada dalam buku paket.
b. Guru
bertanya jawab tentang tokoh-tokoh terkenal.
c. Guru membentuk siswa dalam 4-6 kelompok
d. Guru memberikan wacana tentang
tokoh idola yang berbeda dalam setiap kelompok dan mempelajarinya bagian sub-sub
materi tentang keunggulan atau kelebihan tokoh dalam wacana yang dibagikan.
e. Setiap perwakilan dari kelompok asal
bertemu dalam kelompok ahli (tim ahli)
f. Setelah berdiskusi dalam kelompok ahli,
selanjutnya tim ahli menjelaskan apa yang telah dibahas tersebut kepada kelompok
asal dan anggota mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
g. Kelompok ahli kembali
menjelaskan hasil diskusi tersebut di depan kelas dalam setiap kelompoknya.
h. Guru dan murid mengambil kesimpulan
tentang materi yang dibahas.
3. Kegiatan akhir
a. Siswa dan guru melakukan
refleksi tentang materi yang baeu saja dibahas.
b. siswa mendapatkan tugas untuk
mencari artikel di majalah,koran atau surat kabar tentang tokoh idolanya.
E. Sumber Bahan
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
1: untuk SMP/MTs kelas VII/Maryati, Sutopo Penerbit: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Hal: 78-80
F. Penilaian
a. Teknik : Diskusi
Kelompok
b.
Soal Penugasan :
Carilah
tokoh yang kamu idolakan kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Sebutkan
Identitas tokoh dalam bacaan tersebut!
Pedoman Penskoran
Kegiatan
|
Skor
|
1.
Siswa
mampu menentukan identitas tokoh dengan tepat
2.
Siswa
kurang mampu menentukan identitas tokoh
3.
Siswa
tidak mampu dalam menentukan identitas tokoh
|
2
1
|
2. Sebutkan
keunggulan tokoh yang kamu idolakan!
Kegiatan
|
Skor
|
4.
Siswa
mampu menentukan keunggulan tokoh dengan tepat
5.
Siswa
kurang mampu menentukan keunggulan tokoh dengan tepat
6.
Siswa
tidak mampu dalam menentukan keunggualan tokoh dengan tepat
|
3
2
1
|
3.
Sebtutkan
alasan mengapa kamu mengidolakan tokoh tersebut!
Kegiatan
|
Skor
|
4.
Siswa
mampu menyamapikan alasan dengan tepat
5.
Siswa
kurang mampu menyampaikan alasan dengan tepat
6.
Siswa
tidak mampu menyampaikan alasan dengan tepat
|
3
2
1
|
4. Ceritakanlah tentang tokoh idolamu di depan kelas.
Kegiatan
|
Skor
|
7.
Siswa mampu bercerita sesuai dengan bahasa dan
pilihan kata yang tepat
8.
Siswa kurang mampu bercerita sesuai dengan
bahasa dan pilihan kata yang tepat
9.
Siswa tidak mampu bercerita sesuai dengan
bahasa dan pilihan kata yang tepat
|
3
2
1
|
Skor maksimal:11
Nomor 1: 2
Nomor 2: 3
Nomor 3: 3
Nomor 4: 3
Perhitungan nilai
akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir =
KRITERIA
KETUNTASAN BELAJAR
(KKM)
Kompleksitas :
Tinggi : 1
Sedang : 2
Rendah : 3
Daya dukung :
Tinggi : 3
Sedang : 2
Rendah : 1
Intake :
Tinggi : 3
Sedang : 2
Rendah : 1
KKM : (A+B+C) X 100
9
: (2+3+2) X 100
9
:
77,7 : 78