EVALUAIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


EVALUAIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
PENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Desen : Prof. Petrus Poerwadi



















Oleh
Nama   : Eka Rahmady Hardianto     
NIM    : AAB 109083





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
2012













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                                     :     SMP NUSA INDAH
Mata Pelajaran                       :     Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester                   :     VII /II
Standar Kompetensi            :     Berbicara
                                                            1. Menungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita
 Kompetensi Dasar               :     1.2 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan dan alasan menidolakannya denagn pilihan kata yang sesuai.
Indikator                                   :     (1). Mampu mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan.
                                                            (2). Mampu menungkapkan keunggulan atau kelebihan tokoh yang diidolakan.
                                                            (3). Mampu mengungkapkan alasan mengapa mengidolakan tokoh tersebut.
Alokasi Waktu                         :     2 X 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan, keunggulan atau kelebihan serta alasanya mengapa mengidolakan tokoh tersebut sesuai dengan bahasa yang sesuai.
B. Materi Pembelajaran
     1. Identitas Tokoh
         Nama lengkap       : David Robert Josep Beckham
         Nama panggilan: David Beckham
         Hobi                           : Bermain sepak bola
         Sekolah                    : Roger Morgan Soccer School
         Nama Club              : Manchaster United dan Real Mardid
                                             2. Keunggulan atau Kelebihan Tokoh
                                             Pada saat dia berumur 13 tahun Beckham telah ditarik oleh Manchaster United di tim junior. Sejak musim 1995/1996 Beckham mendapat posisi mantap sebagai sayap kanan tim inti Manchaster United. Pada tahun 2003 Beckaham bergabung dengan tim sepak bola yang memiliki para pemain terbaik di dunia, Real Mardid.
                                             3. Alasan Mengidolakan Tokoh
     Saya mengidolakan salah satu pemain sepak bola dari Inggris yang bernama lengkap David Robert Josep Beckham atau akrab di panggil dengan David Beckham karena dia seorang pemain bola yang hebat. Sejak usia 13 tahun dia sudah ditarik oleh Manchaster United di tim junior dan dia juga bergabung dengan tim sepak bola yang memiliki para pemain terbaik di dunia.
                                             4. Menceritakan Tokoh  Idola
                                             Saya gemar sepak bola. Hampir setiap hari saya bermain sepak bola bersama teman-teman. Saya juga suka menonoton pertandingan sepak bola. Menurut saya, menonton pertandingan sepak bola itu sangat menyenangkan. Apalagi jika yang bermain adalah pemain idola.
                                             Saya mengidolakan salah satu pemain sepak bola dari Inggris. Nama lengkapnyaDavid Robert Josep Beckham atau akrab di panggil dengan David Beckham. Pada masa kecilnya David Beckham mempunyai hobi bermain sepak bola bersama ayahnya. Saat SD Beckham bergabung dengan tim sekolahnya. Untuk menyalurkan kegemarannya itu, oleh orang tuanya dia dimasukkan ke sekolah sepak bola Roger Morgan Soccer School. Karena bakatnya, sejak usia 13 tahun Beckham telah ditarik oleh Manchaster United di tim junior. Sejak musim 1995/1996 Beckham mendapat posisi mantapsebagai sayap kanan tim inti Mancheter United.
                                             Beckham bergabung dengan Manchester United selama 13 tahun. Pada tahun 2003 Beckham bergabung dengan tim sepak bola yang memiliki para pemain terbaik di dunia, Real Mardid. Beckham bergabung dengan Real mardid hingga sekarang.  
C. Metode Pembelajaran
     a. Tanya jawab
     b. Refleksi

D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
    1. Guru menyapa siswa.
    2. Guru mengecek kehadiran siswa.
    3. Guru menyampaikan SK, KD dan Indikator yang ingin dicapai.
    4. Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya.
                  
                     2. Kegiatan inti
     a. Guru memberi contoh membacakan tentang tokoh idola yang ada dalam buku paket.
     b. Guru bertanya jawab tentang tokoh-tokoh terkenal.
     c. Guru membentuk siswa dalam 4-6 kelompok
     d. Guru memberikan wacana tentang tokoh idola yang berbeda dalam setiap kelompok dan mempelajarinya bagian sub-sub materi tentang keunggulan atau kelebihan tokoh dalam wacana yang dibagikan.
     e. Setiap perwakilan dari kelompok asal bertemu dalam kelompok ahli (tim ahli)
     f.  Setelah berdiskusi dalam kelompok ahli, selanjutnya tim ahli menjelaskan apa yang telah dibahas tersebut kepada kelompok asal dan anggota mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
     g. Kelompok ahli kembali menjelaskan hasil diskusi tersebut di depan kelas dalam setiap kelompoknya.
     h. Guru dan murid mengambil kesimpulan tentang materi yang dibahas.
    
3. Kegiatan akhir
     a. Siswa dan guru melakukan refleksi tentang materi yang baeu saja dibahas.
     b. siswa mendapatkan tugas untuk mencari artikel di majalah,koran atau surat kabar tentang tokoh idolanya.
E. Sumber Bahan
     Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 1: untuk SMP/MTs kelas VII/Maryati, Sutopo Penerbit: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Hal: 78-80
F. Penilaian
     a. Teknik                           :    Diskusi Kelompok
     b. Soal Penugasan         :
           Carilah tokoh yang kamu idolakan kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.      Sebutkan Identitas tokoh dalam bacaan tersebut!
Pedoman Penskoran
Kegiatan
Skor
1.       Siswa mampu menentukan identitas tokoh dengan tepat
2.       Siswa kurang mampu menentukan identitas tokoh
3.       Siswa tidak mampu dalam menentukan identitas tokoh
2

1


2. Sebutkan keunggulan tokoh yang kamu idolakan!

Kegiatan
Skor
4.       Siswa mampu menentukan keunggulan tokoh dengan tepat
5.       Siswa kurang mampu menentukan keunggulan tokoh dengan tepat
6.       Siswa tidak mampu dalam menentukan keunggualan tokoh dengan tepat
3
2



1

3.       Sebtutkan alasan mengapa kamu mengidolakan tokoh tersebut!


Kegiatan
Skor
4.   Siswa mampu menyamapikan alasan dengan tepat
5.   Siswa kurang mampu menyampaikan alasan dengan tepat
6.   Siswa tidak mampu menyampaikan alasan dengan tepat
3
2

      1

4. Ceritakanlah tentang tokoh idolamu di depan kelas.

Kegiatan
Skor
7.   Siswa mampu bercerita sesuai dengan bahasa dan pilihan kata yang tepat
8.   Siswa kurang mampu bercerita sesuai dengan bahasa dan pilihan kata yang tepat
9.   Siswa tidak mampu bercerita sesuai dengan bahasa dan pilihan kata yang tepat
3
2




     1
 Skor maksimal:11
Nomor 1: 2
Nomor 2: 3
Nomor 3: 3
Nomor 4: 3
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
           Nilai akhir =

 

                                     KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR
                                                             (KKM)

       Kompleksitas : Tinggi  : 1
                                Sedang : 2
                                Rendah : 3

       Daya dukung : Tinggi   : 3
                                Sedang  : 2
                                Rendah : 1

       Intake            :  Tinggi  : 3
                                Sedang : 2
                                Rendah : 1


        KKM : (A+B+C) X 100
                          9
                   : (2+3+2) X 100
                          9
                   : 77,7 : 78
       


Postingan populer dari blog ini

Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar

"Pemilihan Umum: Pilar Demokrasi dalam Membentuk Masa Depan Bangsa"

Sinopsis naskah Zetan