Postingan

Koneksi Antar Materi Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Gambar
Kesimpulan dan Refleksi Koneksi antar materi adalah penguasaan pemahaman calon guru penggerak (CGP) terhadap materi yang telah dipelajari dengan mengaitkan materi awal sampai dengan materi yang terakhir. Penyampaian keterkaitan materi itu menandakan sejauh mana penguasaan dan pemahaman terhadap materi tersebut. CGP menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media. Konsep Coaching secara Umum: Coaching didefinisikan sebagai sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee (Grant, 1999). Coaching sebagai kunci pembuka potensi seseorang untuk untuk memaksimalkan kinerjanya (Whitmore, 2003). Coaching sebagai “…bentuk kemitraan bersama klien (coachee) untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional yan

Kata Baku dan Tidak Baku

           DALAM percakapan sehari-hari, kita sering menggunakan kata baku dan kata tidak baku. Penggunaan kata baku harus sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia.Kata baku adalah kata yang penggunaannya sudah sesuai ejaan dan aturan pedoman bahasa Indoneisa yang baik dan benar. Ini bersumber kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata baku yang digunakan harus sesuai dengan EYD atau Ejaan yang Disempurnakan. Biasanya kata baku digunakan dalam kegiatan atau hal-hal yang resmi, seperti dalam bentuk surat maupun naskah pidato.Kata tidak baku adalah kata yang penulisannya tidak sesuai pedoman Bahasa Indonesia.  Kata tidak baku biasanya digunakan pada kalimat-kalimat dalam percakapan sehari-hari karena terkesan santai dan tidak kaku. Ciri-ciri kata baku 1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah tertentu.  2. Tidak dipengaruhi bahasa asing.  3. Bukan bahasa percakapan.  4. Pemakaian imbuhan pada kata bersifat eksplisit.  5. Pemakaian kata sesuai dengan ko

Gerhana Matahari Total di Bulan Ramadhan Tahun 2023

Gambar
Gerhana Matahari Terjadi pada Bulan Ramadan Tahun Ini, Catat Tanggal dan Waktunya MALANG, Tim Astrofotografi Universitas Brawijaya (UB) memperkirakan bulan Ramadan tahun ini akan terjadi gerhana matahari. Sebab terjadi konjungsi matahari dan bulan menjelang 1 Syawal 1444, dari penelitian yang dilakukan tim Astrofotografi UB yang terdiri Eka Maulana, Waru Djuriatno, M Aswin, A A Razak, dan beberapa Pranata Laboratorium Fakultas Teknik. Menurut Eka Maulana, gerhana matahari total dapat diamati di Indonesia bagian timur hingga tengah. Sedangkan gerhana matahari parsial (sebagian) dapat diamati dari Indonesia bagian tengah hingga bagian barat. "Fenomena gerhana matahari diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 April 2023," kata Eka Maulana, dikonfirmasi pada Rabu pagi (22/3/2023). Nantinya masyarakat yang berada pada daerah Indonesia bagian barat khususnya di Kota Malang, dikatakan Eka dapat menyaksikan gerhana matahari parsial pada 20 April 2023 mulai pukul 9.28 WIB hingga puk

Laporan Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif di Sekolah

Gambar
LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.4 EKA RAHMADY HARDIANTO. CGP ANGKATAN 7. KAB.SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Fasiliatator : Yogyantoro Pendamping :  Kristomos Ebenezer Silalahi JUDUL AKSI NYATA “  Diseminasi Pemahaman dan Pengalaman  Penerapan Budaya Positif ” A. LATAR BELAKANG Budaya Positif di sekolah sangatlah penting untuk mengembangkan peserta didik yang memiliki karakter kuat, sesuai profil pelajar pancasila yang dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan di Indonesia. Untuk membangun budaya positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman agar peserta didik mampu berfikir, bertindak, dan mencipta secara merdeka, mandiri, dan bertanggungjawab. Kesadaran akan penerapan disiplin diri siswa belum berdasarkan motivasi internal, posisi kontrol gurupun belum sampai pada tahap manajer melainkan sebagai penghukum dan pembuat siswa merasa bersalah Sebagai pendidik, tujuan kita adalah menciptakan siswa-siswa yang memiliki disiplin diri sehingga mereka bisa berper

Pengertian 3 sisi dari Segitiga Restitusi.

Gambar
  3 sisi dari Segitiga Restitusi.   Proses tiga tahapan tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip utama dari Teori Kontrol, yaitu: Langkah Teori Kontrol   1 Menstabilkan Identitas Stabilize the Identity Kita semua akan melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan 2 Validasi Tindakan yang Salah Validate the Misbehaviour Semua perilaku memiliki alasan 3 Menanyakan Keyakinan Seek the Belief Kita semua memiliki motivasi internal Ketiga strategi tersebut direpresentasikan dalam 3 sisi segitiga restitusi. Langkahlangkah tersebut tidak harus dilakukan satu persatu secara kaku. Banyak guru yang sudah menggunakannya dalam berbagai versi menurut gaya mereka masing-masing bahkan tanpa mengetahui tentang teori restitusi   1. Menstabilkan Identitas ( Stabilize the Identity) Bagian dasar dari segitiga bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang ya