Laporan Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif di Sekolah
LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.4 EKA RAHMADY HARDIANTO. CGP ANGKATAN 7. KAB.SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Fasiliatator : Yogyantoro Pendamping : Kristomos Ebenezer Silalahi JUDUL AKSI NYATA “ Diseminasi Pemahaman dan Pengalaman Penerapan Budaya Positif ” A. LATAR BELAKANG Budaya Positif di sekolah sangatlah penting untuk mengembangkan peserta didik yang memiliki karakter kuat, sesuai profil pelajar pancasila yang dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan di Indonesia. Untuk membangun budaya positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman agar peserta didik mampu berfikir, bertindak, dan mencipta secara merdeka, mandiri, dan bertanggungjawab. Kesadaran akan penerapan disiplin diri siswa belum berdasarkan motivasi internal, posisi kontrol gurupun belum sampai pada tahap manajer melainkan sebagai penghukum dan pembuat siswa merasa bersalah Sebagai pendidik, tujuan kita adalah menciptakan siswa-siswa yang memiliki disiplin diri sehingga mereka bisa berper