Postingan

KATA PENGANTAR Puji Syukur kita Panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Atas Berkat dan Rahmat-Nyalah Saya dapat manyusun makalah mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Makalah ini merupakan tugas individu yang wajib dibuat oleh setiap mahasiswa, yang diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah. Semoga dengan di susunya makalah saya ini, dapat memberi pengetahuan atau wawasan kita. Tentang menganalisis mata kuliah yang ditawarakan dalam pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Saya meyadari makalah yang di susun ini, jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat saya harapkan agar dapat menjadi lebih baik nantinya. Palangkaraya,........April 2011 Penyusun Eka Rahmady Hardianto DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR 1 DAFTAR ISI 2 BAB I PENDAHULUAN 3 A. Latar belakang 3 B. Tujuan pembahasan 3 BAB II PEMBAHASAN 4 A. Kurikulum PBSI……………………………………………... 4 B. Tabel Kurikulum Mata Kuliah 5 C. Hasil Analisis SWOT 8 BAB III PENUTUP 10 A. Simpulan 10 B. Daftar Pustaka………………………………………………... 10 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dibuka sejak tahun 1984 dengan Diploma II dan III, di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangkaraya. Selanjutnya, pada tanggal 10 Mei 1993, Dirjen Dikti Depdikbud meresmikan pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan analisis kebutuhan guru sekolah menengah di Provinsi Kalimantan Tengah, sejak tahun 1993/1994 program studi ini tidak lagi menerima mahasiswa jenjang diploma dan mulai menerima mahasiswa jenjang S-1. Lima tahun terakhir ini, perkembangan Program Studi PBSI praktis mengalami kemandekan. Hal itu ditunjukkan dengan fenomena berikut ini: (1) Kurikulum masih didasarkan pada kurikulum tahun 1994 yang hanya direvisi sedikit saja, dan sekarang sedang diusahakan dengan kurikulum 2004, selanjutnya 2006; (2) pada tahun 2001 peringkat kreditasi masih tetap C, pada tahun 2008 naik menjadi B; (3) tingkat pendidikan staf pengajar masih dominan S-1, hanya bertambah satu orang berpendidikan S-3 pada tahun 2005, dan dua orang S-2 pada tahun 2007, lima orang staf masih menempuh pendidikan S-2; (4) Fasilitas belajar mengajar relatif tidak ada perubahan atau penambahan media pembelajaran; dan (5) kerja sama dengan institusi luar masih terbatas. Pada tahun 2010 ini, Program Studi PBSI memiliki 380 mahasiswa dengan staf pengajar berjumlah 17 orang ditambah satu orang dosen luar bias B. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut . A. Mengetahui tentang kurikulum PBSI? B. Bagaimana menganalisis kurikulum berdasarkan tabel mata kuliah yang ditawarkan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan analisis SWOT, C. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan di dalam makalah ini diantaranya adalah agar mahasiswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan SWOT dan dapat mengetahui kelemahan maupun kekuatan dalam kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. BAB II PEMBAHASAN A. Kurikulum PBSI Kurikulum yang digunakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengikuti struktur program Kuliah Nasional tahun 1992. System pembelajaran pada Program Studi Pendidikan bahsa dan Sastra Indonesia (PBSI) di atur dengan kurikulum. Struktur Program Kurikulum tersebut terdiri atas Program Kewenangan Utama terdiri atas (1) Matakuliah Umum (12 SKS), (2) Matakuliah Dasar Kependidikan (12 SKS), (3) Matakuliah Keahlian I, termasuk di dalamnya matakuliah pilihan dan skripsi (107 SKS), dan (4) Matakuliah Keahlian II (17 SKS). Seorang mahasiswa dikatakan lulus dari program sarjana jika sudah menempuh 149 SKS. Program Kewenangan Tambahan terdiri atas satu program pilihan yaitu Paket Khusus Pendidikan Drama/Teater. Di samping kurikulum inti yang merupkan kurikulum nasional, juga dimasukkan muatan local yang meliputi mata kuliah Bahasa dayak Ngaju dan Sastra Nusantara yang penekanannya pada sastra-sastra daerah yang terdapat di Kalimantan tengah. Kurikulum ini digunakan mulai tahun 2000 sampai sekarang. Melihat kenyataan bahwa banyak lulusan Program Studi PBSI tidak hanya bekerja sebagai guru bahasa Indonesia, melainkan banyak juga yang bekerja sebagai wartawan, penelitian, dan seniman, maka diperlukan penyempurnaan kurikulum agar dapat memberikan bekal kepada mahasiswa mewujudkan mereka. Oleh karena itu diperlukan analisis SWOT. SWOT adalah singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan threat atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. a. Kekuatan merupakan hal yang positif yang sifatnya dari dalam/internal. b. Kelemahan merupakan hal yang negatif yang sifatnya dari dalam/internal. c. Kesempatan/peluang merupakan hal positif yang sifatnya dari luar/eksternal. d. Ancaman merupakan hal negatif yang sifatnyya dari luar/eksternal. B. Tabel Kurikulum Mata Kuliah Berikut ini adalah proporsi kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. a. KELOMPOK MATA KULIAH UMUM No. Kode MK NAMA MATA KULIAH SKS JS 1 KIKU 1001 Pendidikan Agama 2 2 2 KIKU 1002 Pendidikan Pancasila 2 2 3 KIKU 1003 Pendidikan Kewiraan 2 2 4 KIKP 1001 Ilmu Sosial Dasar 2 2 5 KIKP 1002 Ilmu Alamiah Dasar 2 2 6 KIKP 1003 Bahasa Inggris 2 2 JUMLAH 12 b. KELOMPOK MATA KULIAH DASAR KEAHLIAN (MKDK) No. Kode MK NAMA MATA KULIAH SKS JS 1 KIKK 1001 Pengantar Pendidikan 3 3 2 KIKK 1002 Perkembangan Peserta Didik 2 2 3 KIKK 1003 Belajar dan Pembelajaran 4 4 4 KIKK 1004 Profesi Kependidikan 4 4 JUMLAH 13 c. KELOMPOK MATA KULIAH KEAHLIAN I (MKK I) No. Kode MK NAMA MATA KULIAH SKS JS 1 KIAB 1001 Linguistik Umum 3 3 2 KIAB 1002 Fonologi Bahasa Indonesia 3 3 3 KIAB 1003 Morfologi Bahasa Indonesia 3 4 4 KIAB 1004 Sintaksis Bahasa Indonesia 3 4 5 KIAB 1005 Sematik Bahasa Indonesia 3 4 6 KIAB 1006 Analisis Wacana Bahasa Indonesia 3 4 7 KIAB 1007 Sosiolinguistik 2 2 8 KIAB 1008 Psikolinguistik 2 2 9 KIAB 1009 Pragmatik 2 2 10 KIAB 1010 Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia 3 3 11 KIAB 1011 Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia 2 2 12 KIAB 1012 Sejarah Sastra 2 2 13 KIAB 1013 Teori Sastra 3 4 14 KIAB 1014 Kajian Puisi 3 4 15 KIAB 1015 Kajian Prosa 3 4 16 KIAB 1016 Kajian Drama 3 4 17 KIAB 1017 Bahasa Arab* 2 2 18 KIAB 1018 Bahasa Dayak Ngaju* 2 2 19 KIAB 1019 Retorika 2 2 20 KIAB 1020 Menyimak 2 2 21 KIAB 1021 Membaca 2 2 22 KIAB 1022 Membaca Lanjut 3 4 23 KIAB 1023 Berbicara 3 3 24 KIAB 1024 Berbicara Lanjut 3 4 25 KIAB 1025 Menulis 3 4 26 KIAB 1026 Penulisan Karya Ilmiah 3 3 27 KIAB 1027 Penulisan Kreatif Sastra 3 3 28 KIAB 1028 Teori Drama/Teater 2 2 29 KIAB 1029 Telaah Naskah Drama 2 2 30 KIAB 1030 Latihan Pemeranan 4 4 31 KIAB 1031 Pementasan Drama/Teater 3 6 32 KIAB 1032 Apresiasi Drama Teater 3 4 33 KIAB 1033 Metodologi Peneliatian I 2 2 34 KIAB 1034 Metodologi Penelitian II 3 4 35 KIAB 1035 Seminar 3 4 36 KIAB 1036 Pengembangan Buku Ajar 2 3 37 KIAB 1037 Linguistik Historis Komparatif 2 2 38 KIAB 1038 Sastra Nusantara 2 2 39 KIAB 1039 Tata Bahasa Pendidikan 2 2 40 KIAB 10409

KATA PENGANTAR         Puji Syukur kita Panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Atas Berkat dan Rahmat-Nyalah Saya dapat manyusun makalah mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia .     Makalah ini merupakan tugas individu yang wajib dibuat oleh setiap mahasiswa, yang diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah .     Semoga dengan di susunya makalah saya ini, dapat memberi pengetahuan atau wawasan kita. Tentang menganalisis mata kuliah yang ditawarakan dalam pendidikan bahasa dan sastra indonesia .     Saya meyadari makalah yang di susun ini, jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat saya harapkan agar dapat menjadi lebih baik nantinya. Palangkaraya,........ A pril 201 1 P enyusun Eka Rahmady Hardianto DAFTAR ISI             Halaman KATA PENGANTAR .......................................................................................... 1 DAFTAR ISI ...........