Refleksi Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran
Perkenalkan
Saya Eka Rahmady
Hardianto, S.Pd.
Kelas 47. Dari
Kab. Seruyan_Prov. Kalimantan Tengah
Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran
Dalam perjalanan saya sebagai seorang pendidik,
pemanfaatan teknologi telah menjadi bagian yang sangat penting dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran. Beberapa platform teknologi yang telah saya
gunakan antara lain Canva for Education, Google Sites, Wordwall, Kahoot, dan
Google Classroom. Berikut refleksi saya terkait pengalaman dalam
mengaplikasikan teknologi-teknologi ini:
1. Canva for
Education
Canva for Education memberikan kesempatan bagi
saya untuk menciptakan konten pembelajaran yang lebih menarik dan visual.
Desain materi pembelajaran menjadi lebih interaktif, dengan infografis,
presentasi, dan poster yang menarik perhatian siswa. Penggunaan Canva tidak
hanya membantu saya dalam menyampaikan materi dengan lebih jelas, tetapi juga
memberikan ruang bagi siswa untuk berkreasi dan mengembangkan keterampilan
desain grafis mereka. Ini menjadi penting dalam era di mana literasi visual
semakin dibutuhkan.
Pengembangan ke depan: Saya ingin mengeksplorasi fitur kolaborasi di Canva yang memungkinkan
siswa bekerja sama dalam proyek desain, sehingga mereka bisa belajar bekerja
dalam tim secara online.
2. Google
Sites
Google Sites saya manfaatkan untuk membuat
website kelas yang berfungsi sebagai pusat informasi bagi siswa dan orang tua.
Dalam website ini, saya menyajikan materi pembelajaran, tugas, jadwal, serta
pengumuman yang mudah diakses kapan saja oleh siswa. Penggunaan Google Sites
meningkatkan transparansi dan komunikasi, memudahkan koordinasi, dan memberikan
pengalaman pembelajaran yang lebih terstruktur.
Pengembangan ke depan: Saya berencana untuk lebih memperkaya konten dalam Google Sites dengan
integrasi video pembelajaran, kuis interaktif, serta forum diskusi, sehingga
lebih banyak elemen pembelajaran digital yang dapat diakses siswa secara
mandiri.
3. Wordwall
Wordwall menjadi alat yang sangat efektif untuk
membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan melalui permainan edukatif.
Dengan Wordwall, saya dapat membuat kuis, teka-teki, dan game interaktif yang
memudahkan siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Pengalaman saya
menunjukkan bahwa Wordwall efektif meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa,
terutama dalam sesi review materi sebelum ujian.
Pengembangan ke depan: Saya ingin lebih sering menggabungkan Wordwall dalam pembelajaran
kolaboratif, di mana siswa dapat membuat permainan sendiri berdasarkan materi
yang sudah dipelajari, sehingga mereka tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga
kreator.
4. Kahoot
Kahoot menjadi salah satu platform favorit siswa
untuk kuis interaktif. Fitur kompetisi yang ada di Kahoot menciptakan suasana
pembelajaran yang seru dan dinamis, di mana siswa berlomba untuk mendapatkan
skor tertinggi. Ini sangat membantu dalam mengukur pemahaman siswa secara
cepat, serta memperkuat materi dengan cara yang menyenangkan.
Pengembangan ke depan: Saya ingin lebih sering menggunakan Kahoot sebagai alat evaluasi formatif
dan memberikan umpan balik real-time kepada siswa. Selain itu, saya ingin
mengajak siswa membuat pertanyaan Kahoot untuk teman-teman mereka, sehingga
mereka terlibat lebih dalam dalam proses pembelajaran.
5. Google
Classroom
Google Classroom telah menjadi platform utama
saya dalam mengelola tugas, memberikan materi, dan berkomunikasi dengan siswa.
Keunggulannya dalam menyederhanakan alur pengumpulan tugas, pemberian nilai,
dan feedback memudahkan saya mengelola kelas secara efisien. Google Classroom
juga memungkinkan saya untuk memberikan materi dalam berbagai format, seperti
video, dokumen, atau link, yang memperkaya pengalaman belajar siswa.
Pengembangan ke depan: Saya berencana untuk lebih memaksimalkan fitur rubrik penilaian di Google
Classroom, sehingga siswa bisa memahami kriteria penilaian tugas secara lebih
jelas. Saya juga ingin meningkatkan kolaborasi antar siswa dengan fitur Google
Drive yang terintegrasi untuk proyek kelompok.
Kesimpulan
Penggunaan berbagai teknologi ini telah memberi
dampak positif dalam pembelajaran, baik dari segi peningkatan engagement siswa
maupun efisiensi dalam manajemen kelas. Ke depan, saya akan terus
mengeksplorasi potensi teknologi pendidikan untuk menciptakan pengalaman
belajar yang lebih interaktif, inklusif, dan efektif. Melalui pemanfaatan
teknologi ini, saya berharap dapat mengembangkan keterampilan siswa secara
holistik, mempersiapkan mereka untuk dunia yang semakin digital.
Postingan terakhir yang saya buat link sebagai berikut
1.
https://wordwall.net/resource/78332238
3.
https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/eka-rahmady-hardianto-s-pd/beranda
4.
https://classroom.google.com/c/NTY4MzQ2OTkxMDA1?cjc=ppamzl6
# BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2024
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
Komentar
Posting Komentar
Aku Suka Blog Anda