31 Januari 2024

Cerpen Langkah Perjuangan Anak Desa

 Judul: Langkah Perjuangan Anak Desa

Karya: Anonim


Gambar Ilutrasi

    Di sebuah desa yang terpencil, tinggallah seorang anak bernama Rian. Meskipun hidupnya sederhana, Rian bermimpi menjadi seorang ilmuwan. Cita-citanya itu seringkali diabaikan oleh sebagian orang di desa, termasuk kedua orang tuanya yang bekerja sebagai petani.

Suatu pagi, Rian memberanikan diri untuk bercerita kepada orang tuanya tentang mimpinya. 

Dia berkata, "Ayah, Ibu, aku ingin menjadi ilmuwan suatu hari nanti. Aku ingin menemukan hal-hal baru yang bermanfaat bagi banyak orang."

Ayah Rian, Pak Budi, tersenyum dan berkata, "Nak, kita adalah keluarga sederhana. Pendidikan tinggi itu mahal, dan kami tidak bisa memberikan apa yang kau inginkan."

Namun, Rian tidak menyerah begitu saja. Setiap hari, setelah bekerja di ladang, Rian menyisihkan waktunya untuk membaca buku-buku di perpustakaan desa. Ia juga mencari tahu tentang beasiswa dan peluang pendidikan yang dapat membantunya mencapai mimpinya.

Suatu hari, Rian menemui ibunya, Ibu Siti, yang sedang menyiapkan makan malam. "Ibu, aku tahu ini sulit. Tapi aku akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpiku. Aku akan mencari cara agar tidak memberatkan keluarga kita."

Ibu Siti tersentuh mendengar kata-kata anaknya. Meskipun masih ragu, ia memberikan dukungan, "Nak, jika itu impianmu, kami akan selalu mendukungmu sebisanya. Tapi ingat, perjuangan tidak akan pernah mudah."

Rian kemudian memutuskan untuk mencari pekerjaan paruh waktu setelah sekolah. Ia bekerja sebagai asisten di sebuah warung dan menggunakan penghasilannya untuk membayar les tambahan. Meskipun capek, ia tetap gigih belajar setiap malam.

Satu malam, ketika keluarganya berkumpul di meja makan, Rian berkata, "Terima kasih, Ayah, Ibu. Aku tahu ini sulit, tapi aku janji akan membuat kalian bangga suatu hari nanti."

Pak Budi dan Ibu Siti tersenyum. "Kami bangga padamu, Nak. Teruslah berjuang untuk impianmu. Kami akan selalu ada untukmu," ujar Ayah Rian.

Perjuangan Rian berlanjut hingga ia berhasil mendapatkan beasiswa ke sebuah perguruan tinggi bergengsi. Setiap kesulitan yang dia hadapi terbayar dengan kebahagiaan orang tuanya yang melihat anaknya mewujudkan mimpinya.

Cerita perjuangan Rian menjadi inspirasi bagi banyak orang di desa, bahwa dengan tekad dan kerja keras, bahkan anak dari keluarga sederhana pun bisa menggapai cita-citanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Suka Blog Anda

Postingan Unggulan

Memahami Makna Halal Bihalal (Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri)

Memahami Makna Halal Bihalal:  "Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri" Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl...