PENILAIAN AKHIR SEMESTER PERTAMA 2020/2021 Tema : 4. Berbagai Pekerjaan Kelas/Semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
SEKOLAH DASAR EKA TJIPTA
TERAWAN
PENILAIAN AKHIR SEMESTER PERTAMA
2020/2021
Jalan Jendral Sudirman Km. 98. Pondok II Terawan Estate. Kec.
Danau Seluluk. Kab. Seruyan. Kalimantan Tengah
LEMBAR SOAL
Tema :
4. Berbagai Pekerjaan
Kelas/Semester : IV
(Empat) / 1 (Satu)
Hari/Tanggal :
Kamis, 26 November 2020
Waktu :
07-30 s.d. 09.00 WIB
Nama
Siswa : ………………………………………
Muatan Pelajaran |
Kompetensi
Dasar |
Soal |
Nilai |
PPKN |
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila |
I. Berilah
tanda silang (x) pada jawaban a, b, c yang tepat ! 1.
Bunyi
Pancasila kedua adalah . . . a.
Ketuhanan
Yang Maha Esa b.
Kemanusiaan
Yang Adil dan Beradab c.
Persatuan
Indonesia d.
Keadilan
social bagi seluruh rakyat Indonesia 2.
Simbol
sila empat Pancasila adalah . . . a.
kepala
banteng c. padi
dan kapas b.
rantai d.
bintang 3.
Kamu
berbeda suku dengan temanmu. Sikap yang sebaiknya kamu lakukan adalah tidak… a. menghormati c.
bertegur sapa b. tolong menolong d.
membeda-bedakan 4.
Mata
rantai berbentuk bulatan pada lambang kedua Pancasila melambangkan… a. laki-laki c.
perempuan b. kerjasama yang erat d.
hubungan antar manusia 5.
Salah
satu hak kita di rumah adalah... a.
Mendapatkan
kasih sayang orang tua
b.
Memperoleh
jaminan hukum c.
Mendapatkan
ilmu d.
Mendapatkan
pekerjaan yang layak II.
Isilah
titik titik dengan jawaban yang tepat ! 6.
Dasar
Negara Indonesia adalah . . . . 7.
Kamu
berbeda suku dengan temanmu. Sikap yang sebaiknya kamu lakukan adalah tidak… 8.
Pekerjaan
yang dilakukan secara gotong royong
akan terasa .. . III.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 9. Tulislah
bunyi sila kelima pancasila? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………… 10. Sebutkan
simbol-simbol pancasila! ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………… |
|
Bahasa Indonesia |
3.5 Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. |
I. Berilah tanda silang (x) pada jawaban a, b, c yang
tepat ! 11.
Perhatikan
cerita berikut! Hari
ini ada murid baru kelas IV. Namanya Andika. Ia murid pindahan dari kota. Bu
Sekar menyuruh Andika duduk di bangku paling belakang. Ternyata, Andika murid
yang nakal dan usil. Setiap hari ada saja ulahnya untuk mengganggu teman.
Karena ulahnya itu, Andika ditakuti teman-temannya. Andika juga murid yang
malas. Selama satu bulan bersekolah,, sudah tiga kali ia pulang mendahului
jam pulang sekolah. Tema
cerita di atas adalah .... a. Bu
Marni guru yang sabar c. Bu Marni
guru yang disiplin b.
Andika murid yang rajin d.
Andika murid yang nakal 12.
Perhatikan
penggalan cerita di bawah ini! Sekarang
ia selalu menyendiri. Anehnya, setiap ada orang yang berbicara, ia
beranggapan orang itu pasti sedang membicarakannya. Sifat
tokoh pada penggalan cerita di atas adalah .... a.
iri c.
marah b.
berburuk sangka d.
malu 13.
Bibi
tinggal di daerah . . . . a. pantai c. desa b. pesisir pantai d. pedalaman 14.
Pekerjaan bibi adalah … a. Peternak c. Pelukis b. Perajin d. Penenun 15.
Latar belakang yang tampak pada
cerita tersebut adalah… a. Waktu: malam hari c. Suasana:
gembira b. Budaya: adat di pesisir d. Tempat: di pesisir
pantai II. Isilah titik
titik dengan jawaban yang tepat ! 16.
Perhatikan
penggalan dialog berikut! "Tidak! Aku tidak mau pergi walau kau bujuk
aku dengan apa pun." Sifat
tokoh Aku pada penggalan dialog sebuah cerita di atas adalah .... 17.
Pada
umumnya dongeng mengandung . . .
kepada pendengar atau pembacannya 18.
Perhatikan
penggalan cerita berikut! Liburan
sekolah, Arjuna mengunjungi kakek di desa. Kampung tempat
tinggal kakek bersih dan indah. Arjuna ingin membuat rumahnya
bersih seperti rumah-rumah di kampung kakek. Arjuna juga ingin rumahnya
terlihat asri seperti rumah kakek. Latar
tempat pada penggalan cerita di atas adalah .... III. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 19.
Sebutkan
tiga sifat-sifat penokohan yang ada dalam sebuah cerita! ……………………………………………………………….. 20.
Jelaskan
pengertian dongeng yang kamu ketahui! …………………………………………………………………… …………………………………………………………………… |
|
IPA |
3.7. "Menjelaskan pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya" |
I.
Berilah tanda silang (x) pada jawaban a, b,
c yang tepat ! 21.
Tumbuhan
sangat penting peranannya bagi kelangsungan hidup . . . . a.
menusia c.
dunia b.
alam d.
semesta 22.
Menggunakan
air secara cukup merupakan upaya untuk . . . . a.
mengulangi bencana c.
menghemat sumber daya b.
pemborosan air d.
mengurangi sumber air 23.
Saat
ini petani tekah menggunakan traktor untuk mengolah sawahnya. Dampak negative
penggunaan alat tersebut adalah… a.
Tanah menjadi lembek b.
Keluar biaya lebih c.
Pekerjaan membajak jadi cepat selesai d.
Bahan bakar traktor dapat mencemari sawah 24.
Penggunaan
teknologi memberikan dampak bagi manusia da alam. Pemanfaatan teknologi yang
menimbulkan kerusakan sumber daya alam adalah…. a. Menggunakan mesin untuk membuat kertas b. Menggunakan bom ikan untuk mencari ikan c. Memasang penjaring khusus pada cerobong
asap d. Memanfaatkan mobil untuk mengangkut
hasil panen 25.
Keberadaan
hutan di muka bumi sangat penting bagi manusia keren sebagai penghasil zat .
. . . a.
oksigen c.
karbondioksida b.
nitrogen d.
hydrogen II. Isilah titik titik dengan jawaban
yang tepat ! 26.
Contoh
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam yaitu . . .. 27.
Hutan
termasuk SDA yang dapat diperbaharui. Namun demikian, keseltaria hutan harus
dijaga. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan adalah… 28.
Ketika
kita menggunakan sumber daya alam hendaknya
. . . . III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 29.
Sebutkan
3 kegiatan yang di lingkunganmu yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam! 30.
Jelaskan
hubungan penggunaan kertas yang boros dengan kerusakan lingkungan! (minimal 2
kalimat) _______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ |
|
IPS |
3.2
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya
dengan karakteristik ruang. |
I.
Berilah tanda silang (x) pada jawaban a, b,
c yang tepat ! 31.
Jenis pekerjaaan memelihara
ayam potong merupakan jenis pekerjaannya adalah .... 32.
Salah satu jenis
pekerjaan yang ada di lingkungan perkebunan sawit adalah . . . 33.
Profesi yang saling berkaitan
dalam usaha restoran dan jika salah satunya dihilangkan akan mempengaruhi
usaha yaitu… a. Pembuat kopi dan tukang sapu b. Petani sayuran dan juru masak c. Juru masak dan pelayan retoran d. Tukang parkir dan pelayan restoran 34.
Pedagang besar menjual ikan
kepada pedagang kecil. Dan pedagang kecil menjual ikan kepada konsumen.
Kegiatan ekonomi tersebut termasuk kegiatan… a.
Konsumsi c.
Distribusi b.
Produksi d.
Promosi 35.
Konsumsi adalah
kegiatan menghabiskan barang atau jasa. Salah satu contoh kegiatan konsumsi
adalah... .... a. Menjahit baju c. Membeli
kue b. Mengantar barang d. Membuat
gerabah II. Isilah titik titik dengan jawaban
yang tepat ! 36.
Kegiatan manusia
mengasilakan barang atau jasa disebut . . . . 37. Salah
satu bidang pekerjaan yang akan
menghasilkan jasa adalah …. 38.
Contoh
pekerjaan di daerah yang lingkungannya terdapat sumber daya kayu adalah …. III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
ini dengan uraian yang jelas dan benar! 39.
Sebutkan jenis
kegitan ekonomi yang adala di lingkungan sekitarmu! ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… 40.
Jelaskan yang dimaksud dengan
kegiatan produksi dan distribusi ! ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… |
|
SBdB |
3.1 Mengenali
karakteristik gambar dan bentuk tiga dimensi |
I.
Berilah tanda silang (x) pada jawaban a, b,
c yang tepat ! 41.
Contoh
media kering yang digunakan untuk menggambar tiga dimensi adalah . . . . a.
krayon c.
ecolin b.
cat air d.
cat minyak 42.
Contoh
bentuk tiga dimensi adalah . . . . a.
bangunan c.
kertas b.
lukisan d.
khayalan 43.
Gambar
yang seolah olah memiliki panjang, lebar dan tinggi sehingga terlihat nyata
dan hidup disebut gambar …. a.
dua dimensi c.
tiga dimensi b.
lukisan d.
arsiran 44.
Menggambar
dapat dilakukan dengan menggunakan dua media yaitu media basah dan media …. a.
kering c.
kertas b.
kanvas d. semi basah 45.
Pelukis
terkenal bisa membuat satu lukisan dalam waktu yang lama. Mereka akan
mengkombinasikan warna ke dalam media
lukisan melalui imainasi mereka. Bahan utama melukis adalah dengan … a. pensil
dan kanvas c.
cat dan kanvas b.
spidol dan kertas d.
spidol dan kanvas II. Isilah titik titik dengan jawaban
yang tepat ! 46.
Saat menggambar tiga
dimensi kita harus memperhatikan objek yang akan diagambar dengan . . . . 47. Dalam
membuat gambar tiga dimensi kita harus memperhatikan beberapa hal, salah
satunya adalah …. 48. Kerajian
patung termasuk seni rupa . . . . III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 49. Jelaskan
pengertian seni rupa tiga dimensi! …………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………….. 50. Sebutkan
tiga contoh seni rupa tiga dimensi! …………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………….. |
|
Komentar
Posting Komentar
Aku Suka Blog Anda