21 September 2020

Muhasabah Hati

#Muhasabah

Dalam sebuah syair dikatakan :

دع عنك ما قد فات فى زمن الصبا
واذكـر ذنوبك وابكها يا مذنــبُ

Tinggalkanlah apa yang telah berlalu di masa kanak-kanakmu , dan ingatlah dosa-dosamu kemudian menangislah wahai engkau yang bergelimang dosa..

لم ينسـه الملكـان حيـن نسيتـه
بــل أثبتاه وأنـــت لاهٍ تلعبُ

Allah tidak akan melupakan dosa itu ketika engkau melupakannya.. , justru menuliskannya ketika engkau sibuk bermain-main

والروح منك وديعة أودعتهــــا
ستــــردها بالرغم منك وتُسلبُ

Ruh yg ada pada dirimu adalah sebuah titipan yg dititipkan , Maka janganlah kamu pernah merasa dengki ketika kamu mengembalikan titipan itu (ruh) ataupun ketika dimusnahkan
Maknanya: Allah bisa mengambil ruh kita kapan saja sesuai kehendaknya Jangan sampai dosa membuat kita takut dengan kematian..

وغرور دنياك التـى تَسْعَــى لها
دارٌ حقيقتهـــــا متـاعٌ يذهبُ

Dan tipuan duniamu yang engkau bersusah payah untuknya , padahal ia adalah tempat yang pada hakikatnya hanyalah nikmat yang akan hilang..

الليل فاعلم والنهـــار كلاهمـا
أنفاسنا فيها تُعَــــدُّ وتُحسَــبُ

Ketahuilah bahwa malam dan siang keduanya, ketika itu setiap nafas kita sedang di hitung dan dihisab..

Allah berfirman :

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لا تُرْجَعُونَ فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ لا إِلَهَ إلا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيم ِ(المؤمنون :١١٥-١١٦)

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia. (al-mu'minun : 115-116)


Sumber: http://t.me/ilmu_tareem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Suka Blog Anda

Postingan Unggulan

Memahami Makna Halal Bihalal (Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri)

Memahami Makna Halal Bihalal:  "Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri" Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl...