Penilaian Harian Tema 1 Sub tema 2 Kelas IV Terbaru 2020

 

Nama Siswa               :  ………………………………………

Kelas/Semester                     :  IV  /  1

Hari/Tanggal              :  ……………………

Tema                          :  1. Indahnya Kebersamaan

Subtema                     :  2.Kebersamaan dalam Keberagaman

 

Muatan Pelajaran

Indikator

Soal

Nilai

PPKN

3.4    Mendeskripsikan  berbagai  bentuk  keberagaman  suku  bangsa,  sosial,  dan  budaya  di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

1. Cara menghargai keragaman agama yang ada adalah dengan cara . . .
a. pura-pura tidak tahu
b. mengikuti ibadah agama orang lain
c. mengotori tempat ibadah agama orang lain
d. tidak gaduh jika ada orang lain yang beribadah
2. Kemungkinan yang akan terjadi apabila kita tidak memiliki sikap toleransi beragama adalah . .
.
a.Terjadi perdamaian
b. Perselisihan antar agama
c. Kesejahteraan bangsa
d. Persahabatan antar agama
3. Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yang dapat memupuk kerjasama adalah…
a. peran dan tanggung jawab yang jelas
b. ingin berbagi ide dan pikiran
c. berburuk sangka kepada orang lain
d. keinginan untuk mencapai tujuan

4. Perhatikan gambar !

Manfaat apa yang didapat pada gambar dibawah ini?

                                              …………………………………..

 

                                              …………………………………..

 

                                               …………………………………..

 

 

5. Contoh sikap terhadap teman yang berbeda suku?

………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………...

 

Bahasa Indonesia

3.1   Mencermati  gagasan  pokok  dan  gagasan  pendukung  yang  diperoleh  dari  teks  lisan, tulis, atau visual(gambar, film)

6.   Ide pokok yang di bahas dalam suatu bacan, dapat berupa kalimat pokok  atau kalimat utama disebut . . . .

7.  Uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok disebut  . . .  . . . .

Bacaan no 8-10

        Dinda anak kelas IV SD, ia sangat menyukai pelajaran IPA. Hari Senin kemarin ada pelajaran IPA yang menjelaskan tentang ciri-ciri makhluk hidup. Dinda mendengarkan dengan seksama pelajaran yang ia senangi.

        Pada saat itu Ibu guru memberikan tugas kelompok berisi dua anak. Sheila berkelompok dengan Dinda. Setiap kelompok bertugas menanam biji kacang. Biji ditanam di dalam kaleng. Kaleng diisi dengan tanah basah. Biji kacang akan tumbuh menjadi tanaman. Setiap hari anak mengukur tinggi tanaman. Ibu guru berpesan agar anak-anak bekerja sama. Dengan bekerja sama tugas menjadi ringan.

8. Apa pesan Ibu guru dalam cerita di atas . …………………………

……………………………………………………………………..

9. Gagasan pokok paragraf pertama adalah...

………………………………………………………………………

10.          Gagasan pendukung paragraf pertama adalah  . . . . .

 

 

 

 

IPA

3.5   Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran

11.    Alat indera kita terdiri dari . . . . .
a. Hati, mata hidung, telinga dan kulit
b. Jantung, hati , mata, hidung dan telinga
c. Mata, hiudng, telinga, kulit dan lidah
d. Hidung, telinga, kulit, lidah dan rambut

12.    Fungsi daun telinga adalah . . . .

       a. Menangkap bunyi                         b. Menyerap bunyi

       c. Memantulkan cahaya                   d. Menyerap cahaya

 

13.    Berikut cara merawat telinga yang benar adalah . . .
a. Mendengarkan suara keras
b. Memasukkan kacang hijau ke dalam telinga
c. Menggorek daun telinga dengan kapas.
d. Menggorek daun telinga

14.  Sebutkan benda-benda yang menghasilkan bunyi yang ada dilingkunganmu

………………………………………………………………..\

…………………………………………………………………

15

 

IPS

3.2         Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia

16.   Meskipun memiliki keragaman  agama,masyarakati Indonesia tetap hidup rukun dan . . . .

17.   Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan budaya yang harus kita . . .

18.   Sebutkan agama-agama yang ada di Indonesia .

……………………………………...............................................

19.   Sebutkan cara menjaga kerukunan dalam keragaman agama?

…………………………………………………………………...

……………………………………………………………………

…………………………………………………...........................

 

SBdB

3.3   Mengetahui gerak tari kreasi daerah

20.  Sebutkan dua unsur gerak dalam menari yang kamu ketahui . . . . . . . ..dan . . . .

21.  Gambar di bawah ini merupakan jenis formasi . . . . . . . .

22.  Tari Bungong Jeumpa berasal dari . . . . .

23.  Ruang gerak luas digunakan untuk melakukan tari  . . . .

24.  Contoh tari yang dilakukan secara berlahan adalah tari

………………………………………………………

 

 

 Bisa UnduhLink di bawah Ini

https://docs.google.com/document/d/1HICpdvpe94nd2tawiqSS1LJeRemP_iP6NFkIWStyRHQ/preview

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar

"Pemilihan Umum: Pilar Demokrasi dalam Membentuk Masa Depan Bangsa"

Sinopsis naskah Zetan