29 Oktober 2024

Refleksi Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi dengan Materi Pemanfaatan Platform Website untuk Pembelajaran di SD Negeri 2 Bangkal



Assalamualaikum. Salam dan bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat!

Berikut kami sampaikan aksi berbagi dan berkolaborasi dalam kegiatan yang saya lakukan di SD Negeri 2 Bangkal yang dilaksanakan pada Hari/Tanggal: Jumat, 25 Oktober 2024. 

Rafleksi kegiatan terbagi dalam penjelasan sebagai berikut!

1. Pengalaman Berbagi Pengetahuan  

Kegiatan berbagi dan kolaborasi ini bertujuan memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman para guru SD Negeri 2 Bangkal terkait pemanfaatan platform website sebagai media pembelajaran. Fokusnya adalah memberikan keterampilan praktis kepada para guru dalam membuat dan mengelola konten pembelajaran berbasis teknologi.

Pemateri menjelaskan langkah-langkah berikut:  

- Cara membuat materi ajar interaktif di platform website canva for education

- Penyampaikan dampak positif dan negatif adanya teknologi.  

- Membuat media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan aplikasi canva

Respon peserta sangat positif. Dalam sesi diskusi, para guru banyak bertanya dan saling berbagi pengalaman tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sekaligus menyampaikan tantangan yang dihadapai bapak/ibu guru tentang pemanfaatan teknologi untuk proses pembelajaran

2. Kolaborasi Antar Guru  

Selama kegiatan, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dan merancang proyek pembelajaran berbasis website. Tujuan kolaborasi ini adalah menciptakan konten kreatif dan relevan yang bisa diimplementasikan sesuai kebutuhan masing-masing kelas.

Beberapa ide inovatif dari hasil kolaborasi:  

- Membuat kesepakatan pelatihan mandiri di komunitas belajar

- Membuat kesepakatan untuk membuat karya inovasi dengan memanfaatkan media platfom canva, quiziz dll

Kolaborasi ini membuka kesempatan bagi guru-guru untuk bertukar wawasan dan belajar dari satu sama lain mengenai teknik pengajaran digital yang efektif. 

-Kemampuan Guru dalam Teknologi: Sebagian guru merasa perlu berlatih lebih banyak untuk terbiasa menggunakan dan memanfaatkan platfom sumber belajar yang menarik bagi siswa.  Solusi: Menyelenggarakan pelatihan lanjutan dan memberikan pendampingan secara berkelanjutan.  

- Keterlibatan Orang Tua: Beberapa siswa memerlukan dukungan lebih dari orang tua dalam mengikuti pembelajaran beurbasis teknologi. 

  Solusi: Membangun komnikasi dan koordinasi dengan orang tua agar mereka turut berperan aktif dalam proses pembelajaran anak di sekolah.

4. Kesimpulan dan Harapan  

Kegiatan pada 25 Oktober 2024 ini memberikan wawasan baru kepada para guru di SD Negeri 2 Bangkal mengenai cara-cara inovatif dalam mengajar dengan bantuan teknologi berbasis website. Semangat kolaborasi yang terjalin menunjukkan komitmen para guru untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi demi peningkatan kualitas pendidikan.  

Ke depannya, diharapkan:  

- Guru-guru dapat lebih percaya diri dalam menggunakan website sebagai sarana pembelajaran.  

- Pembelajaran di SD Negeri 2 Bangkal menjadi lebih kreatif dan menarik bagi siswa.  

- Adanya kegiatan serupa secara berkala agar kompetensi para guru dalam bidang teknologi pendidikan terus berkembang.  

Semoga upaya ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk menghadapi tantangan era digital.






Refleksi Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi dengan Materi Pemanfaatan Platform Website untuk Pembelajaran di SD Eka Tjipta Terawan

Assalamualaikum. Salam dan bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat!

Berikut kami sampaikan aksi berbagi dan berkolaborasi dalam kegiatan;

Kegiatan berbagi dan berkolaborasi ini memberikan pengalaman yang sangat berarti bagi peserta dan pemateri dalam proses peningkatan kualitas pembelajaran di SD Eka Tjipta Terawan. Pelaksanaan kegiatan ini pada hari Selasa, 21 Oktober 2024. Fokus utama kegiatan adalah pemanfaatan platform website sebagai alat bantu dalam pembelajaran, yang bertujuan untuk memperkaya metode pengajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif.

1. Pengalaman Berbagi Pengetahuan

Pemateri berperan penting dalam menyampaikan pemahaman tentang cara menggunakan platform website secara optimal. Penjelasan mencakup:  

- Penggunaan fitur-fitur edukatif yang tersedia di website seperti Canva, Gemini, dll

- Pembuatan dan pengelolaan konten pembelajaran digital.  

- Integrasi website dengan pembelajaran di kelas agar siswa dapat mengakses materi kapan saja dan di mana saja.  

2. Kolaborasi dalam Pembelajaran 

Kegiatan ini memfasilitasi kolaborasi antara para guru dengan harapan dapat mengembangkan media pembelajaran yang di desain menari agar lebih inovatif. Peserta dibagi ke dalam kelompok untuk berdiskusi dan merancang materi pemanfaatan platfom canva for education yang relevan dengan mata pelajaran mereka.  

3. Tantangan dan Solusi  

Beberapa tantangan yang teridentifikasi selama kegiatan ini antara lain:  

- Akses teknologi yang terbatas: Tidak semua guru langsung memahami apa yang disampaikan

- Kemampuan adaptasi guru: Perlu waktu dan latihan bagi guru untuk terbiasa dengan platform digital.  

Untuk mengatasi tantangan tersebut, beberapa solusi yang dirumuskan adalah; dengan selalu melakukan pelatihan mandiri yang dapat dilakukan bapak/ibu guru, bisa dari sumber belajar seperti youtube dll.

4. Kesimpulan dan Harapan

Kegiatan berbagi dan berkolaborasi ini berhasil membuka wawasan baru bagi guru-guru SD Eka Tjipta Terawan dalam memanfaatkan teknologi berbasis website. Meski masih ada tantangan, semangat kolaborasi dan inovasi dari para guru sangat terasa. Dengan platform digital, diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa di era saat ini.  

Semoga kegiatan serupa dapat terus diadakan secara berkala, sehingga kualitas pendidikan di SD Eka Tjipta Terawan dapat semakin berkembang dan selaras dengan perkembangan teknologi.


Dokumentasi Kegiatan










28 Oktober 2024

Refleksi Webinar BAKALTENG "Inovasi Pembelajaran digital sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka"

 




Assalamualaikum. Salam dan bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat!

Berikut kami sampaikan aksi berbagi dan berkolaborasi dalam kegiatan;

Webinar BAKALTENG "Inovasi Pembelajaran digital sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka" menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result):

1.Situation (Situasi)

Webinar ini diadakan sebagai pemenuhan tugas pembatik level 4 dalam  kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan bekerjasama dengan sahabat pembatik dari Kalimantan Tengah dan Bali , Duta Teknologi tahun 2017, 2022. Alkhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Namun, ada dari tim Dutek 2027 Bapak Ahmad Mujahid, M.Pd. berhalangan hadir karena sinyal yang tidak memungkinkan. 

2. Task (Tugas/Tantangan)

Tugas utama dalam webinar ini adalah:

   - Dalam webinar ini saya sebagai narasumber untuk berbagi praktik baik yang sudah saya lakukan untuk membuat media pembelajaran dan pemanfaatan platfom pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. Semoga paparan materi yang sudah saya sampaikan dapat menambah pengertahuan dan wawasan para audien yang emngikuti webinar.

3. Action (Aksi)

Dalam webinar, peserta:

   - Setiap pemateri mempresentasikan hasil inovasi yang telah dibuat untuk menyelesaikan level 2, seperti cara memanfaatkan aplikasi pembelajaran interaktif atau pendekatan proyek kolaboratif yang bisa diintegrasikan dalam kelas.

   - Melakukan sesi tanya jawab di akhir presentasi untuk mendapatkan masukan dari peserta lain.

4. Result (Hasil/Refleksi)

   - Peserta memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

   - Setiap peserta membawa pulang ide-ide baru yang dapat diterapkan secara langsung di kelas mereka masing-masing.

   - Terbentuknya jaringan kolaborasi di antara para guru yang berkomitmen untuk berbagi dan terus belajar bersama terkait praktik terbaik pembelajaran digital.

   - Sesi refleksi akhir memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi perubahan apa yang ingin mereka lakukan di kelas dan bagaimana mereka akan menerapkan ide-ide yang didapat dari webinar ini.

 

Webinar ini berhasil menjadi ajang kolaboratif bagi para pendidik dalam berinovasi dan mengoptimalkan pembelajaran digital yang mendukung Kurikulum Merdeka.

Daftar Hadir _Sertifikat


Dokumentasi Vidio : https://drive.google.com/file/d/1Ln1QQfxmLi_16QYxcRqChmStBBvUP3Rg/view?usp=sharing

Dokumentasi Kegiatan Foto















Refleksi Webinar Kolaborasi Komunitas GP A-7 Kab. Seruyan dengan Sahabat Teknologi Kalimantan Tengah

 

Assalamualaikum. Salam dan bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat!

Berikut kami sampaikan aksi berbagi dan berkolaborasi dalam kegiatan;

Sahabat Teknologi Kabupaten Seruyan Tahun 2024 bekerjasama "KOMUNITAS GPS LAMPANG BATARUNG A_7_ KAB. SERUYAN" mengadakan Webinar “PRAKTIK BAIK INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERDEKA
Mari Wujudkan Pembelajaran Inovatif Melalui Kurikulum Merdeka Dan Media Pembelajaran Interaktif

Berikut Refleksi kegiatan webinar

 “Praktik Baik Inovasi Pembelajaran Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka” menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result):

 

1.Situation (Situasi)

Webinar ini diadakan sebagai pemenuhan tugas pembatik level 4 dalam  kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan bekerjasama dengan komunitas Guru Penggerak Lampang Batarung angkatan 7 Kabupaten Seruyan. Kegiatan webinar yng melibatkan unsur dari Dinas Pendidikan Bapak , Duta Teknologi tahun 2017 serta sahabat teknologi kalimantan tengah ini berjalan dengan lancar dan sukses.

2. Task (Tugas/Tantangan)

Tugas utama dalam webinar ini adalah:

   - Dalam webinar ini saya sebagai narasumber untuk berbagi praktik baik yang sudah saya lakukan untuk membuat media pembelajaran dan pemanfaatan platfom pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. Semoga paparan materi yang sudah saya sampaikan dapat menambah pengertahuan dan wawasan para audien yang emngikuti webinar.

3. Action (Aksi)

Dalam webinar, peserta:

   - Setiap pemateri mempresentasikan hasil inovasi yang telah dibuat untuk menyelesaikan level 2, seperti cara memanfaatkan aplikasi pembelajaran interaktif atau pendekatan proyek kolaboratif yang bisa diintegrasikan dalam kelas.

   - Melakukan sesi tanya jawab di akhir presentasi untuk mendapatkan masukan dari peserta lain.

4. **Result (Hasil/Refleksi)**

Hasil dari webinar ini adalah:

   - Peserta memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

   - Setiap peserta membawa pulang ide-ide baru yang dapat diterapkan secara langsung di kelas mereka masing-masing.

   - Terbentuknya jaringan kolaborasi di antara para guru yang berkomitmen untuk berbagi dan terus belajar bersama terkait praktik terbaik pembelajaran digital.

   - Sesi refleksi akhir memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi perubahan apa yang ingin mereka lakukan di kelas dan bagaimana mereka akan menerapkan ide-ide yang didapat dari webinar ini.

 

Webinar ini berhasil menjadi ajang kolaboratif bagi para pendidik dalam berinovasi dan mengoptimalkan pembelajaran digital yang mendukung Kurikulum Merdeka.

Link Susunan Acara Webinar

Klik di Sini

Daftar Hadir

Klik di sini

Dokumentasi Kegiatan

Klik Vidio Berbagi dan Berkolaborasi

Lengkap :https://drive.google.com/drive/folders/11dfL5fKNdKKBm78zJY0-IT02D-ZY4nX4?usp=sharing

Link Youtube : 

Dokumentasi Foto







22 Oktober 2024

Vidio Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi Model Project-based Learning (PjBL) #TugasPembatikLevel2.

 Assalamualaikum. Salam dan bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat!

Berikut kami sampaikan aksi berbagi dan berkolaborasi dalam kegiatan;

Hallo Sahabat Teknologi! Salam Sehat Semangat dan bahagia selalu.

Berikut ini adalah dokumentasi vidio Praktik pembelajaran yang telah saya lakukan dalam pemenuhan tugas pembatik di level 2. Walaupun masih banyak kekurangan dan keterbatasan, tetapi alkhamdulillah dapat memenuhi tugas yang diberikan. Refleksi yang sudah saya peroleh dari kegiatan yang saya lakukan adalah dengan memperkenalkan teknologi kepada siswa, tentunya guru juga harus terlebih dahulu menguasainya. Berani mencoba hal baru merupakan tantangan bagi saya, dengan melihat potensi aset yang dimiliki sekolah, alkhamdulillah dapat mempraktikkan pembelajaran dengan pendekatan teknologi dalam proses pembelajaran dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran. 


Terima kasih sudah berkunjung. Semoga menginspirasi.

#tugaspembatiklevel2
#pembatik2024
#sahabatpembatik

21 Oktober 2024

Media Pembelajaran Interaktif Materi Unsur Intrinsik dalam Cerita Bahasa Indonesia Fase C (5-6)

 Assalamualaikum bapak/ibu guru habat! salam sahabat pembatik.

Berikut kami sampaikan hasil praktik baik kami tentang MPI. Ini merupakan tugas yang kami buat untuk menyelesaikan tugas di Level 3. Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk pembelajaran bagi bapak ibu guru terutama anak didik kita. 

Salam Sehat, Semangat, dan Bahagia.

Mari Berkunjung di PMM ya Bapak/Ibu!

https://guru.kemdikbud.go.id/profil/4r6YBRyXDz


Link Google Drive: 

Klik Disini



Refleksi Kegiatan Webinar "Teko-Dini (Teknologi Digital dan Inovasi): Webinar Pemanfaatan Teknologi Digital dan Inovasi dalam Pembelajaran"


Refleksi Model 4F

(Facts, Feelings, Findings, Future)

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman refleksi terhadap kegiatan Webinar Tugas Pembatik Level 4 dengan Para sahabat Teknologi yang tergabung di grub 6 sesuai flyer dibawah ini! dengan menggunakan model 4 F(Facts, Feelings, Findings, and Future).

 


Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Ibu Hanna Kali Wakyumi, S.Pd.
Duta Teknologi Kalimantan Tengah Tahun 2019


 

1. FACT (PERISTIWA)

Pelaksanaan kegiatan webinar yang dimulai pada hari Senin, 21 Oktober 2024 mulai Pukul 14.39 WIB s.d 17.00 WIB ini alkhamdulillah berjalan dengan lancar, namun masih ada beberapa kendala terkait sinyal ya mungkin karena keberadan kami yang jauh-jauh. Terlebih saya sendiri saat pemaparan materi juga sinyal kurang lancar, terlebih lagi karena sinyal ditempat saya itu masih menggunakan penguat sinyal dari antena yang kami pasang dan ditangkap oleh repiter dan diterima dengan orbit. Semoga dikegiatan webinar berikutnya dapat mengikuti dengan baik.


2. FEELINGS (PERASAAN)

Perasaan yang utama adalah kekwatiran pada diri saya sendri, ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti kegiatan webinar dari kegiatan pembatik level 4 ini. Kedua, ini juga pengalaman pertama menjadi pemateri praktik baik secara daring pada kegiatan pembatik ini. Terlebih lagi apakah nanti penyampaian materi saya bisa jelas atau tidak. Nah, itu semua adalah kekwatiran yang paling saya alami. Namun, saya tetap bangga dan berterima kasih kepada seluruh sahabat satu grub yang selalu support satu dengan yang lainnya, tentunya kegiatan penyelenggaran webinar ini juga pertama bagi kita. Saya sangat senang bisa menyiapkan kegiatan webinar, karena kita bisa mempersiapkan ini dengan matang dengan membagi tugas seperti hasil diskusi yang kita lakukan 2 hari sebelum kegiatan.
Judul Webinar Teko-Dini (Teknologi Digital dan Inovasi): Webinar Pemanfaatan Teknologi Digital dan Inovasi dalam Pembelajaran.
Pembagian Tugas
1.Penanggung Jawab Membuat Absensi dan sertifikat : Ibu Tyas
2.Membuat Layer : Pak Susanto
3. Membuat Link untuk Webinar : minta dibuatkan penyelenggara
4. Host membuka acara : Ibu Geby
5. Moderator : Ibu Rizky
6.  Pemateri :
        1.Pembukaan : 10 Menit
        2.Teknis Penyampaian materi
                a.     Materi 1 : Ibu Geby  : Elemen MPI
                b.     Materi 2 : Pak Eka  : MPI - Hyperlink
                c.     Materi 3 : Ibu Tyas  : Game MPI
                d.     Materi 4 : Pak Jani  : SAC
                e.     Materi 5 : Ibu Rizky : Vidio Pembelajaran
                f.     Materi 6 : Pak Susanto : Vidio Pembelajaran
    CatatanDibuka sesi pertanyaan setelah penyampaian materi dengan dibatasi 5 pertanyaan.

3.      FINDINGS (PEMBELAJARAN)

        Alkhamdulillah banyak pembelajaran yang bisa saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan webinar yang kami selenggarakan di kelompok 6 Sahabat Kalteng ini, saya  bisa belajar bagaimana memenegemen kegiatan webinar sesungguhnya. Intinya butuh kerjasama tim, dari proses persiapan, diskusi dan latihan sebelum pelaksanaan itu menjadi kunci kesuksesan dalam menyelenggaran kegiatan webinar.

4.      FUTURE (PENERAPAN)

        Penerapannya dalam kegiatan adalah bagaimana kegiatan berbagi ini dapat bermanfaat bagi orang lain dan tentunya bagi diri sendiri. Kegiatan berbagi praktik baik ini, kita saling berbagi bersama tentang pengalaman belajar mendesain pembelajaran yang menarik bagi siswa tentunya.
Semangat dan berani mencoba adalah kunci yang bisa saya biasa lakukan, semoga nantinya pengalaman yang saya dapatkan hari ini dapat menambah pengetahuan saya untuk dapat coba dan saya aplikasikan kepada anak didik saya yang berada di Sokolah.


Terima kasih bapak/ibu guru hebat semuanya. 
Salam sehat, semangat, dan bahagia selalu.

Berikut Link Webinar 





Berikut Dokumentasi kegiatan Webinar 

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Ibu Hanna Kali Wakyumi, S.Pd.
Duta Teknologi Kalimantan Tengah Tahun 2019