Muatan Pelajaran |
Indikator |
Soal |
Nilai |
|||
PPKN |
3.4 Mendeskripsikan berbagai
bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan
budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan |
Berilah
tanda silang (x) pada jawaban a, b, c yang tepat ! 1) Manfaat gotong royong adalah . . . . a. pekerjaan lebih cepat selesai b. pekerjaan menjadi menumpuk c. pekerjaan semakin lama d. mengurangi rasa semangat 2) Berikut ini merupakan sikap menerima keberagaman di
sekolah adalah …. a. berdiam diri saat
ada kerja bakti b. hanya berteman
dengan yang sama asal daerahnya c. mengikuti upacara
bendera hari senin d. berteman tidak
memandang siapapun dan tidak saling mengejek 3) Keberagaman budaya yang ada di Indonesia harus dimaknai
sebagai …. a. kekuatan negara b. kekurangan bangsa c. keamanan bangsa d. kemunduran bangsa 4) Manfaat saling menghargai dan menghormati perbedaan budaya
yang ada di lingkungan kita adalah …. a. tercipta keamanan lingkungan b. terjadi kerukunan dan persatuan c. munculnya perbedaan antar masyarakat d. adanya kelompok tertentu yang lebih baik 5) Sebutkan 5 suku yang terkenal di Indonesia ! |
|
|||
Bahasa
Indonesia |
3.1 Mencermati gagasan
pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh
dari teks lisan, tulis, atau visual(gambar, film) |
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal
nomor 6,7 dan 8 (1) Indonesia merupakan bangsa yang besar,
bangsa yang kuat serta beradab, bangsa yang sangat menjunjung tinggi sikap
toleran serta bangsa yang bangga dengan budaya gotong royongnya yang diakui
dunia. (2) Sebagai Bangsa yang besar sudah semestinya kita menjaga persatuan
jangan sampai terpecah belah. (3) Setiap provokasi yang menginginkan
persatuan dalam keberagaman kita goyah, harus kita tangkal dan kita gagalkan.
(4) Jangan sampai kita terpecah yang pada akhirnya pihak-pihak yang mengincar
apa yang kita miliki akan mengambil keuntungan darinya. 6) Gagasan pokok dari paragraf diatas adalah …. a. Indonesia merupakan
bangsa yang besar, kuat dan beradab b. Keberagaman dalam
bangsa Indonesia c. Ancaman terhadap
persatuan dan kesatuan d. Cara menjaga
persatuan dan kesatuan 7) Kalimat utama
paragraf tersebut adalah …. a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) 8) Kalimat pengembang dari paragraf tersebut adalah …. a. (1), (2), (4) b. (1), (2), (4) c. (2), (3), (4) d. (3), (4), (1). 9)
Bacaalah dengan cermat teks berikut!
Suku Jawa adalah salah satu suku mayoritas yang ada di Indonesia.
Kebanyakan dari suku ini berdomisili di berbagai belahan di pulau Jawa.
Mereka menghuni khusunya di Provinsi Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Namun, suku
ini juga banyak ditemukan di Provinsi Jawa Barat, Banten dan tentunya di
Ibukota Jakarta. Ternyata tidak hanya di pulau Jawa saja, masyakarat
yang bersuku Jawa juga tersebar di berbagai pulau yang ada di Indonesia
bahkan juga mancanegara. Apa gagasan pokok paragraf pertama dari
teks diatas? 10) Sebutkan gagasan pokok dan 2
gagasan pendukung dari paragraf dibawah !
Rumah Adat Joglo merupakan rumah adat yang berasal dari suku jawa yang
kebanyakan bermukim di Jawa Tengah , dan Jawa Timur , dan Daerah Istimewa
Yogyakarta. Ketiga provinsi ini memiliki budaya yang hampir sama juga
bangunan rumah adat yang hampir mirip satu sama lainnya . Rumah joglo dari
Jawa tengah terkenal dengan gaya arsitekturnya yang unik dan sarat akan nilai
filosofis tentang pola tingkah laku manusia dalam bermasyarakat , bahkan
setiap sudut ruangan dan bentuk rumah ini memiliki makna tersendiri yang
membuatnya semakin unik dan istimewa . |
|
|||
IPA |
3.6 Menerapkan
sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran |
11) Bunyi merupakan gelombang yang bergerak, maka dalam
pergerakannya, gelombang bunyi memerlukan media penghantar. Berikut ini yang
bukan merupakan penghantar bunyi adalah …. a.
hampa udara c. benda
gas b.
benda padat d. benda
beku 12) Bunyi benturan benda di dalam air terdengar lebih …
daripada di permukaan air. a.
kuat c.
lemah b.
keras d.
meledak 13) Bunyi
berasal dari benda yang …. 14) Bunyi
tidak dapat merambat melalui …. 15) Perhatikan gambar berikut ! gambar sifat bunyi |
|
|||
IPS |
3.2 Mengidentifikasi
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia |
16)
Indonesia adalah negara yang terdiri dari …. bangsa. a.
Sedikit suku c.
satu suku b.
Jutaan suku d.
Banyak suku 17)
Keberagaman yang dimiliki negara kita bukanlah sebuah kelemahan,
namun bisa menjadi suatu …. a.
Kekayaan bangsa c.
Kekurangan bangsa b.
Dasar Negara d.
Alat berdebat 18)
Pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan agar bangsa ini
tetap …. 19)
Suku yang berasal dari Kalimantan tengah adalah . . . . 20)
Sebutkan 5 suku yang terkenal di Indonesia ! |
|
|||
SBdB |
3.3 Mengetahui
gerak tari kreasi daerah |
21)
Jelaskan yang kamu ketahui tentang alat musik daerah yang sesuai
dengan gambar dibawah ini ! 22) Gambar alat musik tradisional Tari Sajojo merupakan tarian daerah yang berasal dari ….. 23)
Rebana adalah alat music yang cara memainkannya dengan cara . .
.. 24)
Tari Margapati berasal dari daerah . . . 25)
Sebutkan 5 nama-nama alat musik daerah beserta daerah asalnya! |
|
Blog tentang pendidikan, berbagi praktik baik, artikel pemikiran, olahraga, dan tutorial
02 Agustus 2020
ULANGAN HARIAN TEMA 1, SUB TEMA 1 KELAS IV KURIKULUM 2013 TERBARU 2020
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Postingan Unggulan
Memahami Makna Halal Bihalal (Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri)
Memahami Makna Halal Bihalal: "Pesan Kebaikan dan Keharmonisan dalam Tradisi Idul Fitri" Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl...
Postingan Populer
- CONTOH MAKALAH MEMBACA
- CONTOH MAKALAH BAHASA DAYAK NGAJU
- METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN(uts smtr5)
- DATA ZAKAT 1434 H/2013 M “Musolla Darul Mustaqim”
- TUGAS KAJIAN PUISI = 1 (smtr 3) PBSI
- cerpen tahun baru
- makalah telaah kurikulum dan buku teks bahasa indonesia
- Pengertian Bahasa Sebagai Sistem Semiotik (s5)
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK Kelas X semester 2 :: Pertemuan 1
- TUGAS Mata Kuliah EVALUASI PEMBELAJARAN Materi : Tes Cloze
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Aku Suka Blog Anda