27 April 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK smtr 2, Kls X Permuan ke8



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                                   : SMK-YPSEI Palangkaraya
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/II
Pertemuan                               : Kedelapan
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

B. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana

C. Kompetensi Dasar
            Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.

D. Indikator
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1.


Mengidentifikasi pengertian karangan diskripsi dengan enam hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan diskripsi

Mandiri
bersahabat
Demokratis
Tanggung Jawab
Komunikatif
Jujur

Kepemimpinan
2.

Membuat  tiga  contoh bentuk kalimat karangan diskripsi


E. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengidentifikasi pengertian karangan diskripsi dengan enam hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan diskripsi
2.      Siswa mampu membuat tiga  contoh bentuk kalimat karangan diskripsi

F. Materi Pembelajaran
2. Karangan deskripsi atau penggambaran
            Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.
            Langkah-langkah dalam menyusun karangan deskripsi adalah:
                        (1)   menentukan topik atau tema karangan
                        (2)  menetapkan tujuan
                        (3)   mengadakan pengamatan di lokasi
                        (4)   mengumpulkan bahan
                        (5)   membuat kerangka karangan
                        (6)   mengembangkan kerangka (memulai proses penulisan)
Contoh :
            Pasar Tanah Abang adalah sebuah pasar yang sempurna. Semua barang
ada di sana. Di toko yang paling depan, berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai dasar, terdapat toko kain yang lengkap dan berderet-deret. Di samping kanan pasar, terdapat warung-warung kecil penjual sayur dan bahan dapur. Di samping kiri ada pula berjenis-jenis buah-buahan. Pada bagian belakang, kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang daging.
G. Metode Pembelajaran
            COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
H. Strategi pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
1.    Siswa dapat mengidentifikasi pengertian karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
2.    Siswa dapat membuat tiga contoh kalimat karangan deskripsi
1.     Membaca dan menyimak dalam mengidentifikasi pengertian karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
2.     Membuat tiga contoh bentuk kalimat karangan deskripsi
1.Siswa mampu mengidentifikasi pengertian karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
2.Siswa mampu membuat tiga contoh kalimat karangan deskripsi

I. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal
1.      Guru melakukan presensi dan apersepsi.
2.      Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
3.      Guru memotivasi siswa tentang mengidentifikasi pengertian karangan deskripsi dengan empat hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi dan membuat tiga paragraf  bentuk karangan deskripsi
15 menit
Bersahabat/ komunikatif,
mandiri
2.

Kegiatan Inti
I.  Ekplorasi
a.       Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen.
b.      Guru membagikan wacana atau kliping sesuai dengan topik pembelajaran
II. Elaborasi
a.       Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk pembelajaran
b.      Siswa saling bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis di lembar kertas
c.       Setiap perwakilan mempresentasikan atau membacakan hasil diskusinya.
d.      Guru menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok

III. Konfirmasi
a.       Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.      Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
60 menit
Tanggung jawab
Percaya diri
Jujur
Demokratis
3.
Kegiatan Akhir
1.      Guru memberikan evaluasi
2.      Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
3.      Guru menutup pembelajaran
15 menit
Bersahabat/ komunikatif


J. Sumber Alat dan Bahan Belajar

1.      Sumber Belajar            : Buku sekolah elektronik, Buku Panduan Pendidikan Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X Semester I dan II, Pratama Pustaka dan Modul Buku Pintar Bahasa Indonesia
2.      Alat dan Bahan           : Laptop, LCD, lembar Kerja
K. Penilaian
1. Jenis tes     : Tertulis
2. Bentuk tes  : Tugas Individu
Contoh instrumen:
1.      Jelaskan pengertian karangan deskripsi beserta langkah-langkahnya?
2.      Buatlah tiga paragraf dalam bentuk paragraf deskripsi?
Pedoman Penskoran
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 6 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 5 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 4 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 2 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa dapat menjelaskan pengertian beserta 1 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
Siswa tidak dapat menjelaskan pengertian beserta 4 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karangan deskripsi
40   60

50

40

30   30

20

10

0
1.
2.
3.
4.
Siswa dapat membuat 3 paragraf dalam bentuk karangan deskripsi
Siswa dapat membuat 2 paragraf dalam bentuk karangan deskripsi
Siswa dapat membuat 1 paragraf dalam bentuk karangan deskripsi
Siswa tidak dapat membuat 3 paragraf dalam bentuk karangan deskripsi
60
40
20
0
Jumlah
120

Kunci Jawaban :
Rentang skor   :1-120                         
Skor Maksimal            : 120   
Soal : 2
                        Skor Perolehan
Nilai Akhir =                                     x 100
                        Skor Maksimal (120)
                                                                                                Palangkaraya,  22 April 2013
                                                                                                            Praktikan,



                                                                                                Eka Rahmady Hardianto
                                                                                                AAB 109083


                        Dosen Pembimbing,                                        Guru Pamong,




                        Idalaila, M. Pd.                                               Novianti Leonara, S. Pd
                        NIP 19780914 200212 2 002                         NIP 19850805 201101 2 024


                                                  
Mengetahui:
Kepala Sekolah,




Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001





Postingan Unggulan

Skenario Lolos Timnas Indonesia WC 2026

Ini yang harus di lalui indonesia agar bisa lolos wc 2026 2 Tim teratas di Ronde 2 ini akan lolos Ronde 3. Kemudian untuk Ronde 3 nantinya d...